Cara mengaktifkan USB debugging atau penambatan USB di HP Xiaomi ternyata masih belum diketahui banyak pengguna. Mereka masih kebingungan di mana letak pengaktifkan USB debugging.

Karena setelah dicari pada satu persatu opsi menu tetap tidak ketemu. Wajar saja, karena cara tersendiri untuk bisa mengaktifkan USB debugging.

Dan kami akan membahas tutorial lengkapnya pada artikel ini. So, kalian wajib banget menyimak artikel ini sampai selesai.

USB debugging sendiri merupakan opsi yang harus dilakukan pada saat pengguna mengoprak-aprik sistem Android. Bisa dibilang, fungsi USB debugging adalah menjembatani sistem Android dengan PC.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mendiganosis masalah pada HP dan beragam fungsi lainnya. Bagi yang sudah sering mengotak-atik HP, pastinya sudah tak asing lagi dengan cara aktifkan USB debugging.

Pasalnya, fitur tersebut harus kita aktifkan pada saat menginstall custom ROM, flashing, rooting, atau menginstall custom recovery.

Pada dasarnya, ponsel kita bisa langsung terhubung ke PC meski USB debugging tidak diaktifkan. Akan tetapi, kita hanya bisa transfer file. Sehingga untuk mengakses file sistem, maka USB debugging wajib diaktifkan.

Sebelum ke tutorial mengaktifkannya, kamu juga perlu mengetahui ketika USB debugging diaktifkan dapat berpengaruh pada sisi keamanan perangkat.

Pada saat fitur tersebut aktif, artinya kamu juga mmebiarkan perangkat terbuka ketika dicolokkan lewat USB. Untuk itu, sebaiknya hindari menggunakan port USB yang tak dikenal.

Nah, untuk pengguna yang memerlukan mengaktifkan USB debugging, langsung simak tutorial lengkapnya di bawah ini, guys.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Xiaomi

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti agar USB debugging bisa diaktifkan. Dan hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu.

Aktifkan opsi pengembang

Langkah pertama untuk mengaktifkan USB debugging di HP Xiaomi adalah mengaktifkan Opsi Pengembang terlebih dahulu.

Untuk mengaktikfan Opsi Pengembang, setiap HP Android memiliki cara yang berbeda. Khusus untuk HP Xiaomi, kalian hanya harus mengklik Versi MIUI beberapa kali sampai muncul pop-up bahwa kamu adalah developer. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Xiaomi

Dan kini Opsi Pengembang pun telah aktif dan kamu pun tinggal selangkah lagi untuk aktifkan USB debugging di HP Xiaomi.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi, Dijamin Berhasil

Buka Setelan tambahan

Setelah Opsi Pengembang diaktifkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka menu Setelan tambahan.

Setelan Tambahan di HP Xiaomi

Scroll ke bawah dan kamu pun akan menemukan menu Opsi Pengembang sekarang. Silakan klik menu tersebut.

Cara Aktifkan Opsi Pengembang Xiaomi MIUI 12.5

Aktifkan USB debugging

Langkah terakhir dan yang paling inti adalah mengaktifkan USB debugging. Scroll ke bawah dan aktifkan toggle Debugging USB.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Xiaomi

Akan tampil pop up perizinan untuk mengaktikfan USB debugging. Silakan baca terlebih dahulu informasi mengenai risiko mengaktifkan fitur tersebut.

Jika sudah yakin, beri tanda centang pada “Saya menyadari risiko yang mungkin terjadi, dan menanggung semua kemungkinan konsekuensi secara sukarela”.

Setelah itu, klik Oke. USB debugging pun berhasil diaktifkan, kamu pun bisa langsung menghubungkan smartphone ke PC atau laptop.

Peringatan Saat Mengaktifkan Debugging USB

Seperti yang sudah ditekankan sedari awal, diaktifkannya fitur USB debugging cukup berisiko. Pasalnya, fitur ini hanya dikhususkan untuk para developer yang hendak mengembangkan aplikasi atau memodifikasi sistem.

Segera nonaktifkan fiturnya setelah sudah tidak digunakan lagi.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Sumber Tak Dikenal Xiaomi MIUI 12.5 dan 13

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mengaktifkan USB debugging di HP Xiaomi yang mudah untuk dipraktikkan. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply