Khusus pada artikel ini, kami akan membahas tutorial lengkap mengenai cara mengatifkan sumber tidak dikenal Xiaomi MIUI 12 dan 13.

Karena banyak pengguna yang menggunakan HP Xiaomi dengan MIUI 12 atau 13 yang masih kebingungan dengan bagaimana caranya.

Wajar saja, untuk mengatur perizinan ini sangat berbeda dari MIUI di bawahnya. Meski berbeda, namun jangan khawatir karena caranya tetap mudah kok.

Hanya saja mungkin kalian belum mengetahui caranya. Tapu tak perlu khawatir karena kami akan membahas tutorial lengkapnya untuk kalian.

Dengan mengaktifkan sumber tidak dikenal atau unknown sources, kamu pun bisa menginstall aplikasi yang didapatkan dari sumber selain Google Play Store.

Ketika kita mendownload aplikasi dari luar Play Store, akan muncul notifikasi sumber tidak dikenal. Sistem keamanan dari HP akan langsung mendeteksi jika kamu menginstall aplikasi dari luar Play Store.

Terutama ketika menginstall aplikasi dalam bentuk APK. Ponsel Xiaomi kalian pun akan langsung mendeteksi bahwa aplikasi tersebut berasal dari sumber tak dikenal.

Namun jika memang benar perlu menginstall aplikasi tersebut di HP, maka kita harus merubah perizinan aplikasi tidak dikenal.

Ada beberapa metode yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini jika kamu ingin mengaktifkan sumber tak dikenal di HP Xiaomi.

Cara Mengaktifkan Sumber Tak Dikenal Xiaomi MIUI 12.5 dan 13

Langsung saja, berikut ini beberapa metode untuk mengizinkan aplikasi tak dikenal di HP Xiaomi. Dijamin mudah, guys!

Install aplikasi yang diunduh dari luar Play Store

Metode pertama dan yang paling mudah adalah menginstall aplikasi yang telah kamu download dari luar Play Store. Pastinya ketika proses install hendak dimulai, akan muncul pop up perizinan.

  • Pertama-tama, silakan install aplikasi yang diinginkan, misalnya di sini kami memiliki aplikasi yang diunduh dari toko aplikasi lain dan tersimpan di File Manager.
  • Klik aplikasi tersebut dan akan muncul pop-up seperti di bawah ini, silakan klik Setelan.

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di Xiaomi

  • Kamu pun akan diarahkan ke laman Instal apl yang tidak diketahui. Selanjutnya, aktifkan toggle Izinkan dari sumber ini.
  • Akan muncul laman peringatan terkait menginstall aplikasi dari sumber yang tidak diketahui adalah izin yang cukup berbahaya.
  • Namun jika sudah yakin, beri centang pada “Saya menyadari risiko yang mungkin terjadi, dan menanggung semua kemungkinan konsekuensi secara sukarela”.
  • Kemudian, klik Oke. Proses install pun akan dimulai dan tunggu sampai selesai.

Perizinan Aplikasi Tak Dikenal

BACA JUGA: Cara Memotong Video di HP Xiaomi, Tak Perlu Install Aplikasi!

Lewat aplikasi tempat file APK tersimpan

Cara mengaktifkan sumber tidak dikenal di HP Xiaomi berikutnya adalah mengatur secara satu persatu melalui aplikasi yang menjadi tepat tersimpannya file APK yang hendak diinstall atau yang digunakan mendownload aplikasi.

Misalnya dari Google Chrome, dari File Manager, dari SHAREit, dan lainnya. Jadi, misalnya kamu hendak mengunduh aplikasi Chrome, maka kamu tinggal membuka pengaturan aplikasi tersebut.

Kemudian, jika hendak menginstall aplikasi yang tersimpan di File Manager, maka bukalah pengaturannya.  Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, pilih aplikasinya. Misalnya di sini kami memilih SHAREit.
  • Tekan aplikasi SHAREit selama beberapa detik lalu klik Info apl.

Info apl Xiaomi

  • Scroll ke bawah dan klik opsi menu Instal apl dari sumber yang tak diketahui.

Instal apl dari sumber tak dikenal

  • Aktifkan toggle Izin dari sumber ini, lalu beri centang pada laman peringatan > klik Oke.

Cara Install Aplikasi yang Tidak Diketahui

  • Dan kamu pun sudah menginstall aplikasi walau bukan dari Google Play Store.

Melalui menu Setelan

Cara mengaktifkan sumber tidak dikenal di HP Xiaomi yang terakhir adalah melalui menu Setelan, tepatnya di opsi menu Perlindungan aplikasi.

  • Silakan buka menu Perlindungan aplikasi > klik Perizinan khusus > klik Instal apl yang tidak diketahui.

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di HP Xiaomi

  • Kemudian pilih salah satu aplikasi untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Pemilihan Aplikasi

  • Aktifkan toggle Izinkan dari sumber ini > beri centang di laman peringatan > klik Oke.

Cara Pasang Aplikasi yang Tidak Diketahui

Jika pada MIUI lawas, kalian tak perlu mengatur izin pemasangan aplikasi satu persatu, berbeda pada MIUI terkini yang harus menmgaturnya satu persatu.

Setelah selesai, sebaiknya nonaktifkan perizinan tersebut untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi dengan Tombol dan Lewat Pengaturan

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mengaktifkan sumber tidak dikenal di Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply