RANCAH POST – Ada sebuah kota di Sulawesi barat yang memiliki pantai-pantai cantik dan lokasinya cukup strategis. Nmanya adalah Mamuju, kota yang berada di kawasan segitiga emas Sulawesi Selatan-Sulawesi Tengah-Kalimantan Timur.

Mamuju adalah kota dengan garis pantai terpanjang di Sulawesi Barat, yaitu 415 kilometer di 48 desa dan 13 kecamatan. Di antaranya ada beberapa pantai cantik yang wajib dikunjungi, seperti Pantai Manakara di Teluk Mamuju. Pantai ini memiliki ciri khas diliputi pohon cemara di sekitarnya serta memiliki pasir hitam. Berada di Kota Mamuju, Pantai Manakarra jadi tempat favorit muda-mudi lokal untuk bercengkerama.

Di pantai ini sering diadakan lomba perahu sandeq, perahu khas Mamuju. Perahu sandeq dipacu oleh para passandeq-nya, diikuti kapal pengiring yang membantu dan mengawasi pertarungan menegangkan tercebur di laut.

Perairan Mamuju hingga Malunda memiliki gelombang besar, hingga tiba angin besar yang ditunggu maka laju perahu pun menjadi bergantung pada kekekaran tangan para passandeq. Perjalanan sepanjang 60 kilometer itu harus dilalui dengan cara mendayung.

Lomba perahu sandeq bukan sekadar adu ketangkasan dan kecepatan mengendalikan perahu sandeq. Namun, pendidikan kedisiplinan dan tanggung jawab pun diterapkan kepada peserta. Tak heran, jika lomba perahu sandeq dianggap lomba perahu tradisional yang dikenal terkeras di dunia.

Selain Pantai Manakarra, ada juga Pantai Lombang-Lombang. Pantai ini memiliki banyak pohon bakau, Jaraknya sekira 30 kilometer dari Kota Mamuju.

Share.

Leave A Reply