Senin, 1 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Punya Harga Fantastis, Ini 6 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan 

Punya Harga Fantastis, Ini 6 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan 

Ternyata manfaat buah ciplukan baik untuk kesehatan. Tanaman ini banyak tumbuh denga liar di negara tropis, termasuk di Indonesia. Tak banyak orang yang mengetahui jika buah dari tanaman ini bisa berkhasiat untuk kesehatan. Pastinya kamu mengetahui bukan, bagaimana bentuk dari buah ciplukan ini?

Ya, buah yang memiliki rasa manis ketika sudah matang ini sering ditemukan di kebun, pesawahan yang mengering bahkan di pinggiran hutan. Tanaman yang hampir ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia ini punya sebutan yang berbeda-beda sesuai daerah di mana tanaman ini tumbuh.

Seperti cecendet dalam bahasa Sunda, nyurnyuran dalam bahasa madura, dan kopok-kopokan dalam bahasa Bali.

Ciplukan memiliki bentuk buah yang terbilang unik, bunganya yang diselubungi oleh kelopak yang mengegembung menjadikan ciri khas tersendiri buah yang memiliki nama latin Physalis angulata ini.

Namun memang sekarang ini buah ciplukan cukup jarang ditemukan di lahan liar, melainkan buah ciplukan kini sudah banyak dibudidayakan dan di jual di pasar swalayan dalam bentuk yang sudah dikemas.

Dengan harga yang fantastis dan mungkin membuat Anda tercengang, buah ciplukan di jual senilai Rp500 ribu per kilogram.

BACA JUGA: Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin, Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Dahulu ciplukan hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tak memiliki khasiat. Dibeberapa negara bahkan ciplukan digunakan sebagai garnish dalam berbagai hidangan tertentu.

Selain itu, buah ciplukan diminati karena diyakini memiliki sejumlah manfaat yang baik kesehatan. Hal tersebut karena buah ciplukan memiliki berbagai kandungan gizi yang benar-benar bisa berkhasiat untuk tubuh.

Manfaat Buah Ciplukan

Berikut ini beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Yuk langsung saja kita simak pemaparannya.

Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan mata ternyata bisa juga lho guys. Penghilatan memiliki peranan penting bagi kehidupan Anda. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A bisa membantu meningkatkan kesehatan mata Anda.

Seperti buah ciplukan yang kaya akan vitamin A, untuk itu dengan memakan buah ciplukan ini kesehatan mata Anda akan baik dan sehat.

Buah yang dagingnya punya warna kuning oren ini memiliki kandungan zat lutein, krotenoid dan beta karoten agar Anda terhindar dari bahaya degenerasi makula.

Degenarasi makula merupakan sesuatu yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami kebutaan pada usia tua. Tak hanya itu, zat lutein dan karotenoid juga bisa mencegah risiko terjadinya penyakit mata akibat komplikasi diabetes.

Meningkatkan imunitas tubuh

Sistem kekebalan tubuh akan meningkat jika Anda mengonsumsi buah ciplukan, selain itu buah ciplukan juga bisa membantu tubuh melawan infeksi. Hal tersebut karena buah ciplukan memiliki polifenol dan vitamin C yang cukup tinggi.

Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dengan kandungan antioksidan yang tinggi yang ada di dalamnya.

Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu rusaknya sel dalam tubuh.

Buah ciplukan juga memiliki kandungan senyawa withanolider yang memiliki efek antiradang yang dipercaya dapat melawan kanker kolon.

Pada penelitian lain menunjukkan bahwa buah ciplukan memiliki kandungan senyawa yang bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker mulut dan kanker paru.

Kendati demikian, masih diperlukan berbagai penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui efektivitanya manfaat buah ini.

Menunjang kesehatan tulang

Kandungan vitamin K yang berada dalam buah ini dapat bermanfaat untuk metabolisme tulang, menurunkan risiko patah tulang, meningkatkan kepadatan tulang.

Melindungi hati dan ginjal dari firbrosis

Fibrosis merupakan kondisi di mana ada kerusakan atau teganggungnya fungsi pada organ, seperti ginjal dan hati.

Buah ciplukann yang memiliki berbagai nutrisi, vitamin, mineral, zat besi, protein serta kalsium bisa membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

Baik untuk ibu hamil.

Manfaat buah ciplukan untuk ibu hamil ternyata bisa juga lho! Wanita yang sedang mengandung sangat baik untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran hijau.

Mengonsumsi buah ciplukan setiap hari bisa memenuhi kebutuhan zat besi pada wanita yang sedang mengandung.

Meski memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, disarankan buah ciplukan dikonsumsi jika sudah matang atau berwarna oranye. Disarankan juga untuk menghindari memakan buah ciplukan yang masih dalam keadaan mentah.

Karena bukan manfaat yang akan Anda dapatkan, melainkan dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pencernaan, diare dan kram.

BACA JUGA: Manfaat dan Tips Tidur Siang Yang Baik Bagi Kesehatan

Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi buah ciplukan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,631FansSuka
1,822PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan