Ada beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Jika permasalahan ini sedang terjadi pada HP kamu, wajib membaca artikel ini agar segera diatasi.

Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat. Jika baterai bermasalah, otomatis penggunaan perangkat pun jadi terganggu.

Bahkan HP pun tidak bisa digunakan saat kehabisan baterai dan tidak bisa di cas. Kondisi ini sungguh sangat merepotkan, apalagi jika kamu sedang membutuhkan HP tersebut untuk menghubungi seseorang.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab baterai tanam tidak bisa di cas, di antaranya seperti usia baterai HP yang sudah tua, sehingga riskan mengalami kerusakan.

Kemudian, bisa juga penyebabnya karena kerusakan pada kabel charger atau adaptor, kerusakan pada port charger HP yang membuat pengisian daya tidak bisa dilakukan.

Pada HP terdapat software atau aplikasi pihak ketiga yang terpasang dan mungkin membuat boros baterai, lalu membuat proses pengisian daya terganggu.

Setelah mengetahui apa penyebab batre HP tidak bisa di cas, selanjutnya kamu harus mengetahui cara mengatasinya.

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas sebenarnya cukup mudah, dan kami pun akan membahasnya di artikel ini.

Untuk itu, kalian wajib membaca artikel ini agar setelahnya bisa langsung mempraktikan sendiri dan HP yang tidak bisa di cas pun teratasi.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Langsung saja, berikut ini beberapa tips dan cara untuk mengatasi HP yang tidak bisa di cas yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Tekan tombol volume dan power

Cara pertama untuk mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang bisa kalian lakukan adalah dengan menekan tombol volume dan power secara bersamaan.

Lakukan cara ini saat ponsel kalian sedang di cas dan tekan terus sampai HP bergetar. Walaupun terlihat mudah dan sederhana, namun cara ini cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan baterai tidak dapat di cas.

Selain mudah, cara ini juga sangat cepat. Namun jika ternyata belum berhasil, kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

Bersihkan port USB

Cara berikutnya adalah membersihkan port USB. Bisa jadi, HP kamu tidak bisa di vas karena ada kotoran dan debu yang menghambat proses charging.

Kabel charger pun terhalangi debu dan kotoran tersebut sehingga tidak masuk secara sempurna dan membuat HP tidak bisa di cas.

Lakukan pembersihan dengan benar dan harus sangat hati-hati. Jangan sampai pembersihan ini justru membuat konektor port USB malah rusak.

Charge pakai kabel USB

Cara berikutnya untuk mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam adalah dengan mencoba mengecas HP pakai kabel USB lalu sambungkan dengan laptop atau PC.

Daya yang didapatkan dari PC/laptop lebih tinggi dari daya charger biasanya. Hal tersebut dilakukan untuk mengejutkan baterai yang dayanya terlanjur kosong.

Sehingga daya baterai yang benar-benar habis bisa terisi kembali setelah memberikan aliran arus yang lebih besar.

Charge ponsel sampai terisi sekitar 15%, setelahnya cas menggunakan charger biasanya.

Lepas SIM card dan micro SD

Kapasitas penyimpanan ponselmu yang terlalu berlebihan bisa membuat HP menjadi lemot dan berat. Alhasil HP pun terkadang menjadi tidak bisa dicas atau gagal mengisi daya baterai.

Untuk mengatasi permasalahan ini, cobalah melepas SIM card dan micro SD yang terpasang. Biarkan HP beberapa saat, lalu coba kembali untuk di-charge.

Ganti adaptor baterai

Umur adaptor charger yang sudah lama memungkinkan terjadinya kerusakan, misalnya mengalami penurunan penghantar daya.

Jika permasalahan baterai tidak bisa di-charge karena kerusakan adaptor, maka atasi dengan membeli adaptor yang baru. Pastikan membeli adaptor yang berkualitas alias original.

Lakukan kalibrasi baterai

Jika beberapa di atas belum juga bisa mengatasi batre tanam HP tidak bisa di cas, kamu bisa melakukan cara yang satu ini. Kamu bisa melakukan kalibrasi baterai.

Tujuan kalibrasi baterai adalah untuk menstimulasi baterai HP agar kembali lagi ke siklus semula. Lalu bisa juga untuk me-reset baterai meter yang error. Klik di sini untuk melihat tutorial kalibrasi baterai HP.

Bawa ke tempat service

Jika semua cara di atas masih belum bisa juga ampuh, kalian sebaiknya pergi ke tempat service untuk memperbaiki ponsel yang tidak bisa di cas itu.

Pastikan tempat service ponsel yang kamu datangi merupakan tempat service resmi dari merek HP yang digunakan.

Jangan coba membongkar HP sendiri untuk memperbaikinya, apalagi jika kamu tak punya keahlian khusus. Bisa-bisa bukannya membaik, ponsel kalian akan semakin rusak.

BACA JUGA: 7 Cara Merawat Baterai HP Baru Agar Awet, Sederhana Tapi Efektif!

Itulah cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang bisa kalian lakukan. Agar hal ini tidak terjadi, maka kalian harus merawat baterai HP dengan baik supaya awet. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply