Jumat, 3 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Cilok Goreng Bandung Sambal Kacang

Resep Cilok Goreng Bandung Sambal Kacang

RANCAH POSTResep cilok goreng Bandung sambal kacang. Cilok merupakan salah satu camilan yang sudah tidak aneh lagi di telinga orang Indonesia, utamanya bagi masyarakat sunda atau Jawa Barat. Makanan yang berasal dari kota Bandung ini merupakan salah satu camilan yang cocok sekali untuk lidak banyak orang. Jika kita melihat secara sepintas, cilok memang memiliki bentuk yang mirip dengan bakso, hanya ukurannya dan juga bahan bakunya yang berbeda.

Nama cilok ini sendiri merupakan singkatan dari ‘aCI dicoLOk’ yang mana aci ini sendiri merupakan bahan baku dari pembuatan cilok yang didominasi oleh aci atau tepung kanji. Colok sendiri memiliki arti tusuk karena cara memakan cilok ini yang ditusuk dengan menggunakan tusuk bambu.

Cilok sendiri memiliki banyak jenis diantaranya cilok bakar, cilok Bandung asli, dan juga cilok goreng. kali ini kami kan membagikan resepĀ  cilok goreng yang disajikan lengkap dengan sambal kacang yang tentunya gurih dan nikmat. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini resep cilok goreng sambal kacang yang kami bagikan khusus untuk Anda.

Resep Cilok Goreng Bandung Sambal Kacang

Bahan-bahan Cilok Goreng Bandung Sambal Kacang
200 gr tepung kanji
200 gr tepung terigu
2 siung bawang putih
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 btg daun bawang iris halus
400 ml air
1 sdt garam
air untuk merebus

Bahan Sambal Kacang
150 gr kacang tanah sangrai/goreng, haluskan
1 sdt gula pasir
1 sdt cuka
garam secukupnya
air secukupnya

Cara Membuat Sambal Kacang
Campurkan kacang tanah dengan cuka, gula pasir, air, dan juga garam. Kemudian panaskan diatas api sejenak sampai mengental. Apabila Anda suka pedas, tambahkan sedikit cabai yang telah dihaluskan.

Cara Membuat Cilok
Pertama, campurkan tepung kanji dan juga tepung terigu kemudian ayak terlebih dahulu. Lalu tambahkan daun bawang dan juga bawang putih kemudian aduk sampai merata. Sisihkan. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk serta merica bubuk kemudian biarkan air hingga mendidih. Masukkan air yang telah didihkan tersebut ke dalam campuran tepung tadi sedikit-sedikit sembari diaduk sampai merata dan adonan kalis atau bisa dibentuk. Ambil adonan lalu bentuk bulat. lakukan hingga adonan habis. Rebus bulatan cilok ke dalam air mendidih, jika cilok sudah mengapung, angkat kemudian tiriskan. Kukus cilok sampai matang, lalu goreng cilok yang sudah di kukus. Untuk menyajikannya, siram sambal kacang diatas cilok yang sudah digoreng. Cilok goreng sambal kacang pun siap disajikan.

Bagaimana? mudah bukan? Camilan ini sangat cocok dimakan untuk segala suasana. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung, Anda sudah bisa menikmati makanan khas bandung ini di rumah. Sajikan cilok goreng ini untuk menemani waktu bersantai Anda bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,406FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan