RANCAH POST – Kita ketahui bahwa Indonesia memiliki anekaragam budaya dan agama. Tempat yang satu ini adalah salah satu bukti keanekaragaman itu. Adalah Bukit Kasih, berada di sebuah bukit indah nan unik yang terletak di kaki Gunung Soputan, Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, objek wisata Sulawesi Utara iniĀ  berjarak sekitar 55 km dari Manado. Bukit Kasih yang dibangun pada tahun 2002 ini, sesuai namanya, dimaksudkan sebagai simbol bagi kerukunan dan kedamaian kehidupan umat beragama.

Dari arah Manado, Anda dapat menempuh perjalanan darat dengan melewati Kota Tomohon. Dari Desa Kanonang, Anda masih bisa menggunakan kendaraan bermotor. Di sepanjang jalan, hamparan kebun milik warga terpapar di samping kiri dan kanan. Udara akan terasa sedikit dingin terutama di masa penghujan.

Panorama alam di sekitar Bukit Kasih, akan memanjakan mata Anda. Dengan latar belakang perbukitan dan Gunung Soputan, berdiri sebuah salib putih berukuran raksasa. Agak ke bawah di bawah salib ini, terdapat simbol kerukunan antar umat beragama yakni bangunan Gereja Kristen, Gereja Katolik, Masjid, Pura dan Vihara.

Di pelataran terdapat sebuah tugu setinggi 22 meter tampak berdiri menjulang di tengah-tengah dataran di kaki Bukit Kasih. Tugu bersegi lima yang melambangkan jumlah Agama utama di Indonesia ini pada setiap sisi dindingnya dipahat mural dan tulisan yang berisikan ajaran kelima agama, yaitu Kristen, Katolik, Islam, Hindu dan Buddha.

Untuk mencapai puncak Bukit Kasih pengunjung harus mendaki ratusan anak tangga. Bagi Umat Katolik, tersedia tempat prosesi jalan salib dengan 14 perhentian. Selain rute ini, terdapat rute lainnya di sebelah kanan. Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung mesti menapaki 2453 anak tangga.

Berwisata di kawasan areal bukit kasih tak lengkap jika pengunjung tidak menyempatkan melihat kawah yang masih aktif di bagian kaki bukit, asap pekat dari belerang masih aktif menyembul dari celah celah rongga tanah dan juga disekitar terdapat kubangan air mendidih, yang dimanfaatkan sebagai pemandian air panas yang dikelola warga sekitar untuk para pengunjung, sempatkan diri anda berefleksi dengan berendam di pemandian hot spring langsung dari air panas kaki gunung soputan, dan di pemandian ini juga menawarkan pijat kaki bagi para pengunjung nya, suguhan ini sangat lengkap bagi wisatawan yang lelah dari seharian menelusuri ratusan anak tangga bukit kasih. Keindahan bukit itu memancarkan pesan tentang indahnya toleransi antarumat beragama.

Share.

Leave A Reply