Jumat, 10 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep dan Cara Membuat Puding Coklat, Sajian Praktis dan Nikmat

Resep dan Cara Membuat Puding Coklat, Sajian Praktis dan Nikmat

Berita Gaya Hidup, RANCAH POST – Makanan manis memang menjadi idola bagi para penggemarnya. Salah satunya adalah puding coklat. Puding ini memiliki cita rasa yang lezat dan manis, bisa juga di hidangkan sebagai makanan penutup.

Di negara Inggris, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dengan telur dan tepung, cara memasaknya dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang

Puding yang memiliki rasa yang manis biasanya terbuat dari bahan dasar susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur.

Umumnya dengan rasa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Jenis puding ini lebih nikmat dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Selain itu juga ada jenis puding agar-agar. Jenis ini adalah puding yang terbuat dari campuran agar-agar, susu, tepung maizena, dan telur kocok.

Anda bisa membuat makanan ini saat berada di rumah, karena cara membuatnya cukup mudah hanya dibutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan tidak memerlukan biaya yang banyak namun dapat menciptakan sajian puding coklat yang lezat.

Resep Puding Coklat

Bahan Puding Coklat

20 gr coklat bubuk
1 bungkus agar-agar bubuk
125 gr gula pasir 125 gr
800 ml susu cair tawar
1 butir telur, gunakan kuningnya saja
1/8 sdt garam
100 gr dark cooking chocolate, dipotong-potong

Cara Membuat Resep Puding Coklat

Pertama Anda siapkan panci lebih dahulu. Kemudian masukkan susu cair, agar-agar bubuk, coklat bubuk, gula pasir dan garam. Selanjutnya nyalakan api kompor dan menggunakan nyala api sedang.

Lalu Anda bisa  mengaduk adonan secara perlahan hingga mendidih.

Potongan dark cooking chocolate yang sudah disiapkan tadi lalu masukan ke dalam panci berisi adonan tadi, aduk-aduk adonan sampai larut dan tercampur rata.

Setelah itu, matikan api kompor dulu. Kemudian, Anda bisa menyiapkan kuning telur dalam mangkok, lalu tuangkan sedikit rebusan adonan diatas ke dalamnya, aduk lagi hingga semuanya tercampur rata.

Lalu masukkan campuran kuning telur tadi ke dalam panci berisi rebusan adonan pertama. Ingat ya, selalu menggunakan api sedang untuk memasak rebusan adonan tersebut, sambil diaduk-aduk secara perlahan hingga mendidih.

Setelah adonan mendidih, matikan api kompor lalu tuang cairan rebusan adonan ke dalam cetakan. Biarkan dulu adonan puding sekitar 30 menit. Bila adonan sudah dingin, masukkan ke dalam lemari pendingin.

BACA JUGA: Resep Eskrim Coklat Ala Rumahan yang Lembut dan Nikmat

Jika adonan sudah mengeras, maka puding coklat siap untuk dihidangkan, cocok disajikan untuk keluarga tercinta. Bagaimana, mudah dan praktis bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,373FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan