RANCAH POST – Puasa di hari kedua kini tengah di jalani. Waktu berbuka pun tinggal beberapa jam lagi. Itu artinya para ibu harus sudah bersiap memikirkan akan masak apa hari ini.

Tak hanya menu buka puasa saja, tapi mereka juga harus memikirkan makanan untuk sahur sekaligus takjil buka puasa nanti.

Tentu itu bukan merupakan hal mudah, terlebih jika mereka masih memiliki anak kecil yang suka milih-milih menu makanan.

Tapi jangan khawatir, kali ini Rancah Post akan memberikan resep buka puasa sekaligus untuk makan sahur nanti agar moms gak bingung lagi.

Menu yang akan kami berikan ini terbilang sederhana namun pastinya menggugah selera dan bisa membuat semangat puasa bertambah.

Oke, tanpa basa-basi lagi langsung saja simak resep buka puasa sederhana berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewat yang moms.

Resep Buka Puasa

Es Timun Melon untuk Takjil

Bahan-bahan:

1 buah timun, serut
1 gelas nata decoco
Melon secukupnya, serut
Biji selasih secukupnya
Sirup melon secukupnya
Es batu secukupnya

Cara Membuat:

Pertama, seduh selasih dengan air panas hingga benar-benar mengembang. Kemudian susun melon, timun dan nata decoco dalam gelas.

Lalu tambahkan es batu dan biji selasih. Setelah itu siram dengan sirup melon dan tambahkan air nata decoco. Tambahkan es batu dan es timun melon pun siap disajikan.

Sayur Asam untuk Buka Puasa

Bahan-bahan:

1/3 buah labu siam
1/4 buah pepaya muda
1 batang jagung
3 ikat kacang panjang
10 buah melinjo
1 genggam daun melinjo
2 buah asam jawa
1 ruas lengkuas geprek
1 lembar daun salam
1,2 liter air
1 sdt garam
2 sdt gula
2 buah asam jawa
1/2 sdt kaldu penyedap

Bumbu halus:

3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
5 cabai merah
1 butir kemiri
1/2 sdt terasi

Cara membuat:

Pertama cuci bersih bahan yang tadi sudah disiapkan dan potong sayuran sesuai selera. Kemudian didihkan air dan masukan jagung serta buah melinjo. Rebus kurang lebih 1 menit.

Lalu masukan bumbu halus kedalam rebusan. Tambahkan buah asam, lengkuas dan asam jawa. Tunggu hingga bumbu matang dan harum.

Masukkan labu siam dan pepaya muda. Masak hingga agak empuk. Kemudian masukkan gula, garam dan penyedap rasa.

Setelah itu masukkan kacang panjang dan masak sebentar lalu tambahkan daun melinjo. Masak hingga matang. Setelah matang, matikan api dan sajikan dalam wadah. Sayur asam pun siap disantap.

Buncis Asam Manis untuk Sahur

Bahan-bahan:

1/2 kg kacang buncis
30 gram asam jawa, larutkan dengan 100 ml air
2-3 sdm gula pasir
5 siung bawang putih, iris tipis
1/2 sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Pertama, bersihkan dan buang kedua ujung buncis lalu potong-potong memanjang sesuai selera. Belah dua buncis yang sudah dipotong tapi jangan sampai putus.

Kemudian tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan buncis dan masak hingga buncis layu. Tuang air asam jawa, garam dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.

Tutup wajan dan sesekali aduk agar tidak gosong dan buncis benar-benar matang merata. Setelah matang, matikan kompor dan sajikan.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Hari Pertama Mudah dan Praktis untuk Keluarga

Nah, itu tadi makanan buka puasa sederhana namun tetap menggugah selera dan membuat semangat untuk menjalan ibadah puasa di esok hari bertambah.

Share.

Leave A Reply