Dari Tugu Khatulistiwa, Tips Berwisata Keliling Kota Pontianak

Tips Berwisata Keliling Kota Pontianak
Koleksi dalam Kubah Tugu Khatulistiwa Pontianak. (IST/KEMDIKBUD)

RANCAH POST – Jika titik nol Indonesia ada di Pulau Sabang, penanda negara kepulauan ini berada di titik 0 derajatnya terletak di Kalimantan Barat.

Untuk kamu yang menyukai berburu landmark titik penanda, kini saatnya menuju Kota Pontianak tempat di mana Tugu Khatulistiwa berdiri dengan megahnya.

Ada beberapa objek wisata lainnya di dekat tugu yang terkenal ini, namun cari tahu dulu yuk apa saja jenis transportasi yang bisa memudahkan berwisata keliling kota Pontianak ini.

Yup, dengan sungai Kapuas yang membelah kota Pontianak, jenis transportasi yang bisa dipilih untuk berwisata pun semakin beragam.

Ada kendaraan yang memanfaatkan sungai, juga ada kendaraan di darat seperti rental mobil Pontianak yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan angkutan mulai dari travel, bisnis atau perjalanan personal.

Sebelum memutuskan untuk rental mobil Pontianak di rental mobil online, sebaiknya cari tahu juga alternatif kendaraan lain yang tersedia di Pontianak.

1. Angkutan Kota
Sebagai ibu kota propinsi, transportasi umum di Pontianak cukup mudah ditemui untuk berkeliling kota Pontianak. Dengan kisaran biaya antara 3 ribu hingga 7 ribu Rupiah, kamu cukup bertanya berapa yang perlu dibayar kepada bapak supir setelah menempuh berapa jauh perjalananmu.

Satu yang perlu diingat, pintu kabin penumpang angkutan kota yang dikenal dengan nama oplet ini berada di bagian belakang ya. Tidak perlu bingung cara menaiki kendaraan khas Pontianak ini.

2. Bus Kota
Berbeda dengan oplet, Bus Kota hanya melayani jalur-jalur tertentu saja di kota Pontianak.

Jumlahnya juga tidak terlalu banyak di dalam kota sehingga ada jangka waktu yang cukup banyak disiapkan untuk menunggu di halte bus sebelum menuju ke objek wisata selanjutnya.

3. Taksi
Alternatif kendaraan umum lainnya untuk berwisata keliling Pontianak seperti taksi lebih susah lagi ditemui kecuali di Bandara Supadio.

Jika ada yang dapat melayani, biasanya memilih tidak menggunakan argo saat mengantar penumpang. Harga total perjalanan yang dikeluarkan bisa jadi seimbang dengan rental mobil di Pontianak.

4. Pelampong
Sedikit informasi tambahan tentang moda transportasi terkenal di Pontianak ada Pelampong. Ini merupakan kapal penyeberangan yang biasa digunakan penduduk Pontianak untuk menyeberangi sungai Kapuas.

Kalau kamu ingin melihat Tugu Khatulistiwa atau ke Singkawang lewat darat dengan sewa mobil tentu akan menaiki Pelampong ini. Biaya yang perlu dikeluarkan saat memanfaatkan pelampong cukup bervariasi mulai dari Rp1.400 hingga Rp15.200 saja.

5. Rental Mobil
Seiring dengan perkembangan zaman, kota Pontianak pun terbuka menerima kehadiran rental mobil online. Alternatif terbaru moda transportasi untuk berkeliling kota ini dirasa sangat efektif bagi penyedia jasa wisata di Pontianak.

Jarak objek wisata yang cukup jauh satu sama lain tentu akan menghabiskan biaya dan waktu yang banyak jika tidak membawa kendaraan sendiri.

Nah, rental mobil Pontianak dapat membantu mengantarkan wisatawan sekaligus barang bawaannya dari satu ke tempat lain dengan mudah.

Kemudahan rental mobil Pontianak ini menjadi idola baru berwisata karena harga rental mobil online bisa dialokasikan dalam anggaran sebelum berangkat ke Pontianak.

Kamu bisa melihat pilihan mobil yang tersedia di menu rental mobil Pontianak melalui aplikasi layanan travel online di Traveloka.

Berbagai pilihan kendaraan yang tersedia di aplikasi tersebut dapat menyesuaikan dengan kebutuhan jumlah penumpang atau harga yang sudah kamu anggarkan.

Mulai dari jenis mini MPV dengan harga Rp360.000 per hari hingga kendaraan yang berbadan lebih besar seperti mini bus bisa disewa dengan harga Rp1.323.000.

Ingin berwisata dengan sewa mobil SUV di Pontianak juga tersedia pilihan kendaraannya lho. Kamu bisa menyewanya dengan harga mulai dari Rp1.470.000 per harinya.

Sangat disarankan untuk menggunakan rental mobil Pontianak beserta dengan sopirnya, sehingga kamu tidak perlu dipusingkan memikirkan rute perjalanan.

Ingin keliling lebih jauh lagi mengunjungi Cagar Budaya Kawasan Tradisional Rumah Marga “Tjhia” hingga berbelanja oleh-oleh khas Kalimantan Barat, cukup rental mobil Pontianak saja.

Duduk, dan nikmati perjalanannya melihat pesona alam Pontianak dari balik jendela.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama