RANCAH POST – Garut merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Letak kota Garut berbatasan langsung dengan beberapa kota lainnya seperti Bandung, Cianjur, Tasikmalaya dan memiliki pantai dengan batas Samudera Hindia. Garut dikenal memiliki makanan yang khas yaitu dodol, orang-orang mengenalnya dengan nama dodol Garut.

Selain itu Garut juga terkenal akan kerajinan kulitnya, beberapa sentra kerajinan kulit Garut sudah menembus pasar Internasional, dan hampir semuanya menguasai pasar lokal. Garut juga terkenal dengan domba aduannya. Namun yang akan diekspose kali ini bukan beberapa hal tersebut, melainkan objek wisata di Garut.

Kota Garut memiliki beberapa tempat wisata yang menarik dan menjadi destinasi wisata yang cukup diperhitungkan. Di bawah ini adalah beberapa objek wisata di Garut.

Paragliding Gunung Haruman
Gunung Haruman merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di Garut. Gunung ini berada di Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Di atas puncak gunung ini Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa, selain itu Anda juga dapat melakukan tracking atau bahkan melakukan olahraga Paragliding yang memang menjadi daya tarik utama dari Gunung Haruman.

Taman Satwa Cikembulan
Taman Satwa Cikembulan adalah sebuah kebun Binatang Mini yang terletak di Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora. Lokasi objek wisata di Garut ini sangat mudah dijangkau, yaitu melalui jalur Garut-Bandung kemudian masuk sekitar 2 KM. Taman Satwa Cikembulan menghadap langsung ke Gunung Haruman, sehingga selain melihat koleksi binatang di Taman Satwa ini, Anda juga disuguhkan panorama indah Gunung Haruman. Tiket masuk ke dalam area wisata ini juga cukup murah.

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang merupakan salah satu peninggalan Candi Hindu yang terletak di tengah Situ Cangkuang. Sehingga untuk mencapai area candi, Anda harus menyewa rakit untuk menyeberangi situ. Ini merupakan salah satu wisata budaya yang ada di kota Garut.

Situ Bagendit
Salah satu objek wisata di Garut yang cukup dikenal karena history adalah Situ Bagendit. Bahkan ini pernah beberapa kali diilustrasikan kembali di dalam televisi. Dibalik sisi sejarahnya yang luar biasa, Situ Bagendit juga menyuguhkan sebuah panorama alam yang sangat eksotik, Anda dapat mengelilingi danau/situ ini dengan menyewa rakit. Pemandangan di sekitar danau juga sangat indah dan memanjakan mata Anda.

Pemandian Air Panas Cipanas Garut
Salah satu objek wisata di Garut yang paling dikenal adalah pemandian Cipanas ini. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Garut, yaitu hanya sekitar 6 kilometer saja, perjalanan dari pusat kota Garut dapat ditempuh dengan lama perjalanan 15 menit saja. Tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati air panas dengan sejuta manfaatnya. Selain itu disini juga dapat dengan mudah ditemukan penginapan, melakukan hiking ditempat ini juga akan didukung spot alam yang indah dan sejuk. Saat Anda berkunjung ke area wisata Cipanas, Anda akan merasakan sebuah keasrian alam yang masih lestari dan terjaga dengan baik. Namun dengan fasilitas-fasilitas umum yang sudah dibangun yang dapat memudahkan segala aktifitas Anda.

Demikian adalah beberapa objek wisata di Garut. Masih banyak sekali objek wisata yang dapat Anda kunjungi di kota Garut. Jadi tunggu apalagi, ajaklah keluarga Anda untuk berlibur di kota Garut, jangan lupa untuk membeli kerajinan kulitnya yang terkenal. Bawakan juga dodol Garut sebagai oleh-olehnya. Selamat menikmati liburan dan semoga menyenangkan.

Share.

Leave A Reply