RANCAH POST – Mungkin Bagi Anda penggemar wisata bahari tidak asing lagi dengan Bali, Lombok, atau Raja Ampat. tapi, di Provinsi Sulawesi Tenggara ada sebuah pulau yang indahnya sebanding dengan tujuan wisata tersebut. Pulau ini memiliki lanskap bahari yang memukau dan alamnya pun masih alami.

Pulau Hari berada di Kecamatan Soropia bagian timur, Kota Kendari. Pulau indah ini merupakan salah satu dari gugusan beberapa pulau, yaitu Pulau Bokori, Pulau hari, Pulau Saponda Darat, dan Pulau Saponda Laut. Pulau-pulau indah tersebut ini jaraknya berdekatan.

Pulau Hari menjadi salah satu tempat wisata bahari favorit di Provinsi Sulawesi Tenggara, meskipun nyatanya pulau ini tidak berpenghuni.

Pulau Hari dalam tradisi lisan masyarakat setempat menyimpan sekelumit cerita mitos yang menarik. Di pulau ini dahulu dituturkan bersemayam bidadari berbaju merah yang cantik semenawan daya pikat luar biasa dari keindahan alamnya.

Pulau Hari merupakan tempat menyelam yang menantang bagi Anda penyuka diving atau snorkeling di kedalaman 7 hingga 8 meter. Airnya begitu jernih berkilau sehingga memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan bawah laut yang memesona. Rumput laut dan terumbu karang di perairan ini juga mengagumkan karena tertata rapih seperti disusun seorang tukang kebun andal.

Taman laut di kawasan ini kaya biota laut, dari berukuran kecil hingga besar. Anda dapat bertemu dengan beberapa ikan berwarna cantik, seperti clown fish, angel fish, fire shrimp, anemo shrimp, ascidians, mawar laut, dan nudibranch. Jika beruntung, mungkin dapat Anda melihat electrik clamp, yaitu kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. Ada pula ikan yang sudah hampir punah, sepetri ikan sunu dan sotong. Mungkin saja Anda menyaksikan atraksi langka penyu yang berenang di dalam laut.

Pulau Hari merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang mendamba ketenangan dari rutinitas hidup kota yang sibuk dan penat. Surga kecil seukuran 15,9 hektare tersebut memiliki air jernih bak kaca berkilauan pada suhu 28 hingga 34 derajat Celsius. Hamparan pasir putih nan halus di sini akan mengundang Anda untuk berjalan tanpa alas kaki di pinggir pantainya.

Di sekitar pulau ini terdapat beberapa lokasi menyelam yang menakjubkan. Tidak hanya memiliki satu atau dua lokasi menyelam tapi 13 lokasi yang pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama menjajalnya keindahanya. Menyaksikan keindahan bawah laut yang memesona dengan beraneka ragam biota laut akan menjadi pengalaman yang tidak pernah Anda lupakan.

Pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Saponda Darat dan Pulau Saponda Laut, memiliki lokasi menyelam mengagumkan dan jaraknya hanya sekira 50 meter. Titik lainnya dapat Anda temukan dipesisir Labuan Peropa. Bagi Anda yang hobi memancing maka dapat menyewa kapal nelayan setempat untuk mengantarkan Anda ke Saponda. Ikan yang bisa Anda pancing di pulau ini biasanya adalah ikan layar atau sailfish.

Apabila Anda ingin kegiatan yang lebih ringan maka dapat berkeliling pulau untuk menyaksikan berbagai burung maleo yang terbang mencari kesempatan untuk menangkap mangsanya di air. Jika beruntung, di sini mungkin saja Anda bisa menyaksikan penyu bertelur. Pulau ini juga merupakan lokasi menarik bagi Anda pecinta fotografi. Bidikan kamera Anda untuk menangkap setiap lekuk keindahan Pulau Hari.

Share.

Leave A Reply