Cara merawat baterai HP baru agar awet, untuk HP Xiaomi dan HP Androidlainnya wajib kalian ketahui. Ketika merawat baterai dengan benar, maka baterai tidak akan cepat rusak. 

Seperti kita ketahui, baterai adalah salah satu elemen penting dalam HP. Karena dengan baterai, HP pun dapat menyala dan dioperasikan untuk berbagai keperluan.

Sebaliknya, ketika baterai HP mati karena kehabisan daya, maka HP juga tidak bisa digunakan. Karena saking pentingnya baterai dalam sebuah handphone, kita pun harus merawatnya dengan benar.

Apalagi saat ini handphone menjadi barang yang menunjang aktivitas kita sehari-hari, mulai dari aktivitas yang berkaitan dengan kepentingan pribadi maupun pekerjaan.

Beberapa aktivitas yang sering digunakan dengan HP adalah chatting, scrolling media sosial. mengedit foto, video, membuat konten, dan lain sebagainya.

Penggunaan handphone yang begitu sering pun harus dibarengi dengan perawatan yang baik. Terutama perawatan baterai.

Kali ini, Rancah Post telah menyiapkan tips-tips agar baterai handphone kalian lebih awet dan tidak cepat rusak. Kalian wajib membaca tips-tipsnya sampai selesai agar bisa menerapkannya dalam penggunaan ponsel.

Cara Merawat Baterai HP Baru Agar Awet

Langsung saja, berikut ini beberapa cara untuk merawat baterai handphone agar tidak cepat rusak meski sering digunakan.

Pakai charger original

Cara pertama untuk merawat baterai ponsel adalah menggunakan charger original setiap melakukan pengisian daya. Pasalnya, setiap charger original telah dikembangkan khusus untuk kapasitas daya masing-masing ponsel.

Maka, ketika daya disuplai oleh charger yang terlalu besar atau kecil, dapat membuat ponsel cepat rusak. Apalagi jika penggunaanya tidak benar.

Jangan gunakan HP saat di-charge

Tips yang berikutnya ini pasti kamu sudah sering mendengarnya. Ya, hindarilah menggunakan handphone saat sedang mengisi daya.

Pasalnya, hal itu bisa meningkatkan temperatur pada baterai dan akhirnya berpengaruh juga pada daya hidup baterai.

Sehingga jika temperatur tinggi, maka dapat meningkatkan tekanan pada baterai lalu membuatnya kehilangkan efektivitas dengan lebih cepat.

Untuk itu, hindari menggunakan HP saar sedang mengisi daya, apalagi jika main game online dan scrolling di media sosial. Biarkanlah ponselmu selama dia sedang di-charge.

Selain dimainkan, temperatur HP juga bisa naik saat kalian menaruhnya di bawah bantal atau material isolator lain, menaruhnya di batas alat elektronik, dan menaruhnya di dashboard mobil saat di-charge.

BACA JUGA: Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi dengan Mudah

Jangan biarkan baterai sampai habis

Cara merawat baterai HP Xiaomi berikutnya adalah hindari membiarkan atau menggunakan baterai HP kalian sampai benar-benar habis bahkan mati.

Pasalnya, bisa menyebabkan baterai cepat rusak. Sebaiknya lakukan pengisian daya ketika baterai di ponselmu kapasitasnya sudah 30 persen.

Jaga siklus pengisian daya

Jika dulu kamu beranggapan baterai HP cepat habis akibat mengisi daya semalaman, hal tersebut mungkin sudah tak berlaku pada sebagian besar ponsel yang sekarang.

Pasalnya, sudah dilengkapi sistem yang akan langsung menghentikan daya listrik secara otomatis saat baterai terisi penuh.

Jadi mulai sekarang untuk menjaga keawetan baterai kalian bisa melakukannya dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur.

Misalnya, kalian selalu mengisi daya baterai HP ketika sudah 30 % lalu dicabut jika baterai sudah terisi sekitar 80%. Tips ini bisa menjaga keawetan baterai sekaligus menjaga siklus baterai supaya tidak merusak sistem di dalamnya.

Atur kecerahan layar

Cara merawat baterai HP baru selanjutnya bisa juga dengan mengatur kecerahan layar. Sebaiknya, jangan mengatur kecerahan layar terlalu tinggi saat berada di dalam ruangan.

Pasalnya, visual yang tampil di layar akan mempengaruhi daya baterai. Kalian juga bisa mengatur waktu tidur layar ke waktu yang tidak terlalu lama agar semakin hemat baterai.

Hindari juga penggunaan live wallpaper yang pastinya akan mengonsumsi daya baterai HP kalian cukup banyak.

Hapus cache

Menghapus cache secara teratur juga bisa membantu mengoptimalkan kinerja baterai ponsel dan membuatnya awet. Silakan hapus cache secara berkala dan jangan biarkan sampai menumpuk.

Selain itu, hapus juga aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan lagi untuk memastikan mereka tidak membebani penggunaan baterai.

Jangan biarkan ponsel overheat

Ketika HP kamu sudah sangat panas atau overheat, segera ambil tindakan dan jangan biarkan HP dalam kondisi seperti itu.

Penyebab HP overheat biasanya karena digunakan secara terus menerus, misalnya untuk main game dengan grafis HD. Jika ponselmu sudah overheat segera hentikan main game.

BACA JUGA: Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara merawat baterai HP Xiaomi agar awet. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply