Rabu, 12 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Daya Ingat Menurun

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Daya Ingat Menurun

Tanpa Anda sadari beberapa kebiasaan dan gaya hidup buruk yang sering Anda lakukan menjadi penyebab daya ingat menurun.

Biasanya daya ingat mulai menurun dengan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia Anda. Namun, ada juga beberapa penyakit yang bisa menyebabkan daya ingat menurunkan daya ingat lebih awal dari seharusnya.

Seperti halnya processor dalam komputer, otak adalah organ tubuh yang berfungsi untuk mengendalikan seluruh aktivitas dala, tubuh Anda.

Selain itu otak juga memiliki peran penting dalam mengingat sesuatu sehingga Anda bisa mengetahui kapan suatu kegiatan atau peristiwa yang sudah kita lakukan apa belum.

Akan tetapi, jika usia Anda masih muda dan tidak mengidap penyakit yang mempengaruhi daya ingat, perlu diteliti mungkin ada sesuatu yang tidak wajar. Mungkin ada beberapa kebiasaan yang sering kali Anda lakukan dan berpengaruh pada daya ingat Anda.

Penyebab Daya Ingat Menurun

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan daya ingat Anda menurun.

Merokok

Merokok memang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain itu, terlalu banyak merokok memiliki kemampuan untuk menganggu fungsi normal dari sel-sel otak.

Hal ini dapat menjadi penyebab daya memori menurun dan aktivitas mental menjadi terganggu. Selain itu, merokok juga dapat menyebab penyakit lain muncul, seperti kanker, penyakit jantung, bahkan diabetes.

Waktu tidur yang tidak teratur

Tidur adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Karena dengan tidur, kita dapat beristirahat setelah seharian beraktivitas padat.

Maka dari itu mempunyai waktu tidur di malam hari yang berkualitas sangatlah penting. Tidur dalam waktu yang terlalu singkat dan terlalu lama juga dapat berdampak buruk pada daya ingat Anda.

Jika terlalu singkat dapat membuat Anda sulit menerima informasi, akan tetapi tidur terlalu lama juga sangat berbahaya.

Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang tidur lima jam atau kurang dan sembilan jam atau lebih memiliki nilai terendah ada tes otak, dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur.

Pola tidur dapat mempengaruhi otak karena otak melakukan banyak sekali pekerjaat saat Anda mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan.

Pada saat beberapa bagian dari otak beristirahat ketika tidur, bagian yang lebih dalam dan melibatkan respons memori serta emosional lebih atif.

Pola makan yang salah

Mengkonsumsi makanan yang terlalu banya mengandung gula dapat memicu peradangan pada otak. Hal itu dapat menyebabkan memori menjadi lemah dalam jangka pendek.

Untuk itu, disarankan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berpengaruh baik bagi kesehatan tubuh agar tidak mempengaruhi daya ingat Anda.

Alkohol

Penyebab daya ingat menurun di usia muda dapat disebabkan mengkonsumsi alkohol. Menurut penelitian, bahwa mengkonsumsi alkohol dapat dikaitkan dengan memuruknya kesehatan mental seseorang.

Selain menjadi penyebab kegelisahan dan depresi, minum-minuman beralkohol dapat menyebabkan masalah memori.

Obat-obatan terlarang

Kesehatan dan daya ingat akan semakin memburuk jika mengkonsumsi obat-obatan terlarang, termasuk narkoba. Jika ingin daya ingat tetap baik, hindarilah mengkonsumsi obat-obatan terlarang yang malah berdampak buruk bagi kesehatan.

Ngemil

Pola makan yang salah ternyata dapat membuat daya ingat Anda berkurang. Apalagi jika ngemil di malam hari. Ngemil di malam hari memang menjadi hal yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Akan tetapi, kebiasaan yang satu ini harus segera Anda hindari. Karena ketika ngemil di malam hari, maka semua proses akan berantakan dan mengacaukan hippocampus, yakni area otak yang berperan untuk menyimpan memori.

Malas berolahraga

Kebiasaan buruk penyebab daya ingat menurun selanjutnya adalah malas untuk berolahraga. Ternyata olahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan mempengaruhi volume hippocampus, bagian otak yang menyimpan memori.

Jika ingin daya ingat tetap terjaga dengan baik, rajinlah berolahraga dan menerapkan gaya hidup yang sehat itu sangat penting dilakukan.

Itu tadi teman-teman, beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab daya ingat menurun walaupun usia Anda masih muda. Segera ubah kebiasaan-kebiasaan tersebut agar bisa hidup dengan sehat. Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,178FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan