Cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus wajib banget kalian ketahui, apalagi jika saat ini sedang mengalami masalah tersebut.

HP Xiaomi yang terus-terusan melakukan restart tentunya sangat mengganggu produktivitas penggunanya. Karena HP akan terus me-restart saat sedang digunakan.

Misalnya saat sedang scrolling medai sosial, nonton film, mengedit foto atau video, chatting, video call, menelpon dan lainnya. Pastinya akan sangat menyebalkan jika tiba-tiba HP kita me-restart dengan sendirinya.

Padahal kita sama sekali tak menekan tombol restart, namun HP terus aja me-restart secara otomatis. Jika hal ini terjadi pada ponsel Xiaomi kamu, tentu ada masalah yang terjadi.

Namun tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Rancah Post akan membahas cara-caranya di pada artikel kali ini.

Dengan begitu, HP Xiaomi yang me-restart terus menerus pun diharapkan bisa teratasi. Aktivitas menggunakan HP Xiaomi takkan terganggu lagi dengan pemasalahan tersebut.

So, jika penasaran dengan cara-caranya, langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, teman-teman.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus

Berikut ini beberapa cara mengatasi HP Xiaomi yang restart terus-terusan dengan mudah dan cepat.

Restart HP secara manual

Cara pertama yang bisa lakukan adalah dengan me-restart HP Xiaomi secara manual. Dengan me-restart manual, maka seluruh aplikasi akan dikeluarkan.

Kemudian, sistem akan dijalankan ulang dengan normal usai ponsel menyala kembali. Cara me-restart HP Xiaomi sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol power > klik Restart.

Menghapus cache aplikasi

Cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus bisa dilakukan juga dengan menghapus cache aplikasi yang ada di HP.

Jika cache dibiarkan menumpuk, hal itu bisa meyebabkan kinerja ROM dan RAM menjadi berat. Untuk itu, kamu harus cache dan jangan biarkan sampai menumpuk.

Untuk menghapus cache di HP Xiaomi bisa dilakukan melalui aplikasi Keamanan atau secara satu persatu melalui pengaturan aplikasi. Bisa juga melakukan keduanya agar HP semakin bersih dari cache dan sampah.

BACA JUGA: Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi Untuk Tingkatkan Performa dan Kinerjanya

Menghapus data aplikasi yang terinstall

Dengan menghapus data aplikasi, ruang penyimpanan pun akan melonggar. Hal itu pun mencegah HP Xiaomi kita me-restart terus menerus karena disebabkan memory yang penuh.

Namun sebelum ke proses penghapusan, ketika kamu menghapus data sebuah aplikasi, maka berbagai data di dalam aplikasi tersebut akan hilang.

Cara menghapus data aplikasi sangat mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Setelan > Aplikasi > Kelola aplikasi > pilih aplikasi > Hapus data.

Setelah ini, seluruh data aplikasi yang kamu pilih akan terhapus.

Hapus aplikasi tak penting

Memory internal yang hampir penuh atau bahkan penuh bisa menyebabkan HP Xiaomi kita melakukan restart terus menerus dengan sendirinya.

Setelah menghapus cache dan data aplikasi, kita juga bisa menghapus beberapa aplikasi tidak penting dan jarang digunakan agar ruang penyimpanan tidak penuh.

Selain karena jarang atau bahkan sudah tidak digunakan lagi, menghapus aplikasi tak terpakai juga bisa mencegah dari serangan virus.

Update aplikasi

Memperbarui aplikasi yang terinstall di ponsel kita juga cukup penting. Karena bisa jadi penyebab HP Xiaomi kita me-restart terus-terusan itu karena adanya aplikasi atau sistem operasi yang belum update.

Maka dari itu, coba cek aplikasi-aplikasi di ponselmu. Jika ada yang harus di-update, maka silakan update terlebih dahulu.

Factory Reset

Cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus yang satu ini bisa dibilang paling ampuh. Yakni dengan melakukan reset pada HP Xiaomi.

Setelah melakukan Factory Reset, maka HP Xiaomi akan kembali ke pengaturan pabrik dengan semua sistem berjalan normal.

Cara Factory Reset Xiaomi sangat mudah, cukup buka Setelan > Setelan Tambahan > Setel ulang pabrik.

Namun sebelum me-reset HP, pastikan data-data yang ada di HP sudah dicadangkan agar bisa dipulihkan setelah proses reset selesai.

Perbaiki ke ahlinya

Jika semua cara sudah dilakukan namun ternyata HP Xiaomi kalian masih melakukan restart sendiri, sebaiknya segera perbaiki HP ke yang ahlinya alias ke teknisi.

Karena bisa jadi ada kerusakan lain, misalnya pada perangkat keras ponsel Xiaomi kalian menyebabkan masalah tersebut.

Penyebab HP Xiaomi restart terus menerus

Setelah mengetahui cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus, kalian juga wajib tahu hal yang menyebabkan permasalahan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan HP Xiaomi restart terus-terusan.

Memori penuh

Seperti dijelaskan pada tutorial tadi, salah satu penyebab HP Xiaomi restart terus-terusan adalah karena memorinya penuh.

File sampah

Menghapus file sampah dan cache sangat penting untuk mengatasi HP Xiaomi yang restart terus-terusan. Karena file sampah dan cache menjadi salah satu penyebab permasalahan itu.

Overheat

Overheat atau HP yang terlalu panas bisa nuga menyebabkan HP Xiaomi restart sendiri. Overheat bisa terjadi ketika pengguna memainkan HP terlalu lama.

Banyak aplikasi berjalan bersamaan

Terkadang, beberapa pengguna tak menyadari jika ada banyak aplikasi yang berjalan bersamaan di background akhirnya mengonsumsi RAM berlebihan.

Hal itu membuat kinerja prosessor semakin lambat, ditambah lagi ukuran RAM yang kecil. Handphone pun akan lemot saat digunakan, lalu akhirnya mati sendiri.

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi MIUI 12.5 dan 13

Itu dia, satu persatu cara mengatasi HP Xiaomi yang restart terus menerus yang mudah dipraktikkan sekaligus juga penyebabnya. Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan HP Xiaomi kalian.

Share.

Leave A Reply