Aplikasi pinjol atau pinjaman online ilegal memang harus dihindari agar tidak terkena tipu daya pelaku penipu yang bisa menciptakan banyak kerugian.

Pinjaman online ilegal ini perlu kita waspadai karena pembayaran bunga dan denda lebih tinggi dari jumlah uang yang dipinjam, bahkan mereka menetapkan 40% biaya tambahan dari nilai pinjaman.

Mungkin saat ada iklan yang muncul di beberapa aplikasi media sosialmu aplikasi pinjol ini akan mengiming-imingi banyak keuntungan, padahal hal tersebut hanya tipu daya saja agar banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya.

Kamu juga harus mewaspadai akses data dan aplikasi, karena aplikasi ini bisa mengakses data kontak ponsel, foto, video, lokasi, dan data pribadi lainnya pada ponsel tersebut.

Untuk menghindari pencurian data dan penumpukan bunga, kamu harus meneliti secara benar aplikasi pinjaman online yang akan kamu pakai, pastikan aplikasi tersebut sudah mendapatkan izin dari OJK.

Dikutip dari banyak sumber, kewajiban memiliki izin edar dan penggunaan aplikasi sudah diatur pada peraturan OJK No.12/POJK 02/2018 mengenai inovasi keuangan digital.

Nah, jika kamu masih keliru dan takut tertipu, mungkin beberapa daftar aplikasi pinjol ilegal di bawah ini bisa kamu jadikan catatan dan hindari agar tidak digunakan.

Daftar Aplikasi Pinjol Ilegal yang Harus Kamu Hindari

KreditQ

KreditQ
KreditQ. (IST)

Pertama ada KreditQ. Aplikasi ini merupakan platform pinjaman online tanpa agunan dari Koperasi Simpan-Pinjam Sahabat Mitra Sejati yang proses pengajuannya bisa dilakukan secara online.

Sayangnya, aplikasi ini belum memiliki izin dari OJK, bahkan beberapa orang mengeluhkan enggan untuk menggunakan aplikasi ini karena banyak masalah terjadi setelah mengajukan pinjaman.

Aplikasi ini juga dicurigai melakukan pencurian data peminjam baik itu identitas pribadi atau umum.

Tak heran jika versi aplikasinya sudah diblokir oleh pemerintah, jadi kamu tidak bisa menemukan aplikasi ini di Play Store, tapi beberapa sumber masih memiliki versi aplikasi ini, tap iakmi tidak menyarankan kamu untuk menggunakannya.

Uang Mudah – Aplikasi Pinjol Ilegal

Uang Mudah - Apk Pinjol Ilegal
Uang Mudah – Apk Pinjol Ilegal. (IST)

Uang Mudah pada dasarnya merupakan sebuah platform digital yang dapat memudahkan kamu untuk melakukan peminjaman dana. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membandingkan berbagai informasi pinjaman online yang sesuai dengan kebutuhan.

Adapun syarat yang diminta agar bisa menerima pinjaman dari sini minimal harus berusia 18 tahun, punya KTP, dan punya rekening bank. Bermodalkan itu, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp200 ribu sampai Rp8 juta, loh.

Meski demikian, kamu sebaiknya tidak cepat tergiur dengan aplikasi ini. Sebab ketika dicek lebih jauh, Uang Mudah ternyata belum terdaftar di OJK sehingga tidak aman untuk kamu gunakan.

Aku Rupiah

Aku Rupiah
Aku Rupiah. (IST)

AkuRupiah adalah platform pinjol cepat cair yang mendukung berbagai jenis pinjaman yang bisa cair dalam waktu 24 jam. Aplikasi ini sudah dihapus di Play Store, karena termasuk aplikasi ilegal, sehingga diblokir pemerintah.

Kelebihan dari Aku Rupiah yang diakui adalah uang bisa cair dalam 5 menit saja dan tenor pinjaman lebih dari 90 hari. Selain itu, tidak ada biaya pinjaman.

Sayangnya, karena dianggap mencurigakan atas kegiatan Money Game dan tidak mendaftarkan diri di OJK, Aku Rupiah akhirnya ditutup oleh pemerintah.

BACA JUGA:  Aplikasi Pinjaman Online Legal

CashCashNow

CashCashNow - Apk Pinjol Ilegal
CashCashNow – Apk Pinjol Ilegal. (IST)

CashCashNow adalah aplikasi penyedia jasa pinjaman online langsung cair yang menawarkan pinjaman hingga Rp10 juta untuk pengguna baru.

Faktor yang bikin aplikasi CashCashNow digemari antara lain tidak ada biaya awal atau deposit, tidak ada potongan biaya lainnya, memiliki limit tinggi untuk pengguna baru, bunga rendah dan tenor panjang, serta bisa dibayar cicilan bulanan.

Namun, ada beberapa kasus keamanan data peminjam, yakni pengguna diancam harus membayar padahal belum jatuh tempo. Jika tidak membayar, pihak debt collector akan menyebarkan data pribadi peminjam.

Dengan kasus ini, pemerintah melalui OJK pun menutup CashCashNow dan memblokir aplikasinya.

Doku Kas

Doku Kas adalah aplikasi pinjol yang ternyata ilegal. Pasalnya, aplikasi ini menjebak para peminjamnya.

Untuk menggunakannya pun para peminjam diminta data pribadi, seperti KTP, nomor rekening, dan data pribadi lainnya.

Di dalamnya, terdapat dua produk, yakni Doku Kas dan Doku. Namun, kedua produk tersebut tidak memiliki sistem keamanan yang jelas dan tidak terdaftar di OJK.

Dokter Uang

Meskipun kamu sedang terkena penyakit kanker alias kantong kering, jangan ke Dokter Uang yang satu ini deh, geng!

Sebenarnya aplikasi ini sudah memiliki prosedur yang lumayan meyakinkan, akan tetapi tetap saja aplikasi ini belum memperoleh izin untuk beroperasi di Indonesia.

Money Me

Money Me adalah aplikasi pinjol tidak resmi besutan Xiaoyu technology Co Ltd. Aplikasi ini bisa memberikan pinjaman uang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan mulai dari Rp2 juta sampai limit Rp8 juta hanya dengan KTP.

Money Me memang berjanji menjaga semua informasi konsumen, dan tidak akan membagi informasi konsumen kepada pihak ketiga kecuali atas persetujuan oleh konsumen sendiri.

Sayangnya, Money Me juga belum memenuhi standar keamanan yang diterapkan negara dan dikhawatirkan termasuk dalam Money Game.

BACA JUGA:  Aplikasi Edit Foto untuk Cover Novel

Itulah beberapa daftar aplikasi pinjol ilegal yang harus kamu hindari. Pastikan jika kamu sedang membutuhkan uang, gunakan aplikasi yang sudah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK.

Share.

Leave A Reply