25.3 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro Tanpa Aplikasi dan Dengan...

Cara Screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

RANCAH POST – Cara screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro dipastikan tidaklah jauh berbeda dengan smartphone Oppo generasi sebelumnya, bahkan lebih mudah dan cepat.

Smartphone Realme 2 dan Realme 2 Pro sendiri resmi diperkenalkan ke publik Indonesia pada acara peluncuran yang berlangsung di Grand Hyatt, Jakarta, pada Selasa (9/10) lalu.

Realme 2 dan Realme 2 Pro resmi bertarung di sengitnya pasar ponsel Indonesia. Harga yang relatif ramah dikantong menjadi senjata Realme menghadapi persaingan para kompetitornya.

Seperti diketahui, Realme 2 memiliki tampilan yang hampir mirip dengan pendahulunya, dimana terdapat pola yang menyerupai potongan berlian pada casing belakang.

Layarnya, yang berukuran 6,2 inci dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass. Resolusi layar Realme 2 sudah HD+ dengan aspek rasio 18:9.

Namun jika dilihat dari depan, tampak sebuah perbedaan yang cukup signifikan, dimana smartphone ini hadir dengan mengusung layar berponi sementara Realme 1 menggunakan layar tanpa poni.

Selain itu, Realme 2 mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dari Realme 1, termasuk menghadirkan kamera utama berlensa ganda, diotaki prosessor Qualcomm Snapdragon 450.

Beralih ke Realme 2 Pro, ponsel ini hadir dengan bentangan layar 6.3 inci yang mengusung resolusi Full HD+ dan rasio screen-to-body mencapai 90.8%. Pada bagian atasnya terdapat notch seperti tetesan air seperti sudah kita lihat di Oppo F9.

Dapur pacunya ditenagai prosesor Snapdagon 660 dengan GPU Adreno 512. Realme 2 Pro hadir dalam tiga konfigurasi RAM dan ROM, yakni 4GB + 64GB, 6GB + 64GB, dan 8GB + 128GB.

Realme 2 Pro punya dua kamera ganda di bagian belakang. Kamera utamanya 16MP dengan sensor Sony IMX398, aperture f/1.7, dual pixel focus dan EIS. Sementara kamera kedua berukuran 2 MP dengan aperture f/2.4.

Untuk kamera depannya berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0. Oppo melengkapi kamera Realme 2 Pro dengan teknologi AI scene recognition, AI beautification, AI album dan AR sticker.

Nah, dibalik kehadirannya ini juga ternyata membawa beberapa pertanyaan. Dan salah satunya adalah mengenai bagaimana cara screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro yang paling mudah dan praktis.

Mau tau seperti apa cara screenshot layar Realme 2 dan Realme 2 Pro? Berikut langkah-langkahnya!

Cara Screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro

1. Cara screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro dengan tombol fisik

Cara yang satu ini merupakan cara yang sangat paling familiar khususnya di kalangan para pengguna hp Android.

Untuk cara screenshot hp Realme 2 dan Realme 2 Pro dengan tombol fisik ini akan menggunakan dua tombol fisik utama di bagian sisi kanan dan sisi kiri perangkat.

Tombol tersebut tidak lain adalah tombol power yang digunakan untuk mengunci layar, mematikan dan menghidupkan ponsel yang berada disisi kanan perangkat. Serta tombol volume (-) yang posisinya berada di bagian sisi kiri perangkat.

Cara Screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro Tanpa Aplikasi
Cara screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro. (IST/NET)

Untuk mengambil gambar screenshot layar Realme 2 dan Realme 2 Pro, cukup arahkan tampilan layar ke posisi yang ingin diambil screenshot-nya. Kemudian tekan tombol power dan tombol volume (-) secara bersamaan selama kurang lebih 2 detik.

Jika screenshot berhasil, akan muncul bunyi shutter dan hasilnya bisa langsung Anda cek di galeri.

2. Cara screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro tanpa tombol fisik

1. Pertama, untuk bisa menggunkan fitur ini, Anda terlebih dahulu harus masuk menu atau aplikasi “Settings“.

2. Setelah masuk pada menu “Settings“, Anda dapat menuju menu “Gesture and Motion“.

3. Pada halaman “Gesture and Motion“, Anda harus mengaktifkan fitur Gesture Screenshot yang hadir di dalam menu “Quick Gesture“.

4. Setelah fitur aktif maka Anda tinggal menentukan area yang akan di-screenshot.

5. Selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan swipe atau sapuan 3 jari dari bagian atas ke bawah layar.

6. Seperti biasanya, suara shutter yang berbunyi dan layar berkedip akan menandakan bahwa screenshot berhasil diambil. Hasil screenshot itu dapat dilihat langsung di folder Galeri.

Demikian dua cara screenshot Realme 2 dan Realme 2 Pro tanpa tombol fisik dengan tiga jari maupun dengan bantuan tombol fisik yang ada pada perangkat.

Mudah dan cukup menarik bukan? Anda bisa melakukan screenshot tanpa atau dengan tombol fisik. Pilihlah yang menurut Anda mudah untuk dilakukan.

Stay Connected

105,326FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here