RANCAH POST – Nggak terasa sekarang ini kita sudah memasuki hari ke empat puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat ini.

Memasuki hari yang ke empat ini pastinya sudah ada beberapa orang yang kebingungan untuk bikin menu buka puasa apa buat keluarga.

So, jangan risau jangan khawatir. Kali ini kami akan memberikan resep ayam untuk menu buka puasa kalian bersama keluarga tercinta.

Bukan ayam goreng, menu ayam kali ini mungkin jarang dibikin di rumah oleh sebagian orang karena proses memasaknya yang agak sedikit menyita waktu.

Yap, kali ini kami akan memberikan resep ayam pepes sebagai sajian menu buka puasa nanti. Udah kebayangkan gimana gurih dan nikmatnya sajian ayam satu ini.

Baru nyium wanginya saja sudah bikin nelen ludah dan ingin segera dimakan namun apa daya harus nunggu adzan maghrib berkumandang terlebih dulu.

Oke, tanpa basa-basi lagi langsung saja yuk simak resep lengkapnya dibawah ini. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Resep Ayam Pepes Bumbu Kuning

Bahan-bahan:

1 ekor ayam, potong 10-12 bagian
2 ikat kemangi
2 batang daun bawang, iris panjang
1 buah tomat, iris
3 buah cabe hijau, iris serong
2 buah cabe merah, iris serong
2 batang sereh, ambil putihnya potong 3 cm, memarkan
5 lembar daun salam
10 buah cabe rawit utuh
1 butir telur
Garam secukupnya
1/2 sdt lada bubuk
5 sdm minyak
Daun pisang untuk membungkus
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 cm kunyit
7 btr kemiri
3 cm jahe
3 cm lengkuas

Cara membuat:

Pertama, cuci bersih ayam yang telah dipotong-potong. Kemudian haluskan bumbu, lalu tuangkan pada ayam yang tadi sudah dibersihkan.

Kemudian tambahkan cabai merah, cabai hijau, daun bawang, tomat dan cabai rawit utuh. Lalu masukkan garam dan lada secukupnya, telur serta minyak. Aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu siapkan daun pisang dan letakkan 1 lembar daun salam serta 3 cm sereh yang telah dimemarkan lalu ambil dua potong ayam yang telah dibumbui. Bungkus dan rekatkan menggunakan lidi. Lakukan hingga habis.

Selanjutnya, panaskan kukusan dan kukus ayam yang telah dibungkus tadi hingga matang, kurang lebih selama 30 menit.

Jika sudah matang, angkat lalu susun dalam piring saji. Pepes ayam bumbu kuning pun siap untuk disantap bersama nasi hangat.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Sederhana Rasa Istimewa, Resep Lodeh Nangka Muda

Nah, itu tadi pepes ayam bumbu kuning untuk menu buka puasa. Jika tidak suka dengan bumbu kuning, kalian juga bisa mencoba resep ayam pepes bakar. Selamat mencoba dan selamat berpuasa.

Share.

Leave A Reply