RANCAH POST – Model Taman Vertikal, terkadang seringkali kita terkendala dengan yang namanya masalah lahan, khususnya apabila Anda hendak membangun sebuah taman di depan rumah. Space rumah saja sudah banyak termakan oleh ruang-ruang di rumah itu sendiri. Namun sekarang sudah ada yang namanya taman vertikal, jadi lahan terbatas bukan lagi menjadi alasan bagi Anda untuk tidak dapat membangun rumah yang asri.

Anda dapat menyiasati pembangunan rumah yang asri dengan membuat sebuah kebun vertikal atau untuk istilah asingnya dikenal juga dengan nama Vertical garden. Model vertical garden ini memang sedang menjadi primadona dari masyarakat di negara Indonesia saat ini, terutama masyarakat di daerah perkotaan.

Untuk masyarakat daerah pedesaan masih jarang yang menggunakan vertical garden, dan memilih untuk membangun kebun biasa, karena tanah di daerah pedesaan memang masih murah harganya dan masih cukup lapang, sehingga tak masalah membangun taman biasa.

BACA JUGA : Contoh Perabotan Untuk Ruang Keluarga Berkonsep Minimalis

Model taman hias model vertikal ini dapat dibuat menggunakan model sederhana memakai tanaman di dalam pot dengan cara disusun ke atas dan bisa juga dengan memanfaatkan tanaman rambat pada bagian dinding rumah. Mari baca selengkapnya.

Manfaat dari membangun taman vertikal
Tentunya terdapat beragam manfaat dari Anda membangun taman modern vertikal, beberapa contoh manfaatnya misalnya lebih berhemat tempat.  Apabila Anda bandingkan dengan desain taman horizontal, tentunya space yang dihemat akan sangat berbeda. Juga, taman vertikal di hunian bisa membantu menahan panas dari luar rumah, meredam kebisingan, mengurangi terpaan air hujan, meningkatkan persediaan oksigen, juga mempercantik tampilan rumah Anda.

BACA JUGA : Tips Rumah Minimalis Sederhana Berkesan Indah

Selain itu perawatan kebun vertikal ini pun juga mudah, terutama untuk penempatan taman pada daerah yang langsung terkena paparan sinar matahari. Metode ini dilakukan supaya taman vertikal di rumah Anda benar-benar fresh dan tak cepat layu.

Model taman minimalis vertikal luar dan dalam rumah
Terdapat 2 jenis taman vertikal, Anda bisa memiliki taman minimalis vertikal untuk bagian eksterior rumah, namun ada juga yang memungkinkan Anda untuk membangun taman vertikal di interior rumah Anda.

Metode membangun taman vertikal minimalis di rumah Anda
Ketika hendak membuat sebuah taman vertikal, Anda akan membutuhkan beberapa media, seperti contohnya:

Rak
Dapat terbuat menggunakan bahan plastik atau logam supaya dapat menyangga pot tanaman Anda dengan tahan lama dan kuat. Media rak ini dibuat harus memakai rongga supaya air yang telah disemprotkan untuk menyiram tanaman di taman vertikal tersebut tak akan memenuhi rak dan tak akan terlihat berantakan.

Papan penyangga
Anda juga harus memperhatikan tentang papan penyangga ini. Anda dapat membuat papan penyangga dengan menggunakan lembaran papan yang berbahan PVC.

Pot
Anda dapat memakai media tanam dengan gaya hidroponik, di mana model media tanam seperti ini bisa diisi cocpeat, rumput laut, juga sekam bakar. Ketiga elemen tersebut memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan air melalui media tanam. Desain pot pun dapat menggunakan bahan planel, pralon, maupun modul plastik berlubang.

Tak hanya model atau desain yang akan Anda butuhkan dan perhatikan ketika hendak membuat sebuah taman vertikal, melainkan Anda juga harus memperhatikan tentang kekuatan struktur dinding di mana taman vertikal tersebut akan ditempatkan.

Supaya dinding tak mudah rusak, maka Anda harus melindungi dinding dengan memakai lapisan water proofing. Sekian artikel tentang model taman vertikal yang tak memakan tempat, semoga berkenan.

Share.

Leave A Reply