Mudahkah cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh? Pertanyaan tersebut mungkin sekarang ada di benakmu.

Pada beberapa kasus, untuk mengatasi HP Xiaomi yang tak bisa disentuh cukup mudah namun juga ada yang sulit.

Nah, jika sekarang kondisi tersebut sedang kamu alami, Rancah Post pun punya beberapa tips untuk mengatasinya yang dijamin mudah untuk dipraktikkan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bagian layar sentuh HP Xiaomi mengalami kerusakan. Bisa karena air, terjatuh, dan terbentur benda keras.

Saat terjadi kerusakan pada layar, biasanya layar akan bergerak sendiri atau bahkan diam tak bisa disentuh sama sekali.

Kondisi ini pastinya membuat pengguna panik sekaligus bingung bagaimana cara untuk mengatasinya. Apalagi jika HP tersebut sedang digunakan untuk urusan penting.

Jika posisi kamu sekarang jauh dari tempat service HP, maka bisa mencoba beberapa alternatif cara untuk mengatasi HP yang tak bisa disentuh.

Dengan cara tersebut, tak menutup kemungkinan HP Xiaomi yang awalnya tak bisa disentuh akan kembali normal lagi.

Penasaran bagaimana cara memperbaiki HP Xiaomi layar sentuh yang tidak bisa disentuh? Silakan simak tutorialnya di bawah ini, guys.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Ketika HP Xiaomi kamu tidak bisa disentuh, kamu bisa melakukan beberapa tips dan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya. Diharapkan HP Xiaomi kalian pun kembali normal.

Restart HP

Cara pertama untuk mengatasi HP Xiaomi yang tak bisa disentuh adalah dengan me-restart HP. Cara ini bisa menjadi angkah awal untuk mengetahui HP apakah HP kalian hanya mengalami kerusakan ringan atau justru butuh perbaikan ke tukang service.

Ketika HP kalian hanya mengalami kerusakan kecil, maka me-restart HP ketika tak bisa disentuh bisa menjadi cara yang paling ampuh.

Karena layar HP sedang tidak bisa disentuh, maka untuk me-restart HP silakan tahan tombol power beberapa detik sampai HP bergetar. Setelahnya proses resart akan dimulai.

Jika setelah di-restart HP kalian sudah bisa kembali digunakan, maka kemungkinan besar hanya terjadi kerusakan kecil saja.

Bersihkan layar HP

Cara sederhana namun bisa juga ampuh untuk mengatasi Xiaomi yang tak bisa disentuh berikutnya adalah dengan membersihkan layar HP.

Siapa tahu, layar HP kalian menjadi tidak sensitif karena selama ini kotor.

Cobalah untuk membersihkannya dengan meggunakan kain kering berbahan lembut untuk membersihkan permukaan layar. Jika belum berhasil, kemungkinan ada kerusakan pada software-nya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dan Penyebabnya

Diamkan HP selama 1-2 jam

Berikutnya, cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh adalah dengan mendiamkan HP selama beberapa jam. Bisa jadi, layar sentuh HP tidak merespons karena suhunya yang terlalu panas.

Misalnya karena kalian main game terlalu lama atau men-charge HP sambil dimainkan. Jika suhu HP sudah kembali normal, kamu bisa mencoba untuk menggunakannya lagi.

Reset HP

Jika semua cara tadi belum juga berhasil membuat layar kembali normal, melakukan reset HP Xiaomi pun menjadi pilihan cara berikutnya.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa me-reset HP artinya mengembalikan ponsel ke pengaturan awal. Semua data di dalam handphone kalian pun akan hilang.

Cara reset ponsel Xiaomi cukup mudah dan ampuh untuk mengatasi layar ponselyang tak bisa disentuh. Untuk me-reset HP, silakan tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan dalam kondisi HP sudah mati.

Selanjutnya, kamu pun akan diarahkan ke laman recovery mode, silakan pilih Wipe Data lalu reboot.

Ganti LCD (untuk HP yang tidak bisa disentuh dan dimatikan)

Cara yang terakhir ini adalah untuk mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh dan dimatikan, yakni dengan mengganti LCD. Cara ini dilakukan jika semua cara tadi belum juga membuat layar HP kembali normal.

Untuk mengganti LCD, maka kalian harus pergi ke Service Center Xiaomi yang ada di daerahmu. Setelah sampai di sana, sampaikan permasalahan-permasalahan pada ponselmu agar bisa segera diperbaiki.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe, Paling Ampuh!

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mengatasi HP Xiaomi yang tidak bisa disentuh dan dimatikan. Semoga dapat bermanfaat.

Share.

Leave A Reply