Sabtu, 4 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Membuat Bubur Sumsum Kuah Gula Aren yang Lembut dan Nikmat

Resep Membuat Bubur Sumsum Kuah Gula Aren yang Lembut dan Nikmat

Berita Kuliner, RANCAH POST – Bubur sumsum merupakan jenis makanan yang terbuat dari tepung beras, teksturnya yang lembut dan bercita rasa manis dari kuah gula aren yang dituangkan membuat bubur sumsum digemari banyak orang.

Membuat bubur sumsum sama saja seperti membuat bubur pada umumnya, cara membuat bubur sumsum ini juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Namun, tetap saja harus memperhatikan beberapa hal supaya hasilnya sempurna. Dalam mencampurkan tepung dan santan harus terus diaduk sampai rata agar tidak timbul gumpalan-gumpalan kecil.

Penasaran kan? Langsung simak aja yuk resep dan caranya.

Cara Membuat Bubur Sumsum

Bahan

100 gram tepung beras
6 lembar daun pandan
850 ml santan
1 sdt garam

Cara Membuat Bubur Sumsum

Siapkan santan sebanyak 650 ml kemudian bagi menjadi dua gelas. Setelah dibagi jadi 2 gelas, rebus 1 gelas santan dengan 5 lembar daun pandan dengan api kecil, harus terus diaduk agar santan tidak pecah.

Sedangkan sisa 1 gelas santan yang tadi, dituang secara perlahan pada tepung beras. Aduk sampai rata dan jangan biarkan sampai menggumpal.

Setelah itu Anda bisa menambahkan 1 sdt garam dan memasukkan adonan ke dalam santan yang sedang direbus. Aduk lagi hingga tercampur rata dan ingat ya jangan sampai ada gumpalan.

Ketika adonan sudah tercampur, matikan api. Kemudian cincang gula merah lalu masak dengan api kecil, Anda juga bisa menambahkan selembar daun pandan dan air secukupnya. Aduk hingga gula larut.

Rebus sisa santan yaitu 200 ml sebagai kuah. Bubur sumsum disajikan dengan cara menuangkannya bersama dengan santan dan gula merah yang sudah dicairkan.

Bubur sumsum yang lembut dan lezat sudah siap dihidangkan. Menu ini cocok untuk sarapan yang ringan namun mengenyangkan.

BACA JUGA: Resep Bubur Ayam Khas Sukabumi

Bagaimana, sudah terbayang bukan kenikmatan bubur sumsum ini? Cara membuatnya pun tidak sulit dan Anda bisa mencobanya saat berada di rumah. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,397FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan