10 Tips Cerdas Untuk Traveling Sendirian

10 Tips Cerdas Untuk Traveling Sendirian
Ilustrasi. (IST/NET)

RANCAH POST – Liburan sendirian bukan berarti tidak bisa fun loh! Liburan sendirian justru bikin Anda lebih fokus sama keinginan, mengenal diri sendiri, mandiri, dan menambah ilmu.

Selain diperlukan “bakat” mencari tiket pesawat, liburan sendirian cukup tricky karena Anda hanya mengandalkan diri Anda sendiri selama berada di destinasi liburan.

Nah, berikut ini adalah tips traveling sendirian yang bisa Anda terapkan!

1. Kirim foto identitas dan dokumen penting pribadi
Data foto paspor, KTP, SIM, dan kartu asuransi Anda sebaiknya dikirim juga ke email pribadi dan salah satu anggota keluarga.

Jika data-data tersebut hilang, foto-foto tersebut dapat membantu berbagai proses yang ada. Ini penting sekali untuk keamanan dan kenyamanan Anda selama liburan.

2. Beri tahu informasi liburan lengkap kepada keluarga atau orang terdekat
Untuk keamanan lebih, beri tahu kota tujuan, tempat tinggal, dan jadwal berkunjung Anda ke orang-orang terdekat dan tetap berkomunikasi dengan mereka.

Hal ini penting agar mereka tahu secara detail keberadaan Anda.

3. Packing pakaian dengan cerdas
Cari tahu pakaian yang sesuai dengan destinasi liburan yang dituju. Sebaiknya, sesuaikan outfit dengan penduduk lokal agar tidak merasa asing sendiri.

Tinggalkan semua pakaian menyolok, terlalu terbuka, atau terlihat terlalu mewah jika destinasi tujuan Anda bersifat modest dan membumi.

Pilih pakaian-pakaian yang simple, nyaman, dan mudah dipadupadankan satu sama lain agar Anda tidak membawa baju terlalu banyak dan memberatkan.

4. Cari tahu informasi terkini tentang destinasi liburan
Jika Anda ingin tetap aman selama berlibur, selalu baca berita-berita terkini tentang kota atau negara yang akan Anda kunjungi.

Dengan begitu, Anda akan tahu seandainya ada konflik atau cuaca esktrim yang melanda daerah tersebut.

Pasti Anda tidak mau kan tiba-tiba terjebak dalam situasi sulit dan membahayakan?

5. Kumpulkan banyak informasi dari resepsionis atau pemilik hostel
Berbincang-bincanglah dengan mereka agar Anda dapat informasi yang berguna untuk liburan Anda. Mereka bisa memberikan peta dan rekomendasi tempat-tempat yang seru untuk dikunjungi.

Para staff di information desk dan pemilik penginapan juga akan senantiasa memberi saran tentang tempat-tempat berbahaya dan tips agar Anda selalu aman selama berlibur.

Pelajari informasi tersebut agar liburan Anda jauh dari kesan yang tidak menyenangkan.

6. Bawa selalu brosur atau kartu nama tempat Anda menginap
Langkah ini dapat membantu Anda agar tidak tersesat atau salah alamat penginapan. Terkadang, nama penginapan ada yang mirip dan memiliki cabang dengan lokasi yang berbeda-beda.

Jika supir kendaraan Anda tidak bertanya detail, bisa saja Anda dibawa ke lokasi penginapan yang salah. Buang waktu, tenaga, dan uang kan jadinya?

7. Percaya diri
Berjalanlah dengan mantap, waspada, dan selalu berpikir positif. Jika Anda terlihat bingung, Anda bisa menjadi sasaran orang-orang jahat yang memerhatikan Anda.

Sebisa mungkin hindari tempat-tempat sepi dan mencurigakan agar Anda tidak terjebak.

8. Waspada ketka menaiki kendaraan umum
Sebelum Anda naik ke transportasi umum seperti bus atau kereta, pastikan Anda tidak menaruh uang atau dompet di dalam kantung belakang.

Selain itu, tutup zipper tas dengan rapat dan jangan lalai dengan barang bawaan. Jika Anda mengenakan backpack, pindahkan ke bagian depan dulu agar tas Anda tetap aman.

9. Jangan jalan-jalan sambil memakai earphone
Jalan-jalan sambil mendengarkan lagu favorit memang asyik, tapi sebenarnya kurang disarankan apalagi jika Anda liburan sendirian.

Ketika menggunakan earphone, Anda cenderung kurang peka terhadap lingkungan sekitar dan lalu lintas di jalan sehingga dapat membahayakan keselamatan Anda.

10. Pelajari bahasa lokal
Jika Anda berlibur ke tempat-tempat asing yang tidak biasa menggunakan bahasa Inggris, sebaiknya pelajari bahasa lokal terutama kalimat-kalimat basic.

Siapkan juga kamus percapakan kecil yang banyak ditemukan agar Anda tidak mati gaya ketika harus berinteraksi di toko, restoran, fasilitas publik, dan lain sebagainya.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama