Ada beberapa cara mengatasi HP panas saat data hidup. Kalian harus mengetahui cara-cara tersebut karena jika HP kalian dibiarkan panas, maka akan membuat performanya semakin menurun.

Pada kesempatan kali ini, Rancah Post pun akan membahas tutorialnya secara lengkap. Kalian pun wajib membaca artikel ini agar tak kebingungan lagi saat HP tiba-tiba panas saat paket data dihidupkan.

Tutorial ini bisa dipraktikkan di berbagai HP Android, seperti Xiaomi, Realme, Samsung, Vivo dan lainnya.

HP panas saat data dihidupkan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya karena kesalahan update aplikasi, penggunaan HP dalam waktu yang sangat lama, memainkan HP saat di cas, adanya malware, baterai atau pengisi daya yang rusak, dan lain-lain.

Penggunaan HP yang berlebihan menjadi salah satu hal yang sering menjadi penyebab HP panas apalagi saat data dihidupkan.

Tak heran, karena handphone keluaran terbaru memang menawarkan beragam fitur terbaik sehingga membuat pengguna betah berlama-lama menggunakan HP.

Tapi, penggunaan HP yang berlebihan bisa membuat HP menjadi cepat rusak akibat mengalami kenaikan suku panas dalam waktu yang lama.

Terutama saat data seluler dihidupkan, kebanyakan orang pun menggunakan HP untuk streaming, main game, hingga scroll media sosial.

Namun apapun penyebabnya, segera atasi permasalahan tersebut. Jangan dibiarkan karena bisa berakibat semakin buruk.

Cara Mengatasi HP Panas Saat Data Hidup

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi HP panas ketika data dihidupkan yang bisa kalian lakukan. Tak perlu risau, caranya cukup mudah kok namun ampuh untuk mengatasi suhu HP yang meningkat saat data hidup.

Tutup aplikasi yang tak digunakan

Cobalah untuk menutup aplikasi-aplikasi yang pernah kamu buka namun sudah tidak digunakan lagi. Jangan hanya menekan home screen saja, karena itu tidak akan menutup aplikasi sepenuhnya.

Aplikasi akan tetap berjalan di latar belakang. Sebaiknya silakan hapus recent apps sesering mungkin setelah kamu selesai menggunakan aplikasi.

Batasi penggunaan harian

Seperti dijelaskan tadi, penggunaan HP yang berlebihan bisa menyebabkan baterai HP cepat panas ketika data dihidupkan.

Sehingga untuk mengatasi HP panas saat data hidup adalah dengan membatasi penggunaan harian. Hindari terlalu memforsir HP untuk main game, streaming, dan lainnya.

Jika HP sudah mulai panas, sebaiknya segera istirahatkan beberapa menit. Lebih bagus jika mematikan sejenak data atau sambungan internet supaya HP benar-benar beristirahat.

Kemudian, agar HP tidak panas, kurangi melakukan multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Hal itu bisa mengurangi kinerja HP dan menyebabkan HP jadi panas.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam Paling Ampuh dan Aman

Aktifkan penghemat baterai

Cara mengatasi HP panas saat data hidup berikutnya adalah dengan mengaktifkan mode hemat baterai. Tak perlu menginstall aplikasi tambahan, karena sejumlah HP sudah dilengkapi dengan fitur penghemat baterai.

Kalian hanya perlu mengaktifkan agar baterai bisa awet dan tidak panas saat data dihidupkan. HP tidak akan bekerja terlalu keras, begitu pula dengan komponen dan sistem di dalamnya.

Nonaktifkan bluetooth, WiFi dan GPS

Cara yang berikutnya ini juga dijamin ampuh untuk mengatasi HP kalian yang cepat panas, yakni dengan menonaktifkan bluetooth, WiFi dan GPS jika sudah tidak digunakan lagi.

Mengaktifkan bluetooth, WiFi dan GPS secara bersamaan bisa membuat sistem kerja HP bekerja lebih keras.

GPS yang aktif akan membuat pemakaian data seluler jadi meningkat. Alhasil, HP pun jadi mudah panas.

Selain dapat menghindari HP cepat panas, menonaktifkan bluetooth, WiFi dan GPS juga bisa menghemat baterai.

Update sistem

Cara mengatasi HP panas saat data hidup selanjutnya adalah dengan melakukan update sistem. Cara ini bisa diterapkan pada semua HP Android.

Pembaruan sistem bertujuan untuk membuat aplikasi di HP berjalan dengan stabil. Hal tersebut karena ada pembaruan sistem, biasanya perbaikan bug dan celah juga akan terjadi.

Jadi, jika ada pembaruan sistem tersedia, langsung lakukan update. Cara update sistem di setiap HP tentu berbeda-beda, namun umumnya kamu hanya perlu membuka pengaturan dan cari fitur untuk update sistem.

Hapus sampah aplikasi

Semakin sering menggunakan aplikasi, maka bisa membuat sampah pada aplikasi menumpuk. Maka dari itu, kalian harus melakukan penghapusan sampah aplikasi secara berkala.

Untuk menghapus sampah, kalian bisa menggunakan fitur pembersih yang biasanya sudah tersedia di HP. Kemudian, hapus juga aplikasi yang jarang terpakai agar mengurangi kinerja HP.

BACA JUGA: 7 Cara Merawat Baterai HP Baru Agar Awet, Sederhana Tapi Efektif!

Satu persatu cara mengatasi HP panas saat data hidup sudah selesai dibahas. Cukup mudah bukan? Semoga dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply