Selasa, 27 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Resep Bubur Ayam Khas Sukabumi

Resep Bubur Ayam Khas Sukabumi

RANCAH POST Resep bubur ayam khas Sukabumi. Siapa sih yang tidak suka dengan bubur? Selain praktis, makanan ini juga sangat nikmat untuk dijadikan sebagai menu sarapan. Di Indonesia sendiri bubur ayam memiliki berbagai macam jenis.

Salah satunya yaitu bubur ayam khas dari Sukabumi. Berbeda dengan bubur ayam dari daerah lain yaitu resep bubur ayam khas sukabumi ini menggunakan berbagai macam jeroan ayam diantaranya ati ampela dengan bumbu yang agak pedas.

Selain itu dilengkapi dengan krupuk yang juga ditambahkan dengan emping serta kaldu kuah yang sangat sedap danĀ  gurih. Nah, dari pada penasaran, kali ini kami akan membagikan resep bubur ayam khas Sukabumi yang tentunya sangat enak dan juga nikmat.

Resep Bubur Ayam Khas Sukabumi

Bahan bumbu
250 gr Beras putih kualitas bagus
2 liter Air kaldu ayam
2 Lembar daun salam
2 sdt garam

Kuah bubur ayam
1 ekor Ayam Kampung
750 ml Air
1 sdt garam garam
2 sdm minyak tuk menumis
1/2 sdt lada lada
1/2 buah biji pala
3 sdm kecap manis

Bumbu halus resep bubur ayam
8 buah bawang merah
3 buah bawang putih
1 cm kunyit
1 sendok ketumbar
5 butir kemiri

Pelengkap bubur
Ayam goreng disuwir-suwir terlebih dulu
2 btg cakwe diiris tipis
1 btg seledri diiris tipis
50 gr kedelai yg sudah digoreng
100 gr kerupuk merah atau emping
Secukupnya sate ampela hati ayam goreng

Cara membuat Bubur Ayam Sukabumi
Pertama-tama rebuslah ayam dengan air dan garam sampai ayam lunak lalu pisahkan kaldunya. Untuk Buburnya masak beras putih dengan air kaldu ayam dan juga daun salam sampai beras pecah kemudian masukkan garam, masak terus sampai beras menjadi bubur, sedikit kental. Lalu panaskan minyak, tumis bumbu halus diatas sampai harum dan juga matang, masukkan ke dalam rebusan ayam, rebus kembali ayam. Lalu masak sampai kaldu ayam mendidih, kemudian tambahkan biji pala, lada dan juga kecap. Kemudian didihkan kembali, angkat ayam lalu sisihkan kaldu ayam nya. Terakhir goreng ayam sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat lalu tiriskan, selajutnya suwir suwir daging itu.

Itulah resep bubur ayam khas Sukabumi yang tentunya lezat. Untuk menyajikan Penyaian bubur sediakanlah mangkok kemudian masukan bubur hampir penuh dan berikan kuahnya, taburi cakwe, kedelai, ayam suwir, seledri, beri sambal dan juga kerupuk. Sajikan bubur lengkap dengan sate. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan