RANCAH POST – Cara cek BI checking online sebetulnya tidak serumit dengan apa yang dibayangkan asalkan prosesnya dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

BI checking merupakan  layanan informasi riwayat pinjaman atau kredit debitur dalam Sistem Informasi Debitur (SID) yang dipertukarkan antar bank dan lembaga keuangan.

Nah, ketika Anda hendak mengajukan pinjaman, misalnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit motor atau Kredit Tanpa Agunan (KTA), pihak bank pemberi pinjaman akan melakukan BI checking terlebih dahulu.

Apabila Anda memiliki pinjaman yang belum dilunasi atau dalam artian menunggak pembayaran pinjaman, maka nama Anda bakal dimasukan ke dalam daftar hitam (blacklist) BI checking.

Hal tersebut membuat Anda tidak bisa lagi mengajukan pinjaman ke bank manapun karena tidak lolos BI checking. Nah, pada saat ini BI checking telah berganti ke Sistem Layanan Informasi Keuangan yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Meski namanya berbeda, SLIK OJK ini memiliki fungsi yang sama dengan BI checking, yaitu sebagai catatan informasi kredit debitur. Lantas bagaimana cara cek BI checking online atau cara cek SLIK OJK? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Cek BI Checking Online

  • Pertama silahkan siapkan dulu KTP serta pastikan HP yang akan digunakan memiliki kuota internet yang cukup.
  • Selanjutnya buka aplikasi browser yang ada di HP Android Anda lalu kunjungi situs BI checking atau SLIK OJK di link https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi
Formulir Permohonan Informasi Debitur
Formulir Permohonan Informasi Debitur. (SS)
  • Agar lebih mudah silahkan Anda salin atau copy link di atas lalu tempelkan di kolom pencarian pada aplikasi browser Anda.
  • Silahkan Anda isi Formulir Permohonan Informasi Debitur (IDEB), pilihan tanggal serta jam antrian.
  • Setelah selesai mengisi formulir antrian, Anda akan mendapatkan email hasil verifikasi antrian serta nomor WhatsApp layanan SLIK OJK yang biasa akan dikirim paling lambat dua hari sebelum tanggal antrian.
  • Pada email tersebut juga disertakan beberapa formulir yang harus cetak dan ditandatangani.
  • Berikutnya, Anda tinggal memfoto formulir yang sudah ditandatangani tersebut dan mengirimkannya kepada petugas OJK lewat nomor WhatsApp yang tertera di email.
  • Selanjutnya pihak OJK akan melakukan proses verifikasi lanjutan. Jika perlu biasanya, pihak OJK akan meminta Anda untuk melakukan foto selfie bersama KTP atau video call via WhatsApp.

Setelah mengikuti semua langkah-langkah di atas, pihak OJK akan mengirimkan informasi SLIK ke alamat email Anda. Jika masih kurang paham, pada email tersebut juga akan dilampirkan panduan cara membaca IDEB.

Skor Kredit BI Checking

Skor kredit BI Checking diukur berdasarkan riwayat pembayaran kredit atau pinjaman dari masing-masing debitur. Skor tersebut menggunakan skala 1-5.

  • Skor 1: merupakan golongan debitur yang selalu tepat waktu membayar kreditan atau pinjamannya alias tidak pernah nunggak
  • Skor 2: debitur memiliki tunggakan pembayaran 1 hingga 2 bulan
  • Skor 3: debitur memiliki tunggakan pembayaran 3 hingga 4 bulan
  • Skor 4: debitur memiliki tunggakan pembayaran 4 hingga 5 bulan
  • Skor 5: debitur memiliki tunggakan pembayaran lebih dari 6 bulan

BACA JUGA: 7 Aplikasi Ngutang Pulsa dan Paket Data Termurah

Demikianlah penjelasan mengenai cara cek BI checking online di HP Android. Pastikan Anda selalu melunasi tagihan tepat waktu agar tidak di blacklist BI checking.

Share.

Leave A Reply