RANCAH POST – Sekarang ini kita telah memasuki puasa Ramadhan di hari pertama. Setelah satu tahun lamanya dinanti-nanti akhirnya datang juga.

Banyak orang yang begitu bersuka cita menunggu-nunggu kedatangan bulan penuh berkah dan rahmat ini.

Selain ditunggu-tunggu karena mendatangkan banyak keberkahan, yang paling ditunggu-tunggu dari bulan Ramadhan ini adalah menu buka puasa setiap harinya.

Setelah seharian penuh menahan lapar dan haus, tentunya saat adzan maghrib tiba ingin berbuka dengan yang segar dan mengenyangkan.

Namun seringkali para ibu kebingungan akan memasak menu makanan apa untuk keluarganya nanti hingga akhirnya yang dimasak itu-itu saja.

Untuk itu, kali ini Rancah Post akan memberikan menu buka puasa hari pertama sebagai refenrensi menu masakan siapa tahu keluarga suka.

Tak hanya menu makanan yang berat, tapi kami juga akan memberikan resep takjil menyegarkan untuk melepas dahaga usai berpuasa.

Oke langsung saja simak menu buka puasa sederhana dan praktis berikut ini untuk sajian berbuka nanti bersama keluarga tercinta.

Menu Buka Puasa

Resep Sop Buah untuk Takjil

Bahan-bahan:

Jelly atau agar-agar jadi, secukupnya
Alpukat, potong dadu
Semangka merah, potong dadu
Strawberry, potong jadi 4
Nanas, potong dadu
Melon, potong dadu
Kelengkeng, buang bijinya
Pepaya, potong dadu
Mangga, potong dadu
Anggur, belah dua
1 gelas air matang
5 sdm sirup coco pandan
1 sachet susu kental manis putih
Es serut secukupnya

Cara Membuat:

Pertama, siapkan mangkuk saji berukuran sedang dan masukan semua buah yang tadi sudah dipotong. Kemudian campurkan segelas air dan susu kental manis, aduk rata.

Setelah itu tuang air susu tadi kedalam mangkuk yang sudah berisi buah dan beri es serut secukupnya. Terakhir tuang sirup coco pandan secukupnya. Sop buah pun siap dinikmati.

Resep Capcay Kuah untuk Buka Puasa

Bahan-bahan:

Bunga kol 1 buah
Brokoli 1 buah
Sawi putih 1 ikat
Wortel 1 buah
Bakso sapi 3 buah, iris tipis
Bawang bombay 1 buah, iris halus
Bawang putih 3 siung, iris halus
Saus tiram 1 sdm
Tepung maizena 1 sdm
Merica bubuk 1/2 sdt
Gula pasir 1 sdt
Margarin 2 sdm
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya
Air 200 ml

Cara Membuat:

Pertama, cuci bersih semua sayuran kemudian potong-potong sesuai selera. Lalu siapkan penggorengan dan panaskan dengan api sedang.

Masukan margarin kemudian masukan bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga harum. Lalu tuang air dan tunggu hingga mendidih.

Setelah mendidih masukan sayuran dan tunggu hingga matang. Setelah itu masukan irisan bakso, saus tiram, garam, gula, merica bubuk, dan penyedap rasa. Aduk hingga tercampur rata.

Larutkan tepung maizena dengan 1 sendok makan air. Tuang larutan tepung tadi ke dalam masakan. Aduk hingga kuah mengental.

Setelah mengental, matikan apu dan taruh capcay kuah ke dalam wadah saji. Capcay kuah pun siap disantap saat buka puasa nanti.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Sederhana Rasa Istimewa, Resep Lodeh Nangka Muda

Nah itu tadi resep capcay kuah dan sop buah sebagai menu buka puasa di hari pertama nanti. Selamat mencoba dan selamat memasak.

Share.

Leave A Reply