Maknyus! Inilah Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Pekanbaru

Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Pekanbaru
Wisata kuliner legendaris di Pekanbaru. (BERITAENAM)

RANCAH POST – Berkunjung ke sebuah kota, rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut.

Selain bisa memanjakan lidah, berwisata kuliner juga bisa menambah wawasan tentang warisan budaya yang diturunkan dari leluhur.

Jika Anda kebetulan melancong ke Pekanbaru, berikut adalah tiga tempat kuliner legendaris yang patut dicoba.

1. Kedai Kopi Kim Teng
Saat Anda bertanya kepada masyarakat Pekanbaru, rekomendasi tempat wisata kuliner apa yang wajib dicoba di kota tersebut. Mereka pasti menjawab, “Sudah coba Kim Teng?”.

Kedai kopi ini memang sangat legendaris di Pekanbaru. Berdiri sejak tahun 1950-an, Kim Teng tersohor dengan sajian kopinya yang nikmat. Di kedai ini, pembeli umumnya memesan kopi o, racikan kopi dan susu.

Untuk menjaga kualitas rasa, pemilik kedai memakai kopi Arabica yang berasal dari wilayah Jambi. Mereka juga memanggang biji kopi itu sendiri, agar rasanya semakin mantap.

Selain menjual kopi susu, kedai ini juga terkenal dengan roti bakar srikayanya. Tertarik untuk mencicipi kuliner legendaris di Kim Teng?

Kedai kopi ini bisa Anda temukan di Jalan Senapelan 22, dekat dengan Pasar Bawah. Kim Teng buka dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Untuk segelas kopi susu, Anda hanya perlu membayar Rp8.000, sedangkan roti bakar srikayanya dibanderol Rp9.000 per potong.

2. Warung Mak Cuik
Seperti halnya Kedai Kopi Kim Teng, warung ini juga merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Pekanbaru.

Jika dilihat dari luar, warung ini memang tampak sangat sederhana. Namun soal rasa makanan jangan ditanya, banyak sekali pelancong yang menyempatkan diri untuk mencicipi hidangan khas Mak Cuik.

Bahkan, warung tersebut sudah sering diliput media. Almarhum Bondan Winarno, seorang pakar kuliner terkemuka di Indonesia, juga sudah mampir ke warung ini dan membuktikan kelezatan hidangan Mak Cuik.

Usut punya usut, Warung Mak Cuik ternyata sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Tempat makan ini dirintis oleh Sari Banun, yang ketika itu berasal dari Batu Sangkar.

Menu andalan di warung ini adalah gulai kepala baung. Baung merupakan jenis ikan air tawar yang menjadi favorit warga Riau.

Ikan ini banyak ditemukan di rawa atau sungai di Sumatera. Daging ikan ini sangat lembut dan berwarna putih. Selain digulai, baung juga sering dimasak asam pedas.

3. Sop Tunjang Pertama
Sop tunjang adalah salah satu makanan khas di Pekanbaru. Anda bisa menemukan menu ini di kedai mana pun di kota tersebut.

Namun ada satu kedai yang paling terkenal, yakni Sop Tunjang Pertama. Kedai ini bertempat di Jalan Pinang nomor 36, Pekanbaru. Saking larisnya, pemilik kedai ini sudah membuka enam cabang yang tersebar di seluruh Provinsi Riau.

Sop ini memiliki cita rasa gurih dan kaya rempah. Banyak yang mengatakan jika sajian berkuah tersebut mirip dengan rasa tengkleng.

Tunjang sendiri sebetulnya adalah bagian dari kaki sapi. Namun, banyak orang yang mengira kalau itu adalah iga sapi. Selain terkenal dengan sopnya, kedai ini juga memiliki racikan sambal hijau yang maknyus.

Sambal yang diracik sendiri itu tersohor dengan rasa pedasnya yang luar biasa. Untuk seporsi nasi dan sop tunjang, harganya sekitar Rp20.000.

Agar momen wisata kuliner Anda di Pekanbaru tidak terganggu oleh kondisi fisik yang kelelahan, tentunya dibutuhkan tempat menginap yang nyaman.

Airy Rooms memiliki rekomendasi hotel murah di Pekanbaru dengan fasilitas lengkap. Tingkat kenyamanan pelanggan akan selalu menjadi prioritas utama Airy Rooms.

Hotel Murah di Pekanbaru Airy Rooms
Hotel murah di Pekanbaru. (NET/IST)

Setiap kamar akan dilengkapi dengan tujuh fasilitas utama, seperti televisi layar datar, alat mandi, kasur yang nyaman dan bersih, shower dengan pilihan air hangat, akses WiFi gratis, pendingin ruangan (AC), dan persediaan air minum gratis.

Setelah puas berwisata kuliner di Pekanbaru, Anda juga bisa menikmati pemandangan di Bukittinggi yang berada dekat dengan Riau sembari menikmati makanan Padang di negerinya. Tenang saja, Anda dapat menemukan penginapan murah di Bukittinggi.

BACA JUGA: Tradisi Berpadu Kuliner di 5 Restoran Unik Malang Ini

Yuk liburan dulu! Kapan aja bisa liburan murah dengan Airy.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama