Cara Merawat Rambut Yang Pernah Diwarnai

Cara Merawat Rambut Yang Pernah Diwarnai
Cara Merawat Rambut Yang Pernah Diwarnai

RANCAH POST – Kondisi rambut yang telah diwarnai tentu berbeda dengan yang belum pernah sama sekali. Bahan pewarna rambut ini memiliki efek samping yang memengaruhi kesehatan rambut Anda.

Walaupun rambut nampak menarik karena efek warnanya namun penggunaan dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai masalah rambut.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali jika ingin mewarnai rambut. Jika kondisi rambut sudah terlanjur diwarnai tentu Anda mesti melakukan perawatan khusus.

Mulai dari memilih shampoo dan aneka produk perawatan rambut lainnya mesti Anda perhatikan dan pilih secara khusus.

Pasalnya kondisi rambut yang pernah diwarnai berbeda dengan rambut yang masih virgin. Ia lebih mudah rapuh karena paparan bahan kimia yang ada di dalamnya.

Jika salah memilih perawatan tentu saja efeknya akan menyebabkan rambut kering dan rusak parah.

Berikut beberapa cara mudah dalam merawat rambut yang pernah diwarnai.

Cara Merawat Rambut Yang Pernah Diwarnai

1. Kurangi penggunaan produk styling rambut
Untuk sementara kurangi penggunaan produk styling rambut. Misalnya hair spray, pelurus, pengeriting, dan pengering rambut.

Pasalnya produk-produk tersebut akan memperparah kondisi rambut Anda dan membuatnya nampak makin kering.

Jika Anda tidak bisa menghindari produk styling tersebut minimalnya kurangi intensitas penggunaannya agar rambut tidak semakin rusak.

2. Rawat rambut dengan masker
Jangan lupa menggunakan masker rambut seminggu sekali untuk rambut yang diwarnai. Perawatan mingguan ini wajib Anda lakukan untuk mempertahankan kelembapan rambut nada.

Selain itu masker tersebut juga berfungsi memberikan nutrisi agar rambut tetap sehat kendati terpapar zat kimia bahan pewarna.

Anda bisa menggunakan masker yang dijual di pasaran atau membuatnya dengan bahan-bahan alami.

3. Gunakan serum rambut
Setelah keramas gunakan serum rambut. Fungsi serum rambut ini bermanfaat untuk memperbaiki kondisi rambut karena di dalamnya terkandung vitamin yang baik untuk merawat kesehatan rambut.

Selain itu serum juga efektif mengembalikan kelembapan rambut secara alami. Gunakan serum ketika rambut masih setengah kering agar kandungannya meresap sempurna ke dalam folikel rambut.

4. Gunakan kondisioner
Kondisioner bermanfaat melindungi batang rambut agar senantiasa kering dan tetap lembab. Namun kondisioner tidak boleh diaplikasikan pada akar rambut atau kulit kepala karena akan menyebabkan ketombe.

Aplikasikan pada permukaan rambut saja setelah keramas. Jangan lupa rutin menggunakan kondisioner agar kondisi rambut yang diwarnai tetap sehat.

5. Gunakan shampoo khusus
Rambut yang telah diwarnai memerlukan perawatan spesifik termasuk untuk urusan shampoo. Maka dari itu pilihlah shampoo dengan formula khusus yang aman untuk rambut tersebut.

Jangan gunakan shampoo khusus anti ketombe karena memiliki zat kimia cukup keras sehingga efeknya makin memperparah kondisi rambut Anda.

Selain itu jangan mencuci rambut dengan air hangat karena akan membuka kutikula rambut dan mengurangi kelembapan alaminya.

Jadi tidak perlu bingung lagi jika mencari cara perawatan rambut yang pernah diwarnai.

Cara di atas bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama