RANCAH POST – Tak jauh dari Pantai Losari, sebenarnya ada dermaga yang selalu ramai oleh warga setempat karena lalu lintas pulau-pulau di sekitarnya. Di sini ada perahu yang bisa disewa wisatawan. Perahu akan antar pengunjung ke pulau-pulau kecil yang indah.

Pulau yang wajib dikunjungi adalah Pulau Barrang Lompo dan Pulau Barrang Caddi yang dijuluki pulau kembar. Pulau ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Makassar dan memakan waktu 1,5 jam untuk menilik panoramanya.

Selama dalam perjalanan, pengunjung akan disuguhkan suasana perairan Makassar apik. Sesekali melewati pulau-pulau lain seperti Pulau Khayangan dan Pulau Samalona.

Pulau Barrang Lompo bukanlah pulau terpencil tanpa penghuni. Sekitar 4.000 penduduk sudah mendiami wilayah ini. Mayoritas mereka berprofesi sebagai nelayan, namun banyak juga yang menekuni kerajinan perak.

Seperti yang dikutip dari laman Dekranasda Kota Makassar,  pengunjung bisa menyaksikan langsung bagaimana penduduk mengolah perak menjadi barang siap jual.

Para perajin membuat replika perahu pinis dari perak hingga miniatur mobil. Selain itu, Pulau Barrang Lompo juga memproduksi gelang sisik, gantungan kunci, dan kaligrafi kulit kerang yang dibuat dengan bentuk khas.

Usai puas bertandang ke Pulau Barrang Lompo, wisatawan dapat beranjak ke Pulau Barrang Caddi. Perahu-perahu nelayan menyambut dan menanti pelancong menghabiskan senja di sini. Jika banyak perajin perak di Barrang Lompo maka Barrang Caddi  dipenuhi penduduk yang berprofesi sebagai pembuat kapal.

Kedua pulau ini sudah memiliki akses jalan yang baik serta fasilitas seperti posyandu, tempat ibadah mau pun sekolah. Cobalah berinteraksi dengan para perajin. Sajian keseharian penduduk akan menghasilkan pengalaman berbeda untuk wisatawan.

Share.

Leave A Reply