23.4 C
Ciamis
BerandaLifestyleKesehatanManfaat Buah Semangka Untuk Diabetes

Manfaat Buah Semangka Untuk Diabetes

RANCAH POST – Pada pembahasan sebelumnya mengenai buah semangka, tentu anda sudah mengetahui manfaat dari buah ini dengan sangat rinci. Mulai dari sumber yang kaya akan gizi hingga manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kali ini buah semangka akan kita kupas keterkaitannya terhadap penyakit gula darah atau diabetes.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, buah semangka memang memiliki rasa manis yang sangat memikat di lidah. Karena hal ini, hampir semua orang menyukai buah yang masih satu kerabat dengan buah melon. Apalagi kandungan air yang terkandung di dalam buah semangka sangat tinggi, sehingga ketika dikonsumsi akan terasa menyegarkan.

Lalu, seperti apakah penjelasan bagi buah semangka terkait dengan penyakit diabetes?

Indeks Glikemiks Semangka
Ketika kita membahas suatu makanan yang berhubungan dengan gula darah dalam tubuh, tentu hal ini sangat erat kaitannya dengan nilai indeks glikemiks. Semakin tinggi kadar indeks glikemiks yang terkandung dalam suatu makanan, maka akan semakin tinggi pula resiko meningkatnya kadar gula di dalam tubuh.

BACA JUGA : Manfaat Buah Pepaya Untuk Diabetes

Jika kondisi seperti ini terjadi, dapat memicu pankreas melepaskan sejumlah insulin yang distribusikan pada sel-sel tubuh, otot dan jaringan sehingga meningkatkan jumlah kadar gula dalam darah. Hal ini malah membuat kadar gula darah menjadi rendah dan akan memperburuk kondisi badan kita.

BACA JUGA : Manfaat Buah Pisang Untuk Diabetes

Buah semangka memiliki kadar indeks glikemiks di angka 72. Hal ini telah di uji melalui beberapa penelitian yang dilakukan dan hasilnya cukup mengejutkan. Jika dilihat dari nilainya, angka tersebut masuk dalam kategori tinggi. Dimana mulai dari angka 50-70 termasuk kategori sedang, sedangkan kategori tinggi mulai dari angka 70-100. Dengan kata lain, buah semangka dapat memicu melepasnya insulin dari pankreas. Ini artinya, kadar gula darah menjadi rendah sesaat mengkonsumsi buah semangka.

Keterkaitan Semangka dengan Diabetes
Meskipun buah semangka menunjukan sinyal aman dan bermanfaat untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, kita juga harus mengontrol jumlah asupan yang dimakan. Orang yang menderita diabetes umumnya memiliki masalah dengan pengendalian kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini diakibatkan karena rendahnya insulin atau resistensi insulin. Naiknya gula darah yang sangat cepat akan berakibat tingginya kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes.

Keadaan seperti ini perlu diwaspadai karena menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi fatal pada organ jantung, ginjal, kerusakan saraf, stroke dan mengalami kebutaan. Penderita diabetes harus membatasi konsumsi setidaknya kurang dari 200 gram setiap harinya.

Bagi orang normal, buah semangka memang disarankan untuk dikonsumsi. Buah semangka juga baik untuk dijadikan cemilan dan merupakan salah satu yang terbaik. Nah, makan buah semangka akan membuat gula darah naik secara cepat. Ini menunjukan otot kita akan cukup memiliki pasokan energi untuk melakukan pekerjaan berat. Selama memperhatikan jumlah yang dikonsumsi, buah semangka ini aman untuk dikonsumsi.

Demikian informasi mengenai manfaat buah semangka untuk diabetes. Waspadai gejala munculnya penyakit diabetes dengan olahraga teratur dan pola hidup sehat serta makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Semoga bermanfaat.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here