Jika terjadi kendala pada smartphone Realme yang kamu gunakan, biasanya kamu menggunakan fastboot atau recovery mode untuk solusinya, tapi untuk keluar dari mode tersebut kamu harus melakukannya dengan benar, jika kamu belum mengetahuinya berikut kami akan mengulas cara fastboot dan recovery mode di HP Realme.

Mode fastboot atau recovery mode merupakan salah satu bagian dari bootloader sistem operasi Android yang berisikan sebuah program yang bisa membuat smartphone Realme terhubung dengan PC atau komputer secara detail.

Namun kamu harus berhati-hati saat menggunakan mode fastboot ini, karena ada panduan khusus untuk melakukannya agar HP tetap normal, karena jika kamu melakukannya sembarangan HP akan terjadi kerusakan parah pada sistem pemrogramannya.

Secara umum, Fastboot ini bisa jadi salah satu penghubung antara HP Realme dan komputer, dimana mode ini sering digunakan untuk membuat custom ROM selain Realme UI.

Fastboot sendiri memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, seperti inu Relock Bootloader, Unlock Bootloader, Flashing firmware untuk upgrade atau downgrade versi SO, hingga menampilkan informasi hardware di smartphone Realme yang kamu gunakan.

Nah, jika kau sengaja atau tidak sengaja masuk ke mode ini, jangan panik, karena kamu bisa keluar dari mode tersebut dengan mudah, tapi tetap harus mengikuti panduannya. Penasaran dengan cara keluar dari fastboot Realme? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi

Cara Keluar dari Fastboot dan Recovery Mode di HP Realme

Keluar dari Fastboot secara Langsung

  • Jika kamu sudah masuk ke mode fastboot, atur navigasi menu dengan memanfaatkan tombol volume atas dan volume bawah, untuk mengkonfirmasi atau memilihnya kamu bisa memanfaatkan tombol power.
  • Selanjutnya, pilih menu SECURE BOOT.
  • Nantinya ponsel Realme yang kamu gunakan akan melakukan restart dan keluar dari mode Fastboot secara otomatis.
  • Jika HP sudah kembali menyala, kamu akan langsung masuk ke halaman Lock Screen.

Cara Keluar dari Fastboot melalui PC

Selanjutnya kamu bisa keluar dari mode fastboot in melalui komputer, ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan smartphone Ralme yang kamu gunakan terhubung dengan komputer melalui ADB.
  • Selanjutnya, buka Command Prompt.
  • Lalu ketik fastboot reboot.
  • Nantinya akan muncul tulisan rebooting.. finished total time:…
  • Terkahir, HP Realme akan melakukan restart dan keluar dari mode fastboot.

Cara Keluar dari Recovery Mode Realme

Jika sebelumnya kamu keluar dari fastboot mode maka berikutnya kamu bisa keluar dari recovery mode dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada halaman recovery pilih opsi bahasa Inggris agar lebih mudah untuk dimengerti, mode ini tidak menyediakan pilihan bahasa Indonesia.
  • Selanjutnya gunakan tombol volume untuk memindahkan navigasi dan tombol power untuk mengkonfirmasi pilihan menu.
  • Pilih menu Recovery Mode dan pilih Reboot.
  • Nantinya akan muncul menu pop-up Reboot dan pilih Ok untuk mengkonfirmasinya.
  • Terakhir, HP Realme akan melakukan restart secara otomatis, dan kamu akan langsung dibawa ke halaman Lockscreen.

Cara ni bisa kamu lakukan saat tidak sengaja menekan tombol volume bawah dan power bersamaan. Pastikan kamu menggunakan cara yang benar, agar tidak ada kerusakan sistem.

BACA JUGA: Cara Mematikan HP Otomatis Xiaomi

Demikianlah cara keluar dari fastboot dan recovery mode HP Realme yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah bukan? Pastikan kamu tidak sembarangan dan mengikuti panduannya agar tidak terjadi kerusakan pada sistem operasi HP tersebut.

Share.

Leave A Reply