Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Tempat Wisata Kuliner Khas Solo Yang Wajib Anda Coba

Tempat Wisata Kuliner Khas Solo Yang Wajib Anda Coba

RANCAH POST – Solo adalah daerah kesultanan yang pada jaman dahulu memang sangat dipertimbangkan oleh daerah-daerah lain tentang kewibawaannya, dan merupakan saudara dekat dari Kasultanan Hameng Kubuwono dari Yogyakarta. Akan tetapi sekarang kota Solo tak kalah wibawanya dibandingkan dengan kota Yogyakarta.

Selain memiliki tempat wisata yang menarik, Solo juga memiliki banyak jenis masakan khas yang tak kalah enaknya dengan makanan khas dari daerah lain di sekitarnya. Jika Anda berlibur ke Solo, Anda harus mencoba makanan khas yang ada di Kota ini. Disamping rasanya yang nikmat, cara penyajiannya juga sangat unik sehingga akan membuat Anda ketagihan.

Berikut ini beberapa wisata kuliner di Solo yang patut untuk Anda coba.

Timlo Sastro Resto
Jika Anda berwisata kuliner di Jogja yang merupakan saudara dekat dari kota Solo, makan Anda akan menjumpai makanan khasnya seperti gudeg. Dan di Solo Anda akan menjumpai makanan khas yang sudah menjadi makanan wajib di Solo yaitu timlo.

Mungkin Anda yang belum pernah menjumpai makanan ini masih bingung dengan bentuk dan rasanya seperti apa. Perlu Anda ketahui bahwa timlo adalah makanan seperti sop kaldu ayam yang di dalamnya berisi ati empal, kentang, wortel, daging ayam dan sosis Solo.

Sup ini biasanya disajikan dengan nasi dan kerupuk kulit untuk menyantapnya. Menurut sejarah, timlo ini sudah ada dan populer sejak tahun 1952 dan menjadi makanan favorit pada kala itu.

Roemahkoe Resto
Di resto ini menyediakan makanan yang bernuansa Jawa yang sangat terkenal dan lezat yaitu seperti salah satu makanan khas rakyat Jawa ini adalah nasi jemblung. Pada jaman dulu, ini merupakan makanan yang hanya dimakan oleh keluarga kerajaan saja. Dan sekarang makanan ini menjadi salah satu favorit dari makanan khas dari kota Solo.

Nasi jemblung biasanya disajikan dengan lidah sapi yang sudah dimasak semur. Dalam penyajiannya makanan ini sangat unik yang hampir menyerupai cincin. Nasi dibentuk membundar seperti cincin kemudian lidah sapinya diletakkan di tengah nasi cincin tersebut kemudian dilengkapi dengan sambal terasi, mentimun yang diiris tipis-tipis dan juga kerupuk kulit yang gurih.

Tak hanya itu saja, untuk cuci mulut Anda juga dapat memesan minuman cemol. Cemol yaitu minuman yang terbuat dari air jahe, serai, gula, kelapa muda, irisan roti dan kacang sangrai. Dan itu juga merupakan minuman istimewa dari kerajaan dahulu.

Balai Padi Resto
Makanan khas lain yang ada di Solo juga disajikan di Balai Padi Resto ini. Pada resto ini penyajian menu makanan khas tradisional dibedakan yaitu waktu siang dan malam. Pada siang hari sajian yang disediakan adalah seperti empal gepuk, tumis tahu, gulai kakap, dan oseng-oseng tempe pare. Untuk malam hari di resto padi ini hanya menyajikan menu laut seperti seafood dan minuman yang unik seperti minuman kelapa muda bakar yang dicampur dengan kayu manis, air jahe, cengkeh dan juga serai. Dan disajikan dengan batok kelapa untuk menyantapnya.

Selain dari 3 makanan khas wisata kuliner di Solo yang terdapat di atas, sebenarnya masih bayak menu-menu lain yang wajib Anda cicipi seperti serabi notosuman, mie toprak, wedang ronde, selat bestik, tengkleng, sate buntel tambak, bakso bakar dan juga es tentrem. Jika Anda berkunjung ke Solo jangan sampai tidak untuk mencicipinya. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda menentukan makanan khas Solo yang akan Anda coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,396FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan