RANCAH POST – Samsung Galaxy Tab 3 V dan Asus Fonepad 7. Diantara kedua handset ini, saya yakin anda pasti akan kebingungan, jika diminta untuk memilih salah satunya. Bagaimana tidak, baik handset Fonepad 7 maupun Galaxy Tab 3 V sama-sama dirilis dan ditargetkan untuk kelas pasar sama, dengan harga yang cukup bersaing pula.

Namun, mengingat banyaknya varian dan versi dari handset Asus Fonepad 7 yang beredar saat ini, kita akan membandingkan handset Samsung Galaxy Tab 3 V ini dengan Asus Fonepad 7 bernomor seri FE375CXG yang dirilis pada akhir 2014 lalu, tepatnya pada bulan September 2014.

Asus Fonepad 7 ini sendiri bisa dikatakan hadir dengan spesifikasi yang cukup berbeda dengan versi sebelumnya, yang dirilis di akhir tahun 2013 silam. Malah terkesan lebih ringan dibanding sebelumnya.

Jadi, mari kita bandingkan saja, mana yang lebih garang, Galaxy Tab 3 V atau Fonepad 7 buatan Asus.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V vs Asus Fonepad 7

Dimulai dari Samsung Galaxy Tab 3 V, dimana handset ini hadir dengan layar berteknologi TFT capacitive touchscreen dengan bentang layar mencapai 7.0 inci, dengan resolusi 600 x 1240 piksel dan kepadatan layar mencapai 170 ppi. Tanpa perlindungan yang memadai, layar ini hanya dibalut dengan body berdimensi 193.4 x 116.4 x 9.7 mm dengan bobot mencapai 322 gram. Body dari handset Galaxy Tab 3 V ini sendiri bisa dikatakan kurang memuaskan, selain hadir dengan bezel yang terlalu lebar, desain body dari tablet Galaxy Tab 3 V ini cukup mirip atau sama dengan desain tablet Samsung sebelumnya.

Sementara itu, Asus Fonepad 7 hadir dengan layar berteknologi IPS LCD dengan bentang sama, 7 inci dan resolusi kelas HD 1280 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 216 ppi. Selain dilengkapi dengan fitur mutitouch yang mampu merespon hingga 10 sentuhan jari, layar ini juga dilindungi dengan pelindung layar Oleophobic coating. Dan dibalut dengan dimensi body sebesar 194.3 x 108.9 x 9.8 mm dengan bobot 299 gram.

Dari segi desain, handset Asus Fonepad 7 ini tampaknya lebih unggul dengan bezel lebih tipis dan rasio layar dengan body yang lebih tinggi sebesar 67,1%. Sementara bezel pada Samsung Galaxy Tab 3 V terkesan lebih tebal, dengan rasio 61,3% untuk perbandingan layar dan body.

Beralih ke sektor pacu, handset Samsung Tab 3 V ini ditenagai oleh CPU bertenaga Quad-core 1,3 GHz dengan dukungan RAM hingga 1GB. Handset ini juga menyediakan ruang simpan internal dengan kapasitas cukup lega mencapai 8GB dengan slot microSD berkapasitas maksimal 32 GB. Galaxy Tab 3 V ini berjalan dengan OS Android v4.4.4 KitKat sebagai OS utama.

Berbeda dengan Asus Fonepad 7 yang menggunakan chipset bertenaga Intel Atom Z3530 yang berisikan CPU Quad-core bertenaga 1,33 GHz yang didukung dengan GPU PowerVR G6430 dan kapasitas RAM mencapai 1GB. handset ini sendiri hadir dengan dua varian ruang simpan, sebesar 8 dan 16 GB. Serta ditenagai oleh OS Android v4.4.2 KitKat.

Untuk kamera, handset Samsung Galaxy Tab 3 V ini hadir dengan kamera utama dan kamera depan berlensa sama, dengan ukuran 2MP. Kamera ini sendiri dilengkapi dengan fitur Geo-tagging, dan memiliki kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 480@24fps.

Sementara Asus Fonepad 7 malah hadir dengan resolusi kamera yang lebih tinggi dengan 5 MP di bagian kamera utama dengan dilengkapi fitur Geo-tagging, touch focus, face detection serta kemampuan rekam video dengan kualitas 720p. Sementara kamera depannya diberi resolusi 2 MP.

Sedangkan di sektor konektifitas, kedua handset ini agaknya cukup bersaing, atau lebih tepat jika dikatakan setara. Keduanya sama-sama menggunakan teknologi GSM 2G dan 3G HSPA untuk jaringan mobile. Dengan fitur single-SIM pada Galaxy Tab 3 V dan fitur dual-SIM pada Fonepad 7. Dan untuk konektifitas lainnya, kedua handset ini sama-sama dilengkapi dengan teknologi terkini, mulai dari koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n lengkap dengan WiFI Direct dan Hotspot, Bluetooth v4.0, GPS dengan dukungan GLONASS, hingga microUSB v2.0 untuk transfer data.

Sementara di sisi baterai, handset Samsung Galaxy Tab 3 V dibekali dengan baterai Li-Ion berkapasitas 3600 mAh. Sementara Fonepad 7 FE375CXG diberi baterai bertipe Li-Po dengan kapasitas yang tidak diketahui (15 Wh).

Harga Samsung Galaxy Tab 3 V vs Asus Fonepad 7

Untuk masalah harga, sebagaimana situs Lazada Indonesia, handset Samsung Galaxy Tab 3 V dapat dibeli mulai harga Rp1.740.000. Sementara Asus Fonepad 7 FE375CXG dibanderol mulai harga Rp1.740.000.

Jika melihat spesifikasi dan detail yang ada, saya rasa handset Asus Fonepad 7 bisa dikatakan lebih unggul soal spesifikasi dan performa. Mulai dari layar berteknologi IPS LCD dengan resolusi lebih besar, prosesor bertenaga Intel, serta kapasitas simpan yang lebih beragam, dengan dua versi baik 8 maupun 16 GB. selain dari performa, handset ini juga unggul di sisi desain, terlebih dari ukuran bezelnya yang terbilang sangat tipis ketimbang Galaxy Tab 3 V. Terlebih dengan adanya kamera 5 MP di bagian utama, yang makin membanting saja handset Galaxy Tab 3 V ini di pasaran.

Share.

Leave A Reply