Selasa, 26 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Cara Membuat Telur Gulung Sosis yang Lezat dan Nikmat

Cara Membuat Telur Gulung Sosis yang Lezat dan Nikmat

Cara membuat telur gulung sosis memang susah-susah gampang ya guys! Sebenarnya telur gulung ini termasuk jajanan nostalgia, lho.

Ternyata sejak era 90’an jajanan lezat ini memang sudah ada dan kini di era generasi milenial telur gulung kembali hits dengan tampilan yang unik.

Cara telur gulung memang sangat mudah, hanya menggunakan telur yang dikocok dengan ditambahkan bumbu penyedap dibuat dengan cara digulung menggunakan lidi yang dibuat dari bambu.

Lebih nikmat bila dipadukan dengan saus dan jajanan ini menjadi salah satu makanan wajib untuk dibeli oleh anak-anak sepulang sekolah.

Terdapat berbagai perbedaan antara telur gulung zaman sekarang dibandingkan dengan zaman dahulu.

Kini semakin banyak pedangan yang menjual telur gulung dengan berbagai varian rasa dan campuran bahan yang membuat telur gulung semakin nikmat.

Biasanya telur gulung dapat dipadukan dengan chicken nugget, bihun, bakso hingga sosis. Kalau zaman dahulu telur gulung disiram dengan saus, kini jajanan itu juga dapat dinikmati dengan tambahan bumbu perasa seperti bumbu balado, barbeque, dan jagung manis.

Kini jajanan legend tahun 90’an ini tak lagi hanya digemari oleh anak SD, para remaja hingga orang dewasa pun ramai menggemari makanan ini sebagai nostalgia zaman dahulu.

Salah sat yang jadi favorit yakni telur gulung sosis, namun memang cara membuat telur gulung sosis ini memerlukan sedikit teknik dalam proses pembuatannya. Biasanya seseorang akan sulit dalam proses menggulungnya.

Akan tetapi, jangan khawatir karena di artikel kali ini kami akan memaparkan langkah demi langkah cara membuat telur gulung sosis yang pastinya mudah untuk dipraktikan saat di rumah.

Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Berikut ini resep dan cara membuat telur gulung sosis yang dengan cara mudah. Tentu penasarankan? Langsung saja mari kita simak.

Bahan

2 butir telur ayam
3 buah sosis
1 sdt tepung kanji
1 siung bawang putih di haluskan
40 ml air matang
Minyak goreng
Garam
Kaldu bubuk

Cara membuat

Langkah pertama pecahkan telur ayam yang sudah disiapkan lalu masukkan ke dalam wadah. Selanjutnya tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi, kaldu bubuk, tepung kanji yang telah sebelumnya dilarutkan dengan air, lalu masukkan ke dalam wadah berisi telur.

Kemudian, kocok telur ayam beserta bahan yang sudah dimasukkan tadi. Kocok hingga adonan telur tercampur rata.

Lalu, potong sosis menjadi dua bagian, tujuannya agar pada proses menggoreg sosis tidak terlalu panjang. Tusuk sosis yang sudah dibelah menggunan tusuk sate.

Panaskan minyak pada wajan, lalu goreng sosis hingga matang dan sedikit mengembang.

Setelah itu, tuang adonan telur yang sudah tercampur rata sebanyak satu sendok sayur, lakukan secara sedikit demi sedikit ke atas wajan berisi minyak panas dengan jarak yang agak lebih tinggi. Tujuannya agar adonan telur dapat menyebar dan melebar saat di goreng.

Masukkan sosis mulai dari bagian ujung adonan telur yang sudah dalam penggorengan dan lakukan proses penggulungan secara perlahan hingga semua adonan telur menutupi seluruh bagian sosis.

Setelah berhasil di gulung, goreng dahulu sampai berwarna sedikit kecoklatan, lalu angkat sosis telur gulung dan tiriskan pada tisu dapur agar minyak yang menempel dapat berkurang.

Sosis telur gulung sudah siap disajikan. Untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya kamu bisa menambahkan saus tomat atau saus sambal dengan mayonaise pada telur gulung sosis.

Untuk lebih menambah kesan kekinian kamu juga bisa mengganti saus tadi dengan bumbu perasa sesuai selera.

Nah itu dia teman-teman langkah demi langkah sudah cara membuat telur gulung sosis sudah kami jelaskan. Karena menggunakan bahan yang cukup sederhana, resep sosis telur gulung ini bisa jadi rekomendasi makanan disaat darurat.

Cocok juga untuk dijadikan camilan dan bekal untuk anak-anak atau mungkin ke kantor. Menggunakan bahan yang sederhana cocok banget untuk kalian yang mau membuat telur gulung sosis buatan sendiri saat di rumah. Selama mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,676FansSuka
1,811PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan