Kamis, 28 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Menghilangkan Biang Keringat di Wajah dengan Bahan Sederhana

Cara Menghilangkan Biang Keringat di Wajah dengan Bahan Sederhana

Memiliki aktivitas yang padat tentunya akan membuat badan mengeluarkan keringat lebih banyak dibanding dengan orang yang hanya berdiam diri dan tidak melakukan kegiatan.

Keringat yang berlebihan tentunya membuat Anda rentan timbul biang keringat di kulit. Penyebab biang keringat yang paling utama yaitu keringat yang tersumbat oleh bakteri Staphylococcus epidermis hidup di permukaan kulit Anda

Bakerti tersebut bisa mengeluarkan zat lengket dapat bercampur dengan keringat dan sel kulit mati. Hal tersebut dapat membuat saluran keringat pada kulit akan tersumbat.

Biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang menimbulkan rasa gatal yang bisa menyebabkan sensasi perih pada kulit.

Biang keringat bisanya muncul dibagian leher, dada, paha, tangan, punggung, wajah dan lipatan tubuh seperti siku atau ketiak.

Penyakit ini bisa menimbulkan rasa demam yang mengigil pada tubuh, semakin rasa sakit terus bertambah pada kulit yang terinfeksi, keluarnya nanah dari benjolan ruam, dan adanya benjolan pada bagian ketiak atau selangkangan.

Salah satu yang paling mengganggu yakni jika timbul biang keringat di wajah. Berbagai cara menghilangkan biang keringat di wajah sering dilakukan agar dapat segera bebas dari masalah kulit tersebut.

Namun akan lebih baik jika menghilangkan biang keringat di wajah menggunakan cara dan bahan sederhana yang mudah didapat.

Cara Menghilangkan Biang Keringat di Wajah

Berikut ini beberapa cara mengatasi biang kering di wajah agar cepat terbebas dan sembuh.

Madu

Manfaat madu memang sudah sangat terkenal bagi kalian yang sering melakukan perawatan menggunakan bahan ini.

Selain rasanya yang enak, madu juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan biang keringat. Caranya mudah, cukup mengoleskan madu secara langsung pada bagian kulit yang terkena biang keringat.

Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak jojoba. Tinggal oles langsung ke bagian tubuh yang terkena biang keringan.

Diamkan sekitar 15-30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan ini secara rutin dan teratur 3 sampai 4 kali setiap minggu agar rasa gatal mulai reda.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sering kamu temukan di pekarangan rumah. Selain sebagai hiasan yang indah, manfaat lidah buaya juga bisa membantu Anda untuk mengobati biang keringat.

Cara menghilangkan biang keringat di wajah dengan lidah buaya sangat mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena biang keringat. Lakukan setiap tiga kali sehari agar ruam segera sembuh.

Es batu

Cara menghilangkan biang keringat di wajah selanjutnya adalah menggunakan es batu. Es batu dapat membuat rasa gatal yang disebabkan oleh rumah bisa teratasi.

Anda hanya perlu mengosokan secara perlahan es bat atau menekannya dengan lembut pada kulit yang terkena ruam.

Rasa dingin yang ditimbulkan oleh es batu dapat meredakan rasa gatal akibat ruam yang membandel. Lakukan secara rutin dan teratur agar bintik-bintik merah dapat segera hilang.

Baking soda

Bagi Anda yang sering membuat kue di rumah pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Ternyata soda kue dapat menjadi salah satu cara menghilangkan biang keringat di wajah.

Rasa gatal yang disebabkan oleh biang keringat dapat mereda dengan menggunakan baking soda ini. Caranya, larutkan sekitar 1-2 sdt baking soda ke dalam air yang akan kamu gunakan untuk mandi.

Selain dapat mengatasi ruam, baking soda juga bisa membuat rasa gatal di tubuh Anda lebih berkurang, sehingga kamu akan bebas dari rasa panas yang ditimbulkan oleh bintik-bintik merah ini.

Oatmeal

Oatmeal atau gandum ini ternyata bisa membantu Anda sebagai salah cara mengatasi biang keringat di wajah. Caranya, campurkan 1 sdm gula pasir yang ditambah dengan madu dan 3 sdm oatmeal.

Aduk hingga tercampur merata, kemudian oles dan gosok ramuan tersebut hingga merata pada kulit yang bermasalah. Diamkan beberapa menit sampai ramuan meresap dan mulai mengering di kulit Anda.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Kutil di Wajah Secara Alami

Bagaimana, mudah bukan menghilang biang keringat di wajah dengan cara di atas? Selain alami, bahan-bahannya pun sederhana dan mudah didapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,655FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan