RANCAH POST – Infused water adalah air yang dicampuri dengan potongan buah, sayur atau bahan herbal lainnya. Tujuan dicampurkanknya buah, sayur atau bahan herbal lainnya adalah untuk mendapatkan sari dari bahan bahan campuran tersebut. Cara membuat infused water sangatlah simpel, yaitu dengan merendam bahan seperti buah, sayur dan bahan herbal tersebut. Cara perendaman bahan tersebut bisa membuat sari buah, sayur atau bahan herbal lainnya larut ke dalam air.

Untuk mendapatkan larutan sari yang lebih banyak maka lakukan perendaman yang lama dan saat perendaman lebih baik campuran air dan bahan tersebut ditutup, ini bertujuan agar campuran air tersebut tidak terkontaminasi oleh udara luar. Karena jika air tersebut terkontaminasi dengan udara luar yang mungkin kotor bisa membuat infused water tersebut berkurang fungsinya, karena bisa jadi ada kuman yang telah masuk ked alam campuran air dengan  sayur, buah atau bahan herbal tersebut.

Cara membuat infused water ada yang menggunakan satu bahan campuran dan ada juga yang menggunakan beberapa kombinasi bahan campuran. Cara membuat infused water yang hanya menggunakan satu bahan adalah sebagai berikut.

Infused water lemon
Siapkan 2 buah lemon dan air sebanyak 200 ml, lalu bersihkan buah lemon tersebut dari kulitnya dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Setelah itu baru masukan potongan buah lemon tersebut ke dalam air tanpa harus diperas terlebih dahulu.

Infused water strawberry
Selain buah lemon strawberry juga merupakan buah yang bisa dijadikan sebagai campuran pada infused water. Cara membuat infused water dengan bahan strawberry adalah dengan menyiapkan 5 buah strawberry segar lalu cuci bersih, setelah itu potong kecil kecil dan masukan ke dalam air sebanyak 200 ml. Waktu perendaman buah strawberry ini lebih lama jika dibandingkan dengan perendaman buah lemon.

Infused water belimbing
Buah dengan bentuk yang menarik ini juga bisa digunakan untuk campuran infused water, untuk cara membuat infused water dari buah belimbing sama dengan pembuatan infused water strawberry dan infused water lemon, hanya saja buah yang dibutuhkan hanya satu karena ukuran buah belimbing yang cukup besar. Infused water belimbing ini mengandung kalori yang sangat rendah.

Infused water timun
Buah timun selain banyak digunakan untuk lalapan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran infused water. Infused water dari bahan campuran buah timun akan menghasilkan rasa yang sangat segar. Cara membuat infused water timun adalah dengan memotong tipis buah timun lalu memasukkannya ke dalam air putih dan diamkan untuk melarutkan sari buah timun.

Selain beberapa cara membuat infused water di atas sebenarnya buah campuran yang bisa digunakan untuk dijadikan infused water sangat beragam. Selain macam macam buah yang beragam ada juga bahan herbal lainnya yang dapat digunakan untuk bahan campuran infused water. Bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk infused water contohnya adalah daun mint dan kayu manis. Cara membuat infused water dari bahan herbal tersebut adalah sama dengan cara membuat infused water dengan bahan campuran buah-buahan.

Untuk mendapatkan khasiat dan rasa yang beragam Anda bisa mencampurkan buah-buahan dengan bahan herbal tersebut. Cara membuat infused water dari kombinasi 2 bahan antara lain sebagai berikut di bawah ini.

Daun mint dan timun
Cara membuat infused water dengan bahan ini sama dengan membuat infused water dengan lain. kombinasi dari daun mint dan mentimun akan menghasilkan rasa segar dari timun dan semriwing dari daun mint.

Kayu manis dan apel
Cara membuat infused water dari kedua bahan tersebut sangat cocok dibuat saat musim hujan karena rasa dapat memperhangat tubuh.

Beberapa contoh bahan yang digunakan sebagai cara membuat infused water di atas hanyalah segelintir contoh bahan yang bisa digunakan untuk campuran infused water.

Share.

Leave A Reply