Rabu, 8 Juli 2020
Beranda Lifestyle Travel Mengunjungi Batu Caves Temple Malaysia dan Patung Dewa Murugan

Mengunjungi Batu Caves Temple Malaysia dan Patung Dewa Murugan

RANCAH POST – Malaysia – negeri Jiran sekaligus negara tetangga yang sangat berdekatan ini acap kali menjadi target para wisatawan Indonesia yang ingin pergi berlibur ke luar negeri.

Mungkin sebagian dari kamu ketika mendengar Malaysia, pasti yang terbersit di benak kamu adalah tingginya menara kembar Petronas, atau spot foto I love KL yang kerap wara-wiri di media sosial.

Namun, Malaysia tak hanya sebatas itu, ada dua hal yang menjadi titik konsentrasi para wisatawan dan memiliki nilai filosofis tinggi, yakni Batu Caves dan Patung Dewa Murugan.

Tujuh belas kilometer dari Kuala Lumpur berdiri sebuah monumen yang tampaknya telah dibangun oleh para dewa sendiri – Gua Batu.

Baik keajaiban alam dan buatan manusia, monumen suci ini menggabungkan fitur menakjubkan dari gunung kapur Malaysia dan patung-patung agama dari kepercayaan Hindu.

Bila kamu tengah mengunjungi Malaysia, sempatkan lah diri kamu untuk menyambangi Batu Caves dan Patung Dewa Murugan.

Bila kamu ingin tahu apakah sebenarnya dua destinasi tersebut, artikel ini akan menjelaskan khusus untuk kamu yang ingin menyambanginya. Jangan lupa untuk pesan tiket pesawat ke Malaysia ya.

Lokasi
Batu Caves sendiri lokasinya di Distrik Gombak, 13 kilometer utara Kuala Lumpur, Malaysia

Jam Operasional
Batu Caves beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 9 malam setiap harinya.

Biaya Masuk Komplek Batu Caves
Temple Cave = gratis
Cave Villa, RM 15
Ramayana Cave, RM 5
Dark Cave, Tur Edukasi (dewasa RM 35, anak-anak RM 28)
Dark Cave, Tur Petualangan (dewasa RM 80, anak-anak RM 55, belum termasuk 6% GST)

Ada Apa Saja?

Patung Dewa Murugan
Batu Caves ini merupakan sebuah destinasi kuil Hindu terpopuler di luar India. Sebelum kamu masuk ke kawasan Batu Caves, pandangan kamu akan tercuri oleh sebuah patung setinggi 42,7 meter yang menjulang tinggi dan menyambut kamu untuk masuk ke kawasan Batu Caves, Patung Dewa Murugan.

Patung Dewa Murugan
Patung Dewa Murugan. (IST/NET)

Murugan adalah dewa perang, digambarkan sebagai dewa berparas muda, mengendarai burung merak dan bersenjata tombak

Pembangunan patung Murugan ini menghabiskan biaya sekitar 24 juta Rupee, terbuat dari 1550 meter kubik beton, 250 ton baja bar dan 300 liter cat emas yang didatangkan dari Thailand. Patung ini diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun.

Batu Caves
Tepat di belakang Patung Dewa Murugan, terdapat 272 anak tangga yang terbilang curam untuk kamu menuju kuil, di situlah kamu akan memasuki kawasan Batu Caves.

Batu Caves
Batu Caves. (IST/NET)

Komplek Batu Caves terdapat tiga gua utama dan beberapa yang lebih kecil. Yang terbesar disebut Gua Katedral atau Gua Kuil, memiliki tinggi 100 m dan langit-langit berukir fitur kuil Hindu.

Ornamen gua yang penuh dengan patung-patung Hindu dan lukisan mengisahkan kemenangan Dewa Murugan. Sementara, Gua Ramayana terletak di sebelah kiri, ada patung Hanoman setinggi 15 meter.

Waktu Terbaik
Waktu terbaik untuk mengunjungi Batu Caves adalah ketika siang hari dan memasuki musim panas. Sehingga ketika kamu ingin berfoto, kamu mendapatkan cahaya yang cukup di luar hingga ketika masuk ke dalam kuilnya.

How to Get There?
Bila kamu dari bandara Kuala Lumpur International Airport dan ingin menuju Batu Caves, kamu dapat menggunakan KLIA Express Line menuju KL Sentral.

Setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan KTM Kommuter langsung menuju Batu Caves kurang lebih memakan waktu sekitar 40 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,383FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan