Cara mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi sangat mudah untuk dipraktikkan. Cukup dengan beberapa langkah saja, Opsi Pengembang pastinya berhasil diaktifkan.

Opsi Pengembang atau Opsi Developer bisa disebut sebagai salah satu fitur tersembunyi di HP Xiaomi. Maka tak heran jika banyak pengguna Xiaomi yang masih kebingungan ketika hendak mengaktifkan fitur tersebut.

Padahal dengan mengaktifkan fitur Opsi Pengembang, pengguna bisa mengakses beragam menu untuk mengoptimalkan performa ponsel.

Di antaranya seperti mengatur kecepatan animasi, mengaktifkan USB Debugging, membuka kunci OEM, dan masih banyak yang lainnya yang bisa diakses setelah fitur Opsi Pengembang diaktifkan.

Selain itu, diaktifkannya Opsi Pengembang juga perlu dilakukan oleh pengguna yang ingin melakukan root.

Seperti disebutkan di awal, cara aktifkan Opsi Pengembang di Xiaomi sangatlah mudah, namun memang sedikit berbeda dengan di ponsel lainnya.

Pada HP Android merek lainnya, cara aktifkan Opsi Pengembang adalah dengan masuk laman Pengaturan dan mengklik Build Number beberapa kali.

Namun karena di HP Xiaomi menggunakan user interface MIUI, tidak akan ada tampilan Build Number. Jadi, yang harus diklik adalah MIUI Version.

Ketuk MIUI Version sebanyak beberapa kali sampai muncul bacaan bahwa kamu adalah developer. Jika masih bingung juga, kami akan membahas tutorial lengkapnya di bawah ini sekaligusnya dengan gambarnya.

Sehingga kamu bisa mempraktikkannya dengan mudah tanpa ada momen kebingungan lagi. Dan sebagai informasi, di tutorial ini kami menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 10 dengan MIUI 12.5.

Meski begitu, cara ini bisa juga dipraktikkan di Xiaomi tipe lain dengan versi MIUI 12 dan 13. Pasti sudah penasaran ‘kan?

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar Opsi Pengembang di HP Xiaomi bisa diaktifkan.

Buka Setelan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Setelan di HP Xiaomi kalian. Kemudian, klik Tentang telepon.

Tentang Telepon Xiaomi

Akan tampil berbagai informasi, mulai dari versi MIUI, nama perangkat, penyimpanan, versi Android, dan informasi lainnya.

Klik Versi MIUI

Seperti kita bahas tadi, silakan klik Versi MIUI atau MIUI Version sebanyak 5 kali. Nantinya akan muncul pemberitahuan yang menginformasikan bahwa “Sekarang Anda adalah seorang developer”.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Xiaomi

Nah, setelah melalui tahap ini, Opsi Pengembang di HP Xiaomi kalian pun sudah berhasil diaktifkan.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Sumber Tak Dikenal Xiaomi MIUI 12.5 dan 13

Masuk ke menu Setelan Tambahan

Langkah selanjutnya adalah cari dan klik menu Setelan tambahan yang juga masih berada di halaman Setelan HP.

Setelan Tambahan Xiaomi

Scroll ke bawah dan kamu akan menemukan Opsi Pengembang. Sebelum mengklik versi MIUI sebanyak beberapa kali, fitur Opsi Pengembang ini belum muncul.

Cara Aktifkan Opsi Pengembang

Setelah berada di laman Opsi Pengembang, kamu bisa melihat bahwa Opsi Pengembang sudah aktif.

Fitur Opsi Pengembang

Silakan atur opsi lainnya yang dibutuhkan, misalnya mengaktifkan USB Debugging.

Namun perlu diperhatikan, kamu harus hati dalam mengubah suatu pengaturan di dalam Opsi Pengembang. Kaena kesalahan pengaturan bisa membuat ponselmu jadi error.

Jika Opsi Pengembang sudah tidak dibutuhkan lagi, kamu bisa menonaktifkannya dengan menggeser toggle ke kiri atau mengklik satu kali.

Selesai!

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Sumber Tak Dikenal Xiaomi MIUI 12.5 dan 13

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Xiaomi MIUI 12 dan 13 yang mudah untuk dipraktikkan. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya, guys.

Share.

Leave A Reply