RANCAH POST – Apakah Anda pernah mendengar istilah Backpacker? Mungkin bagi Anda yang suka traveling tidak akan aneh lagi mendengar istilah ini. Backpacker merupakan kegiatan traveling dengan dana efisien dan kepuasan maksimal untuk tidur yang penting bisa merem, transport yang penting bisa nyampek, makan yang penting bisa kenyang serta pergi jalan-jalan ke tempat baru dengan menggendong tas ransel di punggung.

Pendapat lain menyatakan bahwa backpacker juga bisa berarti suatu perjalanan internasional maupun nasional secara independen. Menjadi seorang backpacker juga bisa disebut pengembara. Backpacker sendiri sekarang sudah menjadi sebuah  hobi baru, terutama bagi orang yang menginginkan sensasi baru dalam traveling secara individu. Memang seorang bacpaker itu bisa melakukan jalan-jalan dengan biaya yang relatif terjangkau dengan uang saku. Maka tak heran di Indonesia pun sekarang sudah menjadi trend.

Seorang backpacker harus menentukan semuanya sendiri, atau dengan kata lain hidup mandiri. Perencanaan dalam melakukan perjalanan seorang backpacker adalah wajib karena ini adalah titik awal dari semua petualangan di lokasi yang kemungkinan belum pernah dikenal oleh seorang backpacker. Persiapan yang matang tidak hanya memberikan latar belakang lokasi yang akan dituju akan tetapi juga bekal pengetahuan untuk menghadapi permasalahan yang kemungkinan terjadi atau dengan kata, sedia payung sebelum hujan.

Hal inilah yang harus diperhatikan bagi seorang backpacker sebelum memulai traveling-nya, seperti menentukan destinasi tempat atau negara yang akan dituju, Menentukan apa yang hendak dilakukan disana, mencari informasi tentang tempat yang dituju serta memperhatikan kehidupan mereka apakah tempat yang akan kita kunjungi itu aman atau sebaliknya.

Persyaratan administratif seperti adanya surat ijin atau paspor seperti bagaimana mengurus visa, bagaimana persyaratannya, perlu visa atau tidak dan sebagainya.

Mempertimbangkan kondisi alam, apakah tempat yang akan kita tuju itu sering terkena bencana, cuaca buruk atau sedang tejadi wabah penyakit di daerah atau negara tersebut. Kemudian untuk akomodasi atau tempat dimana kita akan tinggal dan menginap. Pertimbangkanlah bagaimana kondisi tempat atau penginapan tersebut. Berapa jauh dari pusat perbelanjaan, minimal untuk mencari makanan dan juga pastikan terdapatnya jaringan telepon tentunya untuk berkomunikasi.

Keuntungan menjadi seorang backpacker adalah tentunya kita mendapatkan banyak pengalaman dan lebih mengenal spot wisata di satu daerah, menambah banyak teman, sensasi berpetualang, jalan-jalan yang murah dan seolah mendapatkan tantangan dan rintangan yang tentunya sangat menyenangkan. Bagaimana? Tertarik Anda menjadi seorang backpacker sejati!

Share.

Leave A Reply