Cara kalibrasi baterai HP Xiaomi adalah tutorial yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini. So, buat kalian yang masih kebingungan atau belum mengetahui caranya, wajib menyimak pembahasannya.

Seperti kita ketahui, saat ini Xiaomi menjadi salah satu ponsel pintar yang disukai banyak pengguna di Indonesia. Hal itu lantaran tampilan ponselnya bagus namun harganya terjangkau.

Kemudian, HP Xiaomi juga mempunyai user interface yang ringan dan simple, serta dilengkapi juga dengan baterai berkapasitas cukup besar. Sehingga tak heran jika Xiaomi menjadi salah satu merek HP terlaris di Indonesia.

Akan tetapi, walau HP dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, seiring berjalanya waktu masa pakai baterai akan berkurang.

Apalagi jika handphone dioperasikan secara berlebihan setiap harinya, hal itu dapat semakin membuat masa pakainya lebih cepat menurun.

Sistem pada perangkat baru biasanya dapat membaca status baterai secara tepat dan akurat. Namun, ketika terjadi masalah pada baterai, tak menutup kemungkinan sistem bisa kesulitan membaca status baterai.

Nah, maka kamu harus melakukan kalibrasi baterai. Kalibrasi baterai bertujuan untuk membuat sistem operasi Android dapat mendeteksi lagi kapasitas baterai HP dengan benar.

Kendati begitu, disarankan tidak melakukan kalibrasi terlalu sering karena bisa memperparah kondisi baterai.

Cara mengkalibrasi baterai HP Xiaomi cukup mudah, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri. Proses kalibrasi ini juga bisa membantumu untuk menentukan harus membeli HP baru atau mempertahankan yang lama.

Pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara mengkalibrasi baterai HP Xiaomi. Sebelum ke tutorialnya, kamu harus tahu jika cara ini tidak dapat meningkatkan kinerja baterai.

Melainkan hanya membantu sistem membaca status baterai secara akurat. Penasaran bagaimana caranya? Langsung simak pembahasannya di bawah ini!

Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi

Berikut ini cara mengkalibrasi baterai HP Xiaomi tanpa root yang dijamin mudah untuk dipraktikkan oleh semua pengguna.

Cara kalibrasi baterai HP Xiaomi tanpa root banyak dilakukan oleh orang-orang karena cukup sederhana, mudah, cepat, dan tak memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Kalian hanya harus mengisi daya hingga 100%, untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah silakan isi baterai HP sampai 100% dalam keadaan hidup. Untuk mempercepat baterai full, kalian bisa mengaktifkan mode pesawat.
  • Setelah daya baterai sudah terisi penuh, silakan matikan HP seperti biasa.
  • Saat ponsel dalam keadaan mati, charger kembali HP kalian sampai 100%.
  • Setelahnya, nyalakan kembali HP dan gunakan HP sampai baterai habis atau mati dengan sendirinya.
  • Gunakan HP untuk berbagai keperluan, bisa untuk chatting, mendengarkan musik, menonton video, film, main game, dan lainnya. Intinya sampai baterai habis.
  • Jika baterai sudah habis dan HP mati, diamkan dulu selama 15 menit. Setelah itu, charge HP sampai penuh.
  • Jika sudah penuh, barulah nyalakan kembali HP dan kalian bisa menggunakannya seperti biasa.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, status baterai secara otomatis di-refresh. Tampilan persentase baterai yang awalnya error pun akan kembali normal.

Namun jika setelah melakukan kalibrasi ternyata permasalahan tersebut belum teratasi, kemungkinan besar permasalahan tersebut terjadi lantaran kondisi baterai yang rusak atau masalah pada komponen lainnya.

Seperti dibahas di bawah, kalibrasi baterai ini dilakukan untuk memperbaiki sistem yang error. Sistem tersebut adalah sistem yang membaca status daya baterai. Sehingga setelah melakukan kalibrasi, daya baterai yang muncul di status bar dapat kembali akurat.

BACA JUGA: Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara kalibrasi baterai HP Xiaomi tanpa root dan tanpa aplikasi pihak ketiga. Semoga dapat bermanfaat.

Share.

Leave A Reply