BAHAYA! Ini Alasan Kenapa Kecoa Jangan Dipukul Hingga Isi Perutnya Keluar

0
Bahaya Ini Alasan Kenapa Kecoa Jangan dipukul Hingga Isi Perutnya Keluar min
Bahaya Kecoa. (IST/NET)

Berita Kesehatan, RANCAH POST – Kecoa merupakan hewan yang termasuk dalam jenis serangga dari ordo Blattodea yang kurang lebih terdiri dari 3.500 spesies dalam 6 famili, kecoa dapat ditemukan di seluruh belahan dunia kecuali di wilayah kutub.

Banyak orang yang merasa jijik saat melihat hewan ini, karena selain menjijikan ternyata membunuh hewan ini dapat menimbulkan efek yang membahayakan.

Hewan ini menyukai berbagai makanan, bahkan termasuk sampah busuk. Kecoa juga diyakini dapat menyebarkan penyakit pada manusia, seperti penyakit salmonella dan gastroenteritis.

Karena serangga ini merupakan rumah bagi bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan tifus dan keracunan makanan.

Jika di rumah Anda terdapat banyak kecoa, jangan pernah sesekali berusaha untuk memukulnya sampai mati bahkan sampai isi perut hewan tersebut terburai keluar.

Karena didalam perut kecoa terdapat cacing halus yang tetap hidup meskipun telah keluar dari tubuhnya. Kalau cacing ini sudah berada di luar dari tubuh kecoa maka dia akan bergerak untuk mencari tempat dan mencari indukan baru.

Cacing halus ini memiliki bentuk yang sangat pendek, akan terlihat kasat mata bila jarak pandang sekitar 10 sampai 20 cm.

Untuk lebih memudahkan Anda jika ingin melihat pergerakan cacing ini, Anda bisa menaruh isi perut kecoa diatas cermin atau diatas selembar kertas hitam.

Selain menjijikan, cacing ini sangat berbahaya apabila menyentuh kulit terutama bagian kaki. Karena cacing ini sangat mudah masuk melalui pori-pori kulit.

Bahkan lebih bahaya lagi bila ada luka terbuka pada bagian kulit luar. Kecoa biasa hidup dan bersembunyi di retakan dinding, lemari dapur, saluran air, sekitar pemanas air dan di perabotan rumah tangga yang umumnya tak terurus.

Agar terhindar dari bahaya kecoa, ada baiknya selalu menjaga kebersihan rumah secara rutin, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari binatang ini.

Jangan menyimpan sisa makanan di dalam ruangan, selalu membersihkan rumah setidaknya sekali seminggu, memberikan perhatian khusus pada dapur dan area persiapan makanan lainnya, membersihkan bawah kulkas, kompor, pemanggang roti, dan peralatan yang dapat dipindahkan lainnya, dan menggunakan insektisida sesuai petunjuk aturan.

BACA JUGA: Ada yang Diemut di Mulut, Selfie dengan Kecoa Ini Bikin Netizen Jijik

Dengan beberapa cara di atas, Anda bisa menekan angka perkembangbiakan kecoa dan memperkecil kemungkinan Anda terserang penyakit yang disebabkan oleh hewan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here