RANCAH POST – Cara hapus data pinjol gagal bayar memang tak semudah membalikan telapak tangan karena diperlukan proses yang terbilang lumayan rumit. Tapi, ini merupakan satu-satunya pilihan untuk melindungi data pribadi kita agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terlebih lagi saat ini aplikasi pinjaman online ilegal terus-terusan bermunculan meskipun OJK (Otoritas Jasa Keuangan) rutin melakukan pemblokiran. Pihak OJK mencatat sudah ada sebanyak 3 ribu lebih aplikasi pinjol ilegal yang diblokir sejak tahun 2018.

Kendati begitu, teror pinjaman online ternyata tetap menghantui masyarakat Indonesia karena masih maraknya tawaran pinjaman online yang dikirim lewat SMS atau WhatsApp.

Padahal OJK telah mengeluarkan larangan kepada perusahaan pinjol untuk menawarkan pinjaman pada pengguna lewat SMS. Selain itu, OJK turut menghimbau masyarakat untuk tetap waspada agar tidak mudah tergiur tawaran pinjaman online yang didapat dari SMS.

Tak hanya masalah SMS penawaran pinjaman saja, ada banyak sekali pengguna yang mengaku merasa terganggu atas penagihan pembayaran yang tidak beretika karena membawa-bawa nama binatang hingga alat kelamin.

Menghapus data pinjol dapat dibilang sebagai solusi paling ampuh untuk menghindari teror pinjaman online. Tapi sebelum itu, pastikan semua tanggungan yang dibebankan telah dilunasi.

Ingat! Kita tidak boleh lari dari tanggung jawab karena menghapus data pinjol sebelum tagihan terselesaikan berpotensi menyebabkan masalah yang jauh lebih serius.

Apabila seluruh tunggakan telah terlunasi, berikut adalah beberapa cara hapus data pinjaman online yang dapat dicoba untuk diterapkan.

Cara Hapus Data Pinjol Gagal Bayar

Hapus Data Aplikasi Pinjol

  1. Pertama-tama masuk ke menu Pengaturan ponsel.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih Pengaturan Aplikasi.
  3. Setelah itu, temukan aplikasi pinjol yang sebelumnya digunakan dan masuk ke menu Penyimpanan.
  4. Selanjutnya, klik Hapus Data dan Hapus Cache.

Jika aplikasi yang digunakan lebih dari satu, tinggal ulangi lagi dari awal. Langkah-langkah di atas dapat meminimalisir resiko data tersebar.

Uninstall Aplikasi Pinjaman Online

Selain menghapus data dan cache, ada baiknya jika aplikasinya pun dihilangkan alias di uninstall. Adapun langkah-langkah cara menghapus aplikasi pinjaman online di HP Android adalah sebagai berikut.

  • Buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Pilih Apps atau Pengaturan Aplikasi.
  • Cari aplikasi pinjaman online yang akan dihapus.
  • Terakhir klik Uninstall.

Selain lewat menu Pengaturan, menghapus aplikasi pinjaman online juga bisa dilakukan secara langsung dari Home Screen. Caranya, tekan ikon aplikasi pinjol yang ingin dihapus lalu pilih Uninstall.

Hubungi Call Center Penyedia Pinjaman

Apabila sudah melunasi semua tunggakan tapi masih terus-terusan menerima SMS penagihan, segera hubungi Call Center penyedia pinjaman.

Sertakan bukti pembayaran sebagai dokumen pendukung serta jangan lupa ajukan permohonan penghapusan data.

Lapor OJK

Jika terus-terusan mendapatkan teror SMS atau WhatsApp dari pihak penyedia pinjaman padahal merasa sudah tidak memiliki utang, silahkan hubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut adalah beberapa platform yang bisa digunakan untuk mengirimkan laporan kepada OJK:

  • Website resmi: https://www.ojk.go.id/
  • Email: humas@ojk.go.id dan konsumen@ojk.go.id
  • WhatsApp: 0811-5715-7157
  • Facebook: https://www.facebook.com/official.ojk/
  • Instagram: https://www.instagram.com/ojkindonesia/
  • Twitter: https://twitter.com/ojkindonesia

BACA JUGACara Cek BI Checking Online di HP Android

Itulah beberapa cara hapus data pinjol gagal bayar yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply