Minggu, 9 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Cara Membuat Sostel Yang Enak dan Mudah Menggunakan Alat Sederhana

Cara Membuat Sostel Yang Enak dan Mudah Menggunakan Alat Sederhana

Cara membuat sostel ternyata mudah lho guys! Ya, sostel alias sosis telur merupakan makanan yang sedang booming di media sosial.

Selain bentuknya yang unik, sostel banyak gemari karena memiliki cita rasa yang nikmat. Bagi pecinta kuliner harus mencoba jajanan yang satu ini.

Sosis telur atau sostel merupakan makanan yang dibuat dengan bahan dasar sesuai dengan namanya yakni sosis dan telur ayam.

Selain kedua bahan utama tersebut ditambahkan juga bahan lainnya yakni berupa irisan sayuran, daun bawang, mayonaise dan saus tomat atau sambal yang sangat lezat serta nikmat.

Kalau dilihahat secara visual, bentuk sostel ini hampir mirip dengan makanan eggroll, namun terdapat perbedaan dalam cara pembuatannya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cara memasak eggroll yakni dengan cara menggoreng telurnya terlebih dahulu.

Tak jarang kini di kafe-kafe atau tempat nongkrong yang menjual dan menyajikan sosis telur sebagai salah satu menu jajanan yang lagi hits banget di kalangan anak muda generasi milenial.

Proses pembuatan sostel ini cukup tergolong unik. Bagi kalian yang mungkin sudah pernah membeli, cara membuat sostel yakni dibuat menggunakan alat khusus yang menggunakan daya listrik dengan beberapa lubang untuk memasak telur yang dipadupadankan dengan sosis yang ditusuk.

Namun memang alat tersebut tidaklah murah, harganya yang sangat mahal tak semua kalangan bisa membelinya.

Tak perlu khawatir bagi kalian yang mungkin ingin berkreasi membuat sostel ala sendiri di rumah kini bisa membuatnya dengan mudah meskipun tanpa menggunakan alat tersebut.

Kamu hanya memerlukan plastikan es yang berbentuk tabung dan tentunya cara membuat sostel di rumah ini sangat hemat biaya.

Cara Membuat Sostel

Penasarankan, bagaimana cara membuat sostel di rumah tanpa menggunakan alat? Yuk langsung aja ikuti langkah-langkahnya!

Bahan

4 batang sosis
1 batang bawang daun, diiris halus
4 butir telur ayam
1/2 batang seledri, diiris halus
1 buah wortel, cincang atau diparut
Keju cheddar di parut secukupnya
Garam
minyak goreng
Saus tomat/cabai
Mayonaise

Alat

Plastik es loli atau cetakan yang tahan panas
Tusuk sate

Cara membuat

Ambil satu butir telur, percahkan lalu kocok. Setelah itu, masukkan irisan daun bawang, wortel, seledri, keju, garam dan penyedap rasa kedalam kocokan telur aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya, masukkan campuran bahan tadi ke dalam plastik es loli, lalu diikat hingga kuat menggunakan karet.

Jika Anda tidak ingin menggunakan plastik es, bisa juga menggunakan cetakan es dari plastik yang tahan panas dan tentunya food grade ya guys.

Jangan lupa, selipkan tusuk sate di dalamnya. Setelah itu, masukkan adonan sostel ke dalam panci untuk di kukus. Kukus sampai matang, lalu keluarkan adonan sostel jika sudah matang dan keluarkan dari cetakan.

Panaskan minyak goreng pada wajan, goreng sostel beberapa saat. Untuk menambah cita rasa sostel, bisa diberi lumuran telur dan tepung panis jika suka.

Setelah sostel di goreng beberapa saat, tiriskan sejenak lalu sajikan dipiring saji. Tambahkan mayonaise dan saos, dijamin mantul alias mantap betul.

Itu dia guys, langkah demi langkah cara membuat sostel alias sosis telur makanan yang sedang populer yang bisa Anda praktikan di rumah dan pastinya tidak perlu menggunakan alat.

BACA JUGA: Cara Membuat Seblak Mie dengan Resep yang Lezat dan Nikmat

Cocok disajikan selagi hangat dan disantap bersama keluarga, teman, atau orang terdekat kalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,189FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan