Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 8 Manfaat Kluwek Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Kluwek Bagi Kesehatan Tubuh

Selain dikenal sebagai bumbu dapur saat memasak, ternyata kluwek punya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan Anda.

Hal tersebut karena kluwek banyak mengandung nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B1, zat besi, fosfor, kalsium dan kalium.

Akan tetapi, sebelum mengkonsumsi kluwek disaranakn untuk memperhatikan beberapa hal. Karena jika mengkonsumsinya secara langsung dapat berbahaya akibat asam sianida yang terkadung di dalamnya.

Untuk itu, sebelum mengolah makanan dengan kluwek Anda perlu merendamnya terlebih dahulu agar semua racun yang terkadung di dalamnya menghilang.

Lalu apa sajakah manfaat dari kluwek untuk kesehatan tubuh Anda? Langsung saja, mari kita simak bersama-sama.

Manfaat Kluwek Bagi Kesehatan

Sebelum membahas berbagai manfaatnya, pohon kluwek yang menghasilnya buah kluwek ternyata banyak kegunaannya.

Hampir semua bagian tumbuhan ini bisa digunakan, mulai dari daun, buah, biji, batang hingga kulit kayunya. Berikut ini kami akan membahas mengenai khasiat kluwek bagi kesehatan tubuh manusia.

Mencegah anemia

Kluwek mengandung zat besi yang bisa bermanfaat bagi sel darah merah dalam tubuh. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit anemia.

Selain itu, zat besi juga dapat mempertahankan fungsi otot dan otak, menjaga sistem imun serta menjaga fungsi organ tubuh.

Obat cacing dan luka bakar

Selain buahnya, daun kluwek juga punya manfaat yang bagi kesehatan tubuh. Daun segar maupun getah daun kluwet dapat digunakan sebagai salah satu obat cacing, membersihkan luka bakar hingga penawar racun makanan.

Sifat antiseptic dan disinfektan yang dimiliki oleh kluwek juga bisa menjadi salah satu cara mengobati luka bakar. Zat tanin yang terkandung dalam kluwek dapat membantu mengatasi cacing kremi yang bersarang pada sistem pencernaan.

Mengatasi kudis dan panu

Memiliki masalah pada kesehatan kulit merupakan salah satu hal yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman, seperti terkena kudis dan panu.

Namun tak perlu khawatir, cara mengatasi kudis dan panu sekarang ini bisa memanfaatkan kluwek. Hal ini karena dalam biji buah kluwek mengandung senyawa yang mampu menjadi anti jamur dan menghilangkan serangan jamur ke kulit Anda.

Anti kolestrol

Manfaat kluwek bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai salah satu cara mencegah kolesterol yang tinggi. Buah kluwek mengandung beberapa manfaat yang bisa menurunkan kolesterol jahat yang cukup tinggi di dalam tubuh Anda.

Mencegah penyakit rematik

Mencegah penyakit rematik itu sangat penting, salah satunya bisa menggunakan buah dan biji kluwek. Menggabungkan buah dan biji kluwek dapat membantu meredakan gejala rematik sehingga tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit ini.

Menjaga daya tahan tubuh

Biji kluwek mengandung vitamin C dan zat besi yang cukup tinggi. Seperti yang sudah kita ketahui, kalau vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam kluwek pada membantu memperbaiki sel kulit mati untuk proses regenerasi atau mencegah penuaan dini.

Memudahkan tidur

Bagi Anda yang sulit sekali tidur memang berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi kluwek dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur.

Hal tersebut karena biji kluwek memiliki kandungan yang menyehatkan dan membuat Anda lebih rileks hingga akhirnya mudah untuk tidur.

Melancarkan haid

Bagi wanita yang sering mempunyai masalah ketika datang bulang bisa mengatasinya dengan kluwek. Manfaat kluwek bagi kesehatan ternyata bisa membantu Anda untuk melancarkan haid. Selain itu, dapat juga mengatasi masalah keputihan yang sering menyerang organ kewanitaan.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat dari kluwek bagi kesehatan tubuh Anda? Terapkan pola hidup sehat dan olahraga teratur sangat penting. Semoga bermanfaat teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,181FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan