Pada kesempatan kali ini, Rancah Post akan membahas mengenai cara mengatasi HP dicas malah berkurang. Caranya cukup mudah dan pastinya bisa dipraktikan oleh semua pengguna HP Android.

Permasalahan pada baterai HP merupakan hal yang sering terjadi. Bisa jadi penyebabnya karena umur baterai yang sudah lama, kita tidak merawatnya dengan baik sehingga baterai menjadi rusak, charger yang digunakan bermasalah dan lainnya.

Salah satu permasalahannya adalah baterai HP dicas tapi anehnya daya baterai malah berkurang bukan bertambah.

Padahal seharusnya saat mengecas HP, persentase baterai akan terus bertambah hingga akhirnya mencapai 100% yang mendandakan baterai telah penuh.

Dalam dalam banyak kasus, alih-alih bertambah, baterai HP justru malah berkurang. Permasalahan ini tentu membuat kita sangat kesal.

Apalagi jika HP tersebut sudah dicas cukup lama, namun ternyata dayanya malah berkurang. Ini pasti mengakibatkan penggunaan HP jadi tidak maksimal.

Buat pengguna yang penasaran dengan bagaimana caranya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Dicas Malah Berkurang

Dengan melakukan beberapa cara berikut ini, diharapkan HP yang awalnya bermasalah saat dicas, dapat kembali normal sehingga penggunaannya kembali maksimal.

Restart HP

Kamu bisa mencoba cara berikutnya, yakni me-restart HP. Meski simpel, namun cara ini cukup jitu untuk mengatasi permasalahan baterai yang dicas malah berkurang.

Tujuan me-restart HP di sini adalah untuk me-reset semua aktivitas yang sedang berjalan pada sistem.

Ponsel yang kebanyakan tas dapat membuat beban CPU semakin bertambah berat. Hal ini pun akan memakan konsumsi daya yang lebih tinggi.

Alhasil, walaupun proses pengisian daya dilakukan, namun daya yang dihasilkan ini akan dipakai komponen.

Ganti kabel charger

Bisa jadi baterai HP kalian malah berkurang saat dicas disebabkan oleh kabel charger yang bermasalah alias rusak.

Misalna, ada bagian kabel charger yang terputus atau ujung kabel USB yang kotor. Untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan aplikasi Ampere yang ada di Play Store.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Ganti adaptor charger

Jika ternyata kabel charger kalian baik-baik saja, mungkin permasalahannya ada pada adaptor charger-nya.

Apalagi jika ternyata kalian mengecas HP menggunakan adaptor charger yang bukan bawannya. Hal ini jelas-jelas tidak benar, guys.

Karena adaptor chager mempunyai output yang berbeda, sehingga ampere yang dihasilkan pun berbeda dan tak sesuai baterai ponsel kalian. Akhirnya voltase baterai malah menurun.

Oleh karena itu, sebaik ganti adaptor charger dan gunakan yang original serta sesuai dengan HP kamu.

Jangan gunakan HP saat di cas

Cara mengatasi baterai HP dicas malah berkurang yang berikutnya terbilang hal mendasar yang sudah sering disebut pada sejumlah pembahasan sebelumnya.

Meski tampak sepele, namun ternyata tidak menggunakan HP saat dicas adalah hal yang cukup penting.

Pasalnya, mengoperasikan HP sambil dicas bisa membuat pengisian daya jadi tidak efektif bahkan membuat baterai jadi mudah panas.

Jika hal ini terjadi, silakan matikan HP dan tunggu sampai suhunya dingin sebelum mulai dicas kembali.

Bersihkan port USB

Sebelum menggantinya, kamu juga bisa mencoba membersihkan ujung port USB. Sebab, tindakan itu bisa meningkatkan performa HP ketika pengisian daya.

Kamu bisa membersihkan port USB menggunakan benar kecil yang mempunyai tekstur halus seperti tisu. Atau bisa juga meminta bantuan tukang service HP agar pembersihan lebih maksimal.

Kalibrasi baterai

Cara mengatasi HP dicas malah berkurang selanjutnya yaitu dengan melakukan kalibrasi baterai. Cara ini bisa dilakukan ketia permasalahannya terletak pada statistik baterai yang error dan tidak akurat.

Misalnya saat mengisi baterai sampai penuh, tapi tiba-tiba menurun drastis. Lalu ketika dicas kembali, persentase baterai kembali bertambah dan menurun kembali secara drastis padahal masih dicas.

Jika hal ini sedang terjadi, maka kamu bisa melakukan kalibrasi baterai. Klik di sini untuk melihat tutorial cara kalibrasi baterai HP.

Charge HP dari sumber listrik yang benar

Disarankan untuk melakukan pengisian daya baterai HP pada sumber listrik yang dayanya stabil. Disarankan untuk tidak mengecas HP di port USB laptop atau PC karena dayanya kecil.

Kemudian, jika menggunakan terminal saat mengecas baterai HP, gunakan yang kualitasnya bagus.

Perbaiki HP ke tukang service

Cara terakhir untuk mengatasi HP dicas tidak bertambah adalah dengan membawanya ke service center. Jelaskan pada teknisi di tempat service HP itu mengenai permasalahan pada HP kalian.

Setelah itu, tukang service HP akan langsung memberikan solusinya. Apakah harus mengganti baterai atau melakukan perbaikan lainnya.

Oh ya, pergi ke tempat service HP menjadi keputusan terakhir jika semua cara di atas belum berhasil mengatasi HP kamu yang dicas malah berkurang.

Penyebab baterai HP dicas malah berkurang

Setelah membahas cara mengatasinya, selanjutnya kami juga akan memberitahu penyebab-penyebab baterai HP kalian dicas tapi malah berkurang.

  • Pertama, bisa jadi permasalahan tersebut penyebabnya karena kerusakan port pengisian daya.
  • Kedua, HP yang terlalu panas pun bisa menyebab baterai bermasalah bahkan berpengaruh saat melakukan pengisian daya.
  • Arus tidak stabil menjadi penyebab ketiga baterai HP kalian dicas tapi malah berkurang. Daya listrik yang mengalir saat mengecas dapat berpengaruh ke proses pengisian daya. Alhasil, jika daya listrik tidak stabil, maka sensor yang membaca kapasitasi baterai pun tidak akurat lagi.
  • Keempat, kalian memakai port USB komputer. Dan terakhir ada aplikasi yang menguras baterai.

BACA JUGA: 7 Cara Merawat Baterai HP Baru Agar Awet, Sederhana Tapi Efektif!

Satu persatu cara mengatasi HP dicas malah berkurang telah selesai kami ulas secara tuntas. Semoga dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply