Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Membuat Martabak Mini yang Manis dan Legit Tanpa Mixer

Resep Membuat Martabak Mini yang Manis dan Legit Tanpa Mixer

Berbicara tentang resep makanan di Indonesia seakan tidak ada habisnya. Salah satu yang cocok dijadikan camilan dan mudah dibuat yakni resep membuat martabak mini.

Masyarakat di Indonesia memang paling suka makan. Pastinya bagi kalian yang pergi ke suatu tempat yang paling di cari adalah kulinernya.

Salah satu jenis makanan yang berhasil mencuri perhatian banyak orang adalah martabak. Martabak disajikan dalam dua varian rasa, yakni manis dan asin atau martabak telur.

Akan tetapi baik manis maupun asin kedua makanan ini punya tempat dihati masing-masing penggemarnya. Berbagai ukuran martabak disajikan dari mulai yang besar sampai yang mini (kecil).

Disetiap daerah kemanapun kita berkunjung pastinya kerap kali menemukan penjual martabak, mulai dari kafe mewah sampai penjual martabak di pinggir jalan.

Di kafe maupun pedagang pinggir jalan rasa martabak ini tetaplah enak. Akan tetapi punya ciri khas masing-masing tergantung penjualnya.

Berbagai bentuk diciptakan oleh para penjual, termasuk yang lagi hits belakang ini adalah martabak mini. Sama dengan namanya, martabak mini ini disajikan dalam ukuran yang lebih kecil dari martabak pada umumnya.

Bentuknya yang imut dan lucu membuat siapapun yang melihatnya tergugah selera untuk segera menyantap martabak mini.

Walaupun bentuknya lebih kecil, rasa dari martabak mini ini tak kalah dengan martabak yang ukurannya lebih besar. Tetap terasa manis, lembut dan legit di mulut.

Bagi kamu yang sering berwisata kuliner pastinya sudah tahu rasa nikmat dari martabak mini? Mungkin kamu merasa penasaran ingin mencoba berkreasi sendiri di rumah untuk membuat camilan lezat, martabak mini.

Jika belum mengetahui resep dan caranya, di artikel kali ini kami telah menyiapkan resep dan cara membuat martabak mini sederhana yang lezat.

Resep Membuat Martabak Mini

Berikut ini langkah demi langkah resep dan cara membuat martabak mini manis yang bisa kamu coba praktekan di rumah. Penasarankan? Yuk langsung saja kita simak.

Resep

50 gram tepung tapioka
200 gram tepung terigu
2 butir telur
2-3 sdm mentega, cairkan
2 sdm gula pasir
1 sdm baking powder
1 sdt ragi instan
300 ml air
Topping sesuai selera

Cara membuat martabak mini

Bagi kamu yang tidak memiliki mixer di rumah, jangan khawatir karena kamu bisa membuatnya tanpa menggunakan mixer.

Pertama, campur gula, telur, ragi instan dan garam yang sudah kamu siapkan tadi. Lalu kocok hingga semua bahan larut dan tercampur secara merata.

Selanjutnya, masukkan tepung tapioka, tepung terigu, dan air sembari terus mengaduknya sampai semua adonan memiliki tekstur cair yang sudah tepat.

Setelah itu, masukkan mentega yang sudah dicairkan dan aduk hingga merata. Diamkan beberapa saat sekitar 15-20 menit.

Kemudian, masukkan baking powder dan aduk kembali hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan martabak mini. Jangan lupa, isi cetakan atau teflon yang kamu gunakan jangan diisi penuh, isi setengahnya saja.

Tunggu hingga pada permukaan adonan martabak mini yang sudah dalam cetakan muncul pori-pori kecil. Lalu tutup.

Setelah itu, buka tutup cetakan dan jika sudah terlihat matang kecoklatan, angkat martabak mini dari cetakan atau teflon.

Martabak mini yang sudah matang, simpan di piring saji lalu tambahkan toping sesuai selera kamu. Bisa gula pasir, susu kental manis, selai, coklat, keju dan masing banyak toping yang lainnya.

Nah, itu dia teman-teman, langkah demi langkah resep membuat martabak mini manis sederhana sudah kami jelaskan.

Bagaimana, mudah bukan? Tunggu apalagi, sekarang giliran kamu untuk berkreasi membuat martabak mini di rumah. Selamat mencoba teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan