Senin, 25 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep dan Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Yang Enak

Resep dan Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Yang Enak

Cara membuat cilok bumbu kacang sebenarnya gampang-gampang susah. Makanan dengan harga yang ringan di kantong ini siapa sih yang tidak mengetahuinya, makanan ini selalu populer dari masa ke masa.

Cilok merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh segala kalangan, dari muda sampai yang sudah berumur pun agaknya menyukai jajanan yang memiliki tekstur kenyal ini.

Tak ketinggalan pastinya penjual cilok selalu ada di depan sekolah, kampus atau bahkan di perkantoran.

Tak ayal, memakan cilok memang tak pernah ada rasa bosan. Karena setiap pedagang pasti menyajikan cilok dengan bumbu yang berbeda.

Ada yang menambahkan bumbu kacang, bumbu saus dan kecap untuk menambah cita rasa lezat dari cilok yang gurih dan kenyal ini.

Cilok sendiri sama seperti jajanan pinggir jalan yang lainnya, tak jelas asal muasal pertama cilok muncul.

Namun yang banyak masyarakat yang mengatakan jika cilok berasal dari Bandung yang terkenal dengan Kota Kembang ini.

Diberi nama cilok kata orang-orang berasal dari aci dan dicolok. Kata aci diambil karena aci dalam bahasa Sunda atau dikenal dengan tepung tapioka merupakan bahan utama yang dihidangkan dengan cara dicolok.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa cilok adalah makanan yang berbentuk bulat dengan tekstur yang sangat kenyal. Hampir sama seperti bentuk bakso, hanya saja bahan dasar cilok ini berbeda.

Jika membuat bakso komposisi dagingnya lebih banyak dengan sedikit tepung, hal yang sebaliknya dilakukan dalam proses pembuatan cilok.

Banyak tepung sedikit daging, bahkan ada yang sama sekali tidak menggunakan daging dalam adonan membuat cilok. Oleh karena itu tekstur cilok jauh lebih terasa kenyal daripada bakso.

Di zaman sekarang ini orang-orang makin kreatif dalam membuat makanan, tujuannya agar bisa lebih menarik para pembeli.

Tak hanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus dan kecap, sekarang ini cilok punya banyak varian rasa dan berbeda cara penyajiannya.

Ada cilok bakar, cilok goreng, cilok yang berisi telur atau bahkan berisi keju mozarella yang lumer ketika didalam mulut dan masih banyak lainnya.

Cilok memang banyak macam rasa dan variasi isinya. Meski demikian, namun proses dan cara membuat cilok kebanyakan tak jauh berbeda dengan cara membuat cilok original pada umumnya.

Memiliki banyak waktu luang saat libur berkeja atau libur sekolah, mungkin kamu masih bingung kegiatan apa yang akan kamu lakukan pada hari itu.

Nah, kami punya salah satu rekomendasi untuk kalian untuk mengisi waktu luang saat akhir pekan.

Misalnya saja membuat kreasi makanan yang kamu buat sendiri, selain mengisi waktu luang, kamu juga bisa menghidangkan makanan ini untuk dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga.

Ya, apa lagi kalau bukan si bulat nan gurih, cilok bumbu kacang. Di artikel kali ini kami telah menyiapkan sebuah resep cilok bumbu kacang untuk jualan maupun untuk disantap bersama keluarga di rumah.

Penasarankan? Yuk langsung aja simak, guys.

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

Resep Cilok Bumbu Kacang

Bahan-bahan

100 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
Merica bubuk secukupnya
Gula pasir secukupnya
1 siung bawang putih, dihaluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt garam
1 sdt penyedap rasa sapi
200 ml air panas

Cara membuat 

Pertama, campur tepung terigu yang sudah Anda siapkan tadi dengan daun bawang, bawang putih, merica bubuk, garam, penyedap rasa, dan gula pasir.

Kemudian tuang air panas yang sudah disiapkan tadi, hati-hati saat menuangkan air panas harus secara perlahan sampai dirasa adonan cukup basah dan mengental.

Setelah itu masukkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan secara perlahan-lahan hingga semua tercampur rata. Lalu adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil.

Panaskan air hingga mendidih. Lalu masukkan bulatan cilok yang telah dibentuk ke dalam air. Jika cilok sudah mengapung maka tandanya cilok sudah matang.

Setelah matang, angkat cilok dari dalam air lalu tiriskan.

Tak lengkap rasanya jika membuat cilok tanpa membuat bumbu kacang sebagai penyempurna penyajian cilok yang lezat ini. Yuk simak lagi cara membuat cilok bumbu kacang yang enak, mudah dan praktis.

Resep Bumbu Kacang untuk Cilok

Bahan

100 gram kacang tanah, yang sudah digoreng
2 siung bawang putih
1 sdm air asam jawa
7 buah cabe rawit merah
4 sdm gula merah
200 ml air
1 sdt garam
Minyak secukupnya

Cara membuat sambal kacang untuk cilok

Tumbuk kacang yang sudah digoreng hingga halus, kemudian Anda bisa menambahkan cabe, bawang putih, gula merah, air asam jawa, dan garam.

Setelah itu, panaskan wajan, kemudian tumis dengan minyak goreng sedikit saja. Tumis hingga baunya harum.

Cilok dan bumbu kacang yang spesial sudah siap untuk di sajikan, cocok dimakan selagi hangat.

BACA JUGA: Resep Cilok Goang Kuah Pedas

Bagaimana, mudah bukan cara membuat cilok bumbu kacang di atas? Sekarang praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,685FansSuka
1,808PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x