Cara mengatasi ghost touch Xiaomi bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah. Kalian bisa mencobanya sendiri dan pastinya berhasil.

Buat yang belum, ghost touch merupakan istilah yang biasa disebut oleh pengguna ponsel pintar ketika layar ponselnya bergerak secara acak dan beroperasi sendiri padahal tidak disentuh penggunanya.

Hal itu bisa terjadi ketika kita main game, membuka aplikasi, dan lainnya. Gejala yang timbul akibat ghost touch ini dapat membuat ponsel menjadi nge-lag, bateraiHP cepat panas dan habis, delay saat main game dan lain sebagainya.

Ghost touch pada HP Xiaomi atau HP Android lainnya pasti membuat pengguna merasa terganggu dan membuat kita kurang nyaman saat menggunakan HP.

Ghost touch terjadi ketika HP kita mengalami kerusakan pada layar. Touchscreen akan bergerak sendiri walau tanpa kita sentuh.

Kerusakan ini bisa terjadi pada semua jenis layar, mulai dari layar OLED, amoled, IPS, atau TFT. Jika permasalahan tersebut kini terjadi pada HP Xiaomi kamu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Rancah Post pun akan membahas satu persatu caranya pada kesempatan ini. Untuk itu, kalian wajib menyimpak pembahasannya sampai selesai, guys.

Cara Mengatasi Ghost Touch HP Xiaomi

Berikut ini beberapa cara untuk atas ghost touch pada HP Xiaomi yang cukup mudah untuk dipraktikkan semua pengguna.

Pastikan gunakan charger yang tepat

Cara pertama adalah kamu harus memastikan telah menggunakan charger yang tepat. Pasalnya, hampir semua permasalahan pada layar HP Android terjadi karena memakai charger yang tidak sesuai.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan charger adaptor dan kabel USB yang original.

Jika terjadi ghost touch, kamu bisa mencopot charger dan kepala charger lalu memasangkannya lagi dengan presisi,

Apabila kabel USB yang terhubung ke kepala charger longgar, dapat menimbulkan masalah pada layar HP. Selain itu, hindari kebiasaan menggunakan HP saat sedang men-charge.

Membersihkan tempered glass

Cara mengatasi ghost touch pada Xiaomi berikutnya kamu bisa membersihkan tempered glass yang terpasang pada HP.

Seperti diketaui, tempered glass berfungsi untuk melindungi layar HP dari benda tajam atau saat terjatuh.

Akan tetapi, semakin lama menggunakan tempered glass, tentu tempered glass itu akan mengalami penurunan sensitifitas.

Hal itu karena banyak kotoran yang menempel dan pengguna jarang membersihkannya. Hingga akhirnya bisa memicu ghost touch.

Untuk itu, silakan bersihkan tempered glass di HP kalian. Namun jika tidak berhasil, amu bisa mencoba menggantinya dengan yang baru dan dengan yang berkualitas bagus.

BACA JUGA: Cara Merekam Layar HP Xiaomi, Mudah Tak Perlu Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Jangan digunakan saat HP mulai terasa panas

Jika HP mulai terasa panas saat digunakan, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya. Apalagi jika ponselmu sudah menunjukkan tanda-tanda mengalami ghost touch.

Untuk itu, jangan menggunakan ponsel berlebihan seperti main game dan membuka aplikasi yang berat, Jangan dipaksakan digunakan saat HP sudah panas.

Restart HP

Cara mengatasi ghost touch pada HP Xiaomi berikutnya adalah dengan me-restart HP. Bisa saja, ghost touch terjadi bukan terjadi karena kerusakan pada perangkat hardware layarnya.

Namun terjadi hanya karena ada kesalahan pada sistem. Untuk mengatasinya, silakan coba restart atau muat ulang HP kalian.

Caranya, tekan dan tahan tombol power beberapa detik hingga muncul opsi untuk me-restart HP. Setelah ponselmu telah menyala kembali, coba sentuh layarnya, apakah masih bergerak sendiri atau tidak.

Atur kalibrasi layar

Sekarang ini, fitur kalibrasi layar memang sudah tidak tersedia di HP Android. Fitur ini hanya tersedia pada Anrroid versi lama dan HP touchscreen yang masih belum Android.

Kendati begitu, pengguna tetap bisa melakukan kalibrasi layar dengan memakai aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Kalibrasi Layar Sentuh, silakan download aplikasinya di Paky Store.

Setelah menginstall, langsung buka aplikasinya dan lakukan kalibrasi layar sesuai petunjuk yang ada di aplikasi tersebut.

Ganti touchscreen

Apabila semua cara untuk mengatasi ghost touch HP Xiaomi di atasi belum berhasil, solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengganti touchscreen.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam mengganti touchscreen, sebaiknya bawa HP kamu ke tukang servis HP.

Terkait masalah biaya, tentu setiap tukang servis akan mematok harga yang berbeda-beda sesuai permasalahan pada HP.

Penyebab ghost touch HP Xiaomi

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya ghost touch pada HP Xiaomi. Di antaranya seperti layar terlalu panas, lalu baterai kehabisan daya.

Selain itu, bisa juga terjadi karena menggunakan charger yang kurang tepat sehingga membuat layar HP bergerak-gerak dengan sendirinya.

Terakhir, ghost touch bisa terjadi karena adanya bug pada HP Xiaomi. Bug terkadang menyerang sistem yang mengakibatkan HP sulit disentuh.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dan Penyebabnya

Satu persatu cara mengatasi ghost touch di HP Xiaomi telah kami jelaskan sekaligus juga dengan penyebanya. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat.

Share.

Leave A Reply