Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Travel Ini Dia Alternatif Diving Terjangkau di Wakatobi

Ini Dia Alternatif Diving Terjangkau di Wakatobi

RANCAH POST – Wakatobi merupakan tempat wisata yang identik dengan menyelam. Bukan ke Wakatobi namanya jika tidak menikmati keindahan tersebunyi di bawah lautnya.

Wakatobi tidak hanya menawarkan keindahan di daratan, namun ada surga tersembunyi di dasar lautnya. Para pemula tidak perlu khawatir bila ingin diving. Mereka bisa melakukan discover scuba dive di bawah pengawasan ketat instruktur berpengalaman. Lantas, bagaimana bila ingin diving di Wakatobi?

Di Wakatobi terdapat empat pulau besar, yakni Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Masing-masing pulau memiliki spot untuk diving serta dive center.

Di Tomia sendiri ada beberapa dive center, salah satunya Tomia Scuba Dive yang dikelola Prayudi Sutiono.

Menurut Yudi, panggilan akrab Prayudi Sutiono, Tomia Scuba Dive berdiri sejak 2012. Meski terbilang baru, namun pihaknya melayani banyak turis, termasuk mancanegara.

“Kami menawarkan paket untuk diving. Masih terbilang murah bila dibandingkan dengan tempat lain jutaan. Bagi saya yang penting orang bisa kenal dulu dengan Wakatobi sehingga tidak perlu memasang tarif mahal untuk diving. Untuk sekali dive di kisaran Rp400 ribu sampai Rp500 ribu,” ucap Yudi.

Harga Rp400 ribu diperuntukkan bagi penyelam berpengalaman, sedangkan Rp500 ribu bagi pemula karena mereka harus didampingi secara ketat.

Harga tersebut termasuk seluruh perlengkapan menyelam seperti pakaian atau wetsuits, masker, fins, tabung, dan lainnya.

“Untuk sekali dive sesuai kapasitas tabung oksigen, antara 30 sampai 40 menit. Cepat habisnya isi tabung tergantung bagaimana kita menyelam,” jelasnya.

Namun, agar bisa menutupi biaya sewa perahu, ada jumlah minimal penyelam yang harus dipenuhi. “Kalau delapan sampai 10 bisa, maksimal 12,” terangnya.

Yudi menyarankan wisatawan memilih sistem paket untuk berwisata ke Wakatobi, khususnya ke Tomia lebih murah.

“Untuk penginapan selama tiga hari, makan, dan tiga kali diving, Rp1,8 juta. Jumlahnya 10 sampai 12 orang,” sebutnya.

Instruktur Tomia Scuba Dive mendapatkan sertifikasi PADI. Dia juga memperkerjakan tiga tenaga freelence.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan