22 C
Ciamis
BerandaLifestyleTravelKeindahan Alam Air Terjun Coban Pelangi Malang

Keindahan Alam Air Terjun Coban Pelangi Malang

RANCAH POST – Bagi sebagian orang, nama Air Terjun Coban Pelangi ini mungkin masih sangat asing terdengar di telinga. Memang pada kenyataannya demikian, air terjun ini belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas. Air Terjun Coban Pelangi ini ada di kota Malang, tepatnya di Ds. Gubuk Klakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur.

Lokasi Air Terjun Coban Pelangi berada di dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Dengan demikian, air terjun ini dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Air Terjun Coban Pelangi berada di area pegunungan, yaitu berada pada ketinggian mencapai 1299,5 meter di atas permukaan air laut. Letaknya tepat di lereng gunung Semeru di sekitar jalan menuju desa Ngadas. Air terjun ini termasuk air terjun yang cukup tinggi, ketinggian air terjun ini mencapai lebih dari 100 meter.

Sedangkan mengenai nama dari air terjun ini, yaitu Coban pelangi, sebenarnya nama ini di ambil karena air terjun Coban pelangi ini sering membiaskan pelangi. Oleh alasan itulah orang-orang menamakan air terjun ini sebagai air terjun pelangi. Suhu udara di sekitar Air Terjun Coban Pelangi ini berkisar antara 19 hingga 23 derajat Celcius, memang cukup dingin karena letaknya yang berada di atas pegunungan.

Untuk dapat sampai ke Air Terjun Coban Pelangi ini, jika Anda memulai perjalanan Anda dari kota malang bagian timur, Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 32 kilometer. Sedangkan jika Anda dari desa Gubuk Klakah, Anda hanya tinggal melakukan perjalanan sepanjang 2 kilometer saja. Lokasi Air Terjun Coban Pelangi ini sangat eksotik, yaitu berada di pertigaan yang menjadi pemisah jalan menuju gunung Semeru dan Gunung Bromo. Apabila Anda sudah berada di desa gubuk Klakah, Anda akan menjumpai sebuah gapura besar bertuliskan Air Terjun Coban Pelangi. Memang wisata air terjun ini sangat di Andalkan di Desa Gubuk Klakah itu sendiri.

Banyak warga sekitar yang mendapatkan keuntungan dengan adanya Air Terjun Coban Pelangi ini. Banyak dari mereka yang berjualan makanan khas Malang, menjual oleh-oleh khas Malang, menjual aksesoris, menjadi Tour Guide dan lain sebagainya. Pemerintah kota Malang juga cukup tanggap dan peduli dalam mengembangkan wisata Air Terjun Coban Pelangi. Terbukti dengan termanajemennya setiap aktifitas di dalam area wisata. Selain itu, jalan menuju air terjun ini juga sudah cukup baik, dimudahkan dengan rute yang tidak berputar-putar.

Anda dapat menuju desa Gubuk Klakah dengan menggunakan kendaraan Anda, baik kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Namun untuk menuju Air Terjun Coban Pelangi, Anda harus berjalan kaki kurang lebih 1,5 kilometer. Sebenarnya jarak yang tidak terlalu jauh dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya.

Sebelum Anda memasuki area wisata Air Terjun Coban Pelangi, Anda akan dikenakan biaya akomodasi sebesar 3000 per orang, kemudian Anda akan dikenakan biaya parkir jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar 1000 rupiah dan 2000 rupiah jika Anda menggunakan kendaraan roda empat.

Demikian adalah beberapa informasi mengenai Air Terjun Coban Pelangi, air terjun ini sangat layak Anda kunjungi. Jadi apabila Anda berkunjung ke kota Malang, jangan melewatkan objek wisata Air Terjun yang satu ini. Yang harus Anda pikirkan saat ini adalah, waktu yang akan Anda gunakan untuk liburan, ajak keluarga dan orang-orang tercinta Anda untuk bersama-sama menikmati keindahan alam kota Malang yang berupa air terjun ini. Semoga informasi di atas menambah referensi liburan Anda. Selamat menikmati liburan Anda.

Stay Connected

104,871FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here